MICE ASEAN 2018, Indonesia Datangkan 300 Buyers Internasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 20:00 WIB

Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)
Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada tahun 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara pameran Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ASEAN, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 April 2018 mendatang, di Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya, Indra Sukirno sebagai Ketua Penyelenggara MICE/Bussines Event ASEAN 2018 , mengatakan, "Acara ini, digelar untuk mendorong potensi MICE di negara-negara ASEAN, sekaligus untuk menjual dan mempromosikankannya sebagai destinasi meeting dan event," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dengan mengusung tema ‘destin ASEAN plus; for meetings & events’ menurut Indra, ini merupakan salah satu tradeshow meeting untuk para pelaku industri dibidang bisnis event. Dan, Indonesia merupakan salah satu destinasi yang mempunyai market yang luas.

"Indonesia merupakan salah satu destinasi yang unik, dan kita punya 600 juta market, serta Indonesia mempunyai fasilitas yang mendukung untuk kegiatan MICE," katanya.

Pameran ini akan diikuti 200 seller yang termasuk jadi peserta, lalu mengundang 500 buyers yang terdiri 300 buyers dari internasional dan 200 buyers dari Indonesia.

"Dari 500 buyers yang diundang, dalam tiga tahun mendatang, ditargetkan akan mendapatkan potensi bisnis minimal US$ 625 juta atau setara Rp 8,25 triliun," ujarnya.

Sementara, menurut Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengatakan, "Kementerian Pariwisata terus mendorong dengan ikut berpartisiasi dengan ikut mempromosikan secara kolektif ke negara ASEAN," ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara ASEAN yang dari sisi pasarnya kecil tetapi, mempunyai kualitas besar. "Kalau dari sisi pasarnya memang kecil, tapi kualitasnya besar. Bisa tujuh kali lipat dari  pada leisure," imbuhnya.

Para peserta pameran adalah dari kalangan destination, convention & exhibition center, hotel, cruise line, theme & recreational park, event organizers, destinastion management companies, sedangkan para pembeli dari kalangan eksekutif asosiasi, korporasi, perencana pertemuan, konsultan dan event organizer.

Untuk mensukseskan MICE/Busines Event ASEAN pihak penyelenggara pameran akan menggelar berbagai acara pendukung antara lain  Golf Friendly Game, Marathon Meeting, One Day Conference, Investructure Business Forum, serta  kegiatan edukatif, dan networking lainnya.

Adapun negara selain ASEAN yang akan mengikuti pameran ini antara lain Amerika, Australia, New Zealand, Cina, India, Korea, Jepang dan Rusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin saat Groundbreaking Proyek Palapa Ring Paket Tengah pada 2016

Senin, 22 Oktober 2018 - 19:50 WIB

PT Len Industri (Persero) 53 Tahun Berkarya Dalam Senyap

PT Len Industri (Persero) berada di balik perubahan besar di Indonesia dalam 7 tahun terakhir. Len Industri dipercaya Pemerintah menggarap proyek-proyek prestisius urban transport sejak 2016.…

Jembatan Gantung

Senin, 22 Oktober 2018 - 19:40 WIB

Tingkatkan Konektivitas Antardesa, Kementerian PUPR Bangun 134 Jembatan Gantung Tahun 2018

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan gantung untuk meningkatkan konektivitas setiap desa-desa yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Ekspor kendaraan Suzuki

Senin, 22 Oktober 2018 - 19:31 WIB

Lakukan Ekspor All New Ertiga dan NEX ll, Suzuki Incar Pasar Global

Acara peresmian hari ini mengawali ekspor 12.000 unit All New Ertiga ke Meksiko, Filipina, dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin, dan Oseania.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melepas ekspor perdanaAll New Ertiga dan New Scooter Nex II di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 19:15 WIB

Ekspor Industri Otomotif Nasional Makin Tak Terbendung

Industri otomotif di Indonesia semakin menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi dan mampu mengikuti selera konsumen global. Hal ini mendorong produsen di dalam negeri untuk terus melakukan…

Foto Doc Kementan

Senin, 22 Oktober 2018 - 19:03 WIB

Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

INDUSTRY.co.id -

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di Halaman Kantor Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel,…