Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 18:52 WIB

Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saat ini mulai banyak sekali para artis ibu kota yang mulai berkecimpung di dunia bisnis yakni dengan membuka bisnis olahan kue yang berbasis oleh-oleh di tiap daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk membantu mereka dalam hal mempromosikan produk sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata bersinergi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan artis entrepreneur dengan melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia.

Dalam paparannya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, "Jumlah yang bersinergi terdiri dari 11 korporasi, dan 20 artis Ibu Kota dengan membawa 23 brand mereka masing-masing," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian  Pariwisata, Selasa (14/11/2017).

Ia menilaibahwa langkah Co-Branding ini merupakan salah satu cara untuk memperluas brand Wonderful Indonesi dengan memanfaatkan brand yang ada di pasar domestik maupun global. 

Dan, menurutnya tren kue olahan berbasis oleh-oleh ini mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan, olahan kue tersebut juga ada di daerah-daerah penunjang destinasi wisata Indonesia.

"Mungkin 90 persen bisnisnya berbasis oleh-oleh di tiap destinasi wiasata dan itu Kami saling mendukung sekaligus dengan mempromosikan kedua brand tersebut," sambung Arief.

Tambah Arief, keuntungan bagi Kementerian Pariwisata, adalah dengan pemasangan logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia ditiap brand atau produk.

"Yang kedua,  nantinya keuntungan bagi mereka akan kita promosikan di media sosial milik Kemenpar. Jadi, masing-masing bisa menayangkan lewat TV Commercial (TVC) ditiap event yang digelar Kemenpar," ujarnya.

Lalu, pada tahun 2018 akan diadakan evaluasi bagi yang melakukan Co-Branding dengan Wonderful Indoensia atau Pesona Indonesia.

"Akhir tahun 2018, akan kita evaluasi. Nanti kita akan ranking, siapa yang paling hebat.  Tapi bagi yang tidak lulus, untuk demi menjaga kedua brand tidak akan dilanjutkan," tandansnya.

Adapun daftar artis entrepreneur di bidang usaha kue yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain Minang Mande Cake milik artis Rossa, Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Rain Cake (Shireen Sungkar), Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy (Dude Herlino), Premio (Baim Wong), dan Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur),  Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti), Palembang Lamonde (Irwansyah), Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi), sedangkan bidang fashion antara lain brand Mandjha ivangunawan (Ivan Gunawan), Urban Lips (Cathy Sharon), dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…