MICE ASEAN 2018, Indonesia Datangkan 300 Buyers Internasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 20:00 WIB

Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)
Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada tahun 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara pameran Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ASEAN, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 April 2018 mendatang, di Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya, Indra Sukirno sebagai Ketua Penyelenggara MICE/Bussines Event ASEAN 2018 , mengatakan, "Acara ini, digelar untuk mendorong potensi MICE di negara-negara ASEAN, sekaligus untuk menjual dan mempromosikankannya sebagai destinasi meeting dan event," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dengan mengusung tema ‘destin ASEAN plus; for meetings & events’ menurut Indra, ini merupakan salah satu tradeshow meeting untuk para pelaku industri dibidang bisnis event. Dan, Indonesia merupakan salah satu destinasi yang mempunyai market yang luas.

"Indonesia merupakan salah satu destinasi yang unik, dan kita punya 600 juta market, serta Indonesia mempunyai fasilitas yang mendukung untuk kegiatan MICE," katanya.

Pameran ini akan diikuti 200 seller yang termasuk jadi peserta, lalu mengundang 500 buyers yang terdiri 300 buyers dari internasional dan 200 buyers dari Indonesia.

"Dari 500 buyers yang diundang, dalam tiga tahun mendatang, ditargetkan akan mendapatkan potensi bisnis minimal US$ 625 juta atau setara Rp 8,25 triliun," ujarnya.

Sementara, menurut Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengatakan, "Kementerian Pariwisata terus mendorong dengan ikut berpartisiasi dengan ikut mempromosikan secara kolektif ke negara ASEAN," ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara ASEAN yang dari sisi pasarnya kecil tetapi, mempunyai kualitas besar. "Kalau dari sisi pasarnya memang kecil, tapi kualitasnya besar. Bisa tujuh kali lipat dari  pada leisure," imbuhnya.

Para peserta pameran adalah dari kalangan destination, convention & exhibition center, hotel, cruise line, theme & recreational park, event organizers, destinastion management companies, sedangkan para pembeli dari kalangan eksekutif asosiasi, korporasi, perencana pertemuan, konsultan dan event organizer.

Untuk mensukseskan MICE/Busines Event ASEAN pihak penyelenggara pameran akan menggelar berbagai acara pendukung antara lain  Golf Friendly Game, Marathon Meeting, One Day Conference, Investructure Business Forum, serta  kegiatan edukatif, dan networking lainnya.

Adapun negara selain ASEAN yang akan mengikuti pameran ini antara lain Amerika, Australia, New Zealand, Cina, India, Korea, Jepang dan Rusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…