Gelar Munas 2017, IISIA Minta Semua Pihak Tingkatkan Penggunaan Baja Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 November 2017 - 13:20 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesian Iron and Steel Industry Associations (IISIA) hari ini (15/11/2017) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2017 dengan tema "Revitalisasi Industri Baja Nasional Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional".

Chairman IISIA, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan, acara Munas ini sangat penting dan strategis karena mempertemukan seluruh anggota IISIA yang merupakan produsen baja, industri pengguna, dan seluruh pemangku kepentingan industri baja nasional.

Berdasarkan data yang dirilis oleh South East Asia Iron & Steel Institute (SEAISI) hampir seluruh negara ASEAN-Six mencatatkan laju pertumbuhan konsumsi baja 2 digit pada tahun 2016.

"Khusus di Indonesia, konsumsi baja meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dari 11.47 juta ton (finished steel) di 2015 menjadi lebih dari 12.67 juta ton di tahun 2016 (finished steel) atau mencatat pertumbuhan sebesar 11%," ujar Mas Wigrantoro di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, dari indikator ini kita dapat melihat dengan jelas bahwa permintaan baja Indonesia yang terus tumbuh ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi domestik. "Sektor-sektor pengguna baja yang terpenting adalah sektor konstruksi dan industri manufaktur," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, konsumsi baja perkapita kita saat ini masih sangat rendah yaitu 49 kg pada tahun 2016. "Hal ini tentu saja justru menjadi peluang bagi industri baja domestik untuk terus tumbuh dan berkembang mengingat peluang peningkatan kebutuhuan baja masih terbuka sangat lebar," ungkap Mas Wig.

Menurutnya, diperlukan upaya semua pihak untuk terus meningkatkan penggunaan baja. Kami melihat masa depan Indonesia yang gemilang dan kami percaya kami dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional dengan memasok baja untuk sektor konstruksi dan industri manufaktur.

"Hal ini di-indikasikan konsumsi baja nasional masih akan meningkat hingga mencapai 25 juta ton pada tahun 2025," terangnya.

IISIA sangat mendukung dan berterima kasih dengan adanya kebijakan Pemerintah yang mengutamakan penggunaan produk baja domestik dalam berbagai proyek infrastruktur dan energi.

Tentu kami berharap agar kita semua mengutamakan penggunaan produk nasional, bukan hanya baja tetapi juga produk pangan dan berbagai produk kebutuhan kita sehari-hari.

"Semoga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan lebih mandiri dalam penggunaa produk anak bangsanya sehingga pada akhirnya rakyatnya dapat hidup lebih sejahtera," katanya.

Ia berharap semoga dengan Munas ini, komunikasi yang terjalin bermanfaat bagi kita semua. "Mari kita gelorakan terus semangat untuk mengembangkan industri baja nasional sebagai mother of industries, meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, dan sinergi sebagai sesama anak bangsa," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ritual Cuci Jalan di Singkawang

Selasa, 19 Februari 2019 - 07:05 WIB

Ritual Cuci Jalan di Singkawang Diserbu Wisatawan

Meski puncak acara baru 19 Februari, rangkaian kegiatan Festival Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, sudah diserbu wisatawan. Salah satu ritual yang paling banyak diserbu adalah tolak bala…

Kredit Pintar (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 07:00 WIB

Kredit Pintar Perkuat Layanan Pendanaan Siapkan Aplikasi di Perangkat IOS

Kredit Pintar, perusahaan Peer-to-Peer Lending sebagai tempat bertemunya antara pendana dan peminjam dengan memanfaatkan Artificial Intellegence (AI) dalam penilaian kredit, meluncurkan aplikasi…

Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:30 WIB

rna Narulita: Bantuan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Korban Tsunami Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi penyaluran bantuan bencana tsunami yang mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan puluhan ribu tinggal di pengungsian.

PLN Ilustrasi

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:08 WIB

Sektor Industri Dongkrak Penjualan Listrik PLN dalam 5 Tahun Terakhir

Pertumbuhan industri menjadi penopang utama peningkatan konsumsi listrik nasional dalam lima tahun terakhir. Tingginya kebutuhan listrik untuk industri ini mendongkrak penjualan listrik PT Perusahaan…

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:00 WIB

Dua BUMN Segera Bangun Terminal LNG di Banjarmasin dan Bali

Pertamina dan Pelindo sepakat untuk membangun Terminal LNG Teluk Lamong, Filing Station di Banjarmasin dan pengembangan Terminal Aspal Curah Cair di Benoa, Bali