MICE ASEAN 2018, Indonesia Datangkan 300 Buyers Internasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 20:00 WIB

Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)
Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada tahun 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara pameran Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ASEAN, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 April 2018 mendatang, di Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya, Indra Sukirno sebagai Ketua Penyelenggara MICE/Bussines Event ASEAN 2018 , mengatakan, "Acara ini, digelar untuk mendorong potensi MICE di negara-negara ASEAN, sekaligus untuk menjual dan mempromosikankannya sebagai destinasi meeting dan event," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dengan mengusung tema ‘destin ASEAN plus; for meetings & events’ menurut Indra, ini merupakan salah satu tradeshow meeting untuk para pelaku industri dibidang bisnis event. Dan, Indonesia merupakan salah satu destinasi yang mempunyai market yang luas.

"Indonesia merupakan salah satu destinasi yang unik, dan kita punya 600 juta market, serta Indonesia mempunyai fasilitas yang mendukung untuk kegiatan MICE," katanya.

Pameran ini akan diikuti 200 seller yang termasuk jadi peserta, lalu mengundang 500 buyers yang terdiri 300 buyers dari internasional dan 200 buyers dari Indonesia.

"Dari 500 buyers yang diundang, dalam tiga tahun mendatang, ditargetkan akan mendapatkan potensi bisnis minimal US$ 625 juta atau setara Rp 8,25 triliun," ujarnya.

Sementara, menurut Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengatakan, "Kementerian Pariwisata terus mendorong dengan ikut berpartisiasi dengan ikut mempromosikan secara kolektif ke negara ASEAN," ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara ASEAN yang dari sisi pasarnya kecil tetapi, mempunyai kualitas besar. "Kalau dari sisi pasarnya memang kecil, tapi kualitasnya besar. Bisa tujuh kali lipat dari  pada leisure," imbuhnya.

Para peserta pameran adalah dari kalangan destination, convention & exhibition center, hotel, cruise line, theme & recreational park, event organizers, destinastion management companies, sedangkan para pembeli dari kalangan eksekutif asosiasi, korporasi, perencana pertemuan, konsultan dan event organizer.

Untuk mensukseskan MICE/Busines Event ASEAN pihak penyelenggara pameran akan menggelar berbagai acara pendukung antara lain  Golf Friendly Game, Marathon Meeting, One Day Conference, Investructure Business Forum, serta  kegiatan edukatif, dan networking lainnya.

Adapun negara selain ASEAN yang akan mengikuti pameran ini antara lain Amerika, Australia, New Zealand, Cina, India, Korea, Jepang dan Rusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon

Rabu, 25 April 2018 - 17:30 WIB

Fadli Zon Sambut Baik Pertemuan Presiden Jokowi-PA 212

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menyambut baik pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan petinggi Persaudaraan Alumni (PA) 212 sebagai upaya mendapatkan dukungan sehingga seharusnya…

Taman Nasional Komodo (Foto:Kaskus)

Rabu, 25 April 2018 - 17:30 WIB

Kunjungan Wisatawan Melibihi Kapasitas, ASITA Dukung Penataan di TN Komodo

Kawasan wisata Taman Nasional Komodo yang mulai melebihi kapasitas pengunjung, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nusa Tenggara Timur Abed Frans mendukung penataan…

Wanna One, BTS dan BIGBANG masuk dalam 100 chart lagu boyband versi Billboard. (Foto: Allkpop)

Rabu, 25 April 2018 - 17:20 WIB

Lagu K-Pop Ini Berhasil Masuk 100 Chart Boyband Terbaik Versi Billboard

Korean pop, atau sering disebut K-pop memang sudah melekat di hampir seluruh belahan dunia. Banyak para penggemar K-pop yang juga sudah mendunia. Majalah musik dunia, Billboard telah merangkum…

Konferensi pers Rhino X-Tri 2018 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 17:17 WIB

Rhino Cross Triathlon 2018 Hadirkan Tantangan dan Keseruan Baru dengan Kategori Jarak yang Lebih Jauh

Selain itu di ajang Rhino Trail Run, kompetisi tahun ini di kelas ultra 50 km akan disiapkan untuk masuk ke rangkaian kalender event berskala internasional, Asian Train Master 2020

Presiden Jokowi dan Ketum MUI (Foto Setkab)

Rabu, 25 April 2018 - 17:00 WIB

Presiden Jokowi Bertemu Persaudaraan Alumni 212 Jalin Silaturahmi

Presiden Joko Widodo mengakui pertemuannya dengan sejumlah alumni gerakan 212 bertujuan untuk menjalin silaturahim.