2018, Pertumbuhan Ekonomi Ditopang Ekonomi Digital

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 November 2017 - 20:59 WIB

BI Fintech (ist)
BI Fintech (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Besarnya pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa, dan sebanyak 40 persennya atau 106 juta jiwa diantaranya pengguna media sosial akan berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2018.

"Ekonomi digital diperkirakan terus menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia ke depan," kata ekonom UOB Indonesia, Enrico Tanuwidjaja, kepada awak media, Selasa (14/11/2017)

Indonesia tercatat memiliki populasi lebih dari 300 juta jiwa dengan 51 persen atau 132,7 juta orang di antaranya pengguna Internet. Sebanyak 40 persen atau 106 juta orang di antaranya pengguna media sosial.

Sedangkan sisanya, 35 persen atau 92 juta orang, adalah pengguna handphone aktif. Dengan begitu, Enrico menyebut Indonesia memiliki fondasi kuat untuk pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

Asosiasi E-Commerce Indonesia mencatat ada 24,74 juta orang atau 9 persen dari total populasi Indonesia membeli produk secara online pada 2016. Pada 2017, nilai transaksi itu diperkirakan bakal melonjak sebesar 30 sampai 50 persen dari jumlah transaksi total sebesar US$ 5,6 juta pada 2016.

Pemerintah Indonesia memperkirakan kontribusi e-commerce terhadap produk domestik bruto (PDB) adalah sebesar 10 persen pada 2020 seiring dengan target memposisikan Indonesia sebagai pusat e-commerce di ASEAN. Hal ini terdapat di dalam roadmap paket kebijakan reformasi ekonomi XIV yang diluncurkan pada 10 November 2016.

UOB Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen pada 2018. Pertumbuhan itu, kata Enrico, didukung fundamental ekonomi yang kuat.

Kekuatan fundamental ekonomi Indonesia didukung konsumsi swasta, pertumbuhan pembelanjaan investasi, serta peningkatan kinerja ekspor yang berkelanjutan, ujar dia

Enrico berujar, pada kuartal ketiga 2017, tercatat permintaan konsumsi swasta terus stabil di angka sekitar 5 persen year-on-year, sedangkan belanja investasi meningkat 7,1 persen dan ekspor meningkat kuat 17,3 persen.

Terus membaiknya pertumbuhan ekonomi global, perbaikan harga komoditas, serta berbagai program infrastruktur domestik diyakini akan mendukung momentum pertumbuhan ekonomi pada tahun depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…