Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 18:52 WIB

Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saat ini mulai banyak sekali para artis ibu kota yang mulai berkecimpung di dunia bisnis yakni dengan membuka bisnis olahan kue yang berbasis oleh-oleh di tiap daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk membantu mereka dalam hal mempromosikan produk sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata bersinergi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan artis entrepreneur dengan melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia.

Dalam paparannya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, "Jumlah yang bersinergi terdiri dari 11 korporasi, dan 20 artis Ibu Kota dengan membawa 23 brand mereka masing-masing," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian  Pariwisata, Selasa (14/11/2017).

Ia menilaibahwa langkah Co-Branding ini merupakan salah satu cara untuk memperluas brand Wonderful Indonesi dengan memanfaatkan brand yang ada di pasar domestik maupun global. 

Dan, menurutnya tren kue olahan berbasis oleh-oleh ini mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan, olahan kue tersebut juga ada di daerah-daerah penunjang destinasi wisata Indonesia.

"Mungkin 90 persen bisnisnya berbasis oleh-oleh di tiap destinasi wiasata dan itu Kami saling mendukung sekaligus dengan mempromosikan kedua brand tersebut," sambung Arief.

Tambah Arief, keuntungan bagi Kementerian Pariwisata, adalah dengan pemasangan logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia ditiap brand atau produk.

"Yang kedua,  nantinya keuntungan bagi mereka akan kita promosikan di media sosial milik Kemenpar. Jadi, masing-masing bisa menayangkan lewat TV Commercial (TVC) ditiap event yang digelar Kemenpar," ujarnya.

Lalu, pada tahun 2018 akan diadakan evaluasi bagi yang melakukan Co-Branding dengan Wonderful Indoensia atau Pesona Indonesia.

"Akhir tahun 2018, akan kita evaluasi. Nanti kita akan ranking, siapa yang paling hebat.  Tapi bagi yang tidak lulus, untuk demi menjaga kedua brand tidak akan dilanjutkan," tandansnya.

Adapun daftar artis entrepreneur di bidang usaha kue yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain Minang Mande Cake milik artis Rossa, Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Rain Cake (Shireen Sungkar), Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy (Dude Herlino), Premio (Baim Wong), dan Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur),  Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti), Palembang Lamonde (Irwansyah), Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi), sedangkan bidang fashion antara lain brand Mandjha ivangunawan (Ivan Gunawan), Urban Lips (Cathy Sharon), dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.