Wow! Masyarakat Desa Argosari Suka Makan Semen?

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 09:00 WIB

Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur (Sendy Aditya Saputra)
Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur (Sendy Aditya Saputra)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Indonesia, memiliki keanekaragaman aneka kuliner yang unik dan menggugah selera, dan ditiap daerah mempunyai makanan khas yang menonjolkan ciri khasnya di daerah tersebut.

Salah satunya, di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ini memiliki makanan khasnya yang membedakan dengan daerah lainnya. Sama halnya dengan makanan lainnya, yang membedakannya adalah penamaan dari makanan tersebut. Dan, makanan ini tergolong unik, bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Desa Argosari.

Bagaiamana tidak unik, nama dari makanan ini adalah "Semen" yap! Pasti semua orang kaget mendengan Semen dijadikan makanan pokok di desa di Lumajang ini. Tapi, jangan khawatir, Semen yang dimaksut bukan bahan yang digunakan untuk membuat bangunan kok.

Semen sendiri ini adalah olahan sayuran yang berasala dari tanaman kubis yang muncul semian alias tunas-tunas yang baru.

"Semen itu sayur kubis yang sudah dipanen. Kalau sudah dipanen, kan ada muncul tunas-tunas, nah itu yang dijadikan Semen. Cara masakanya hanya direbus saja, hingga sayurannya layu. Jika sudah berkurang sedikit airnya lalu ditambahkan garams aja," kata Winggi kepada Industry.co.id, saat berkunjung ke Desa Argosasi, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017).

Selain itu, menurutnya warga Desa Argosari yang merupakan penduduk asli Suku Tengger ini juga memakan nasi Jagung Putih. "Kalau nasi jagung putih ada yang jual, tapi di kota tidak ada yang jual. Khasiatnya sendiri membuat tubuh jadi enak, karena alami, jadi kuat dan mencegah penyakit," imbuhnya.

Makanan lainnya yang menjadi salah satu makanan khas Suku Tengger ini adalah lauk ikan asin goreng, dan sambal bawang yang menurutnya sudah enak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Barang Impor (Ist)

Rabu, 26 September 2018 - 10:07 WIB

Pemerintah Terapkan TKDN, Cukupkah Suplay ?

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan investor asing sangat berminat masuk ke Indonesia, meskipun memasuki tahun politik.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 09:53 WIB

Fundamental Stabil Hari Ini Cermati Sepuluh Saham

INDUSTRY.co.id

Jakarta - IHSG saat ini jelang pergantian bulan sekaligus pergantian kuartal dimana rilis data perekonomian awal bulan suku bunga dan inflasi yang…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan