Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 18:52 WIB

Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Promosikan Wonderful Indonesia, Kemenpar Gandeng 23 Brand Artis Entrepreneur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saat ini mulai banyak sekali para artis ibu kota yang mulai berkecimpung di dunia bisnis yakni dengan membuka bisnis olahan kue yang berbasis oleh-oleh di tiap daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk membantu mereka dalam hal mempromosikan produk sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata bersinergi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan artis entrepreneur dengan melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia.

Dalam paparannya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, "Jumlah yang bersinergi terdiri dari 11 korporasi, dan 20 artis Ibu Kota dengan membawa 23 brand mereka masing-masing," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian  Pariwisata, Selasa (14/11/2017).

Ia menilaibahwa langkah Co-Branding ini merupakan salah satu cara untuk memperluas brand Wonderful Indonesi dengan memanfaatkan brand yang ada di pasar domestik maupun global. 

Dan, menurutnya tren kue olahan berbasis oleh-oleh ini mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan, olahan kue tersebut juga ada di daerah-daerah penunjang destinasi wisata Indonesia.

"Mungkin 90 persen bisnisnya berbasis oleh-oleh di tiap destinasi wiasata dan itu Kami saling mendukung sekaligus dengan mempromosikan kedua brand tersebut," sambung Arief.

Tambah Arief, keuntungan bagi Kementerian Pariwisata, adalah dengan pemasangan logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia ditiap brand atau produk.

"Yang kedua,  nantinya keuntungan bagi mereka akan kita promosikan di media sosial milik Kemenpar. Jadi, masing-masing bisa menayangkan lewat TV Commercial (TVC) ditiap event yang digelar Kemenpar," ujarnya.

Lalu, pada tahun 2018 akan diadakan evaluasi bagi yang melakukan Co-Branding dengan Wonderful Indoensia atau Pesona Indonesia.

"Akhir tahun 2018, akan kita evaluasi. Nanti kita akan ranking, siapa yang paling hebat.  Tapi bagi yang tidak lulus, untuk demi menjaga kedua brand tidak akan dilanjutkan," tandansnya.

Adapun daftar artis entrepreneur di bidang usaha kue yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain Minang Mande Cake milik artis Rossa, Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Rain Cake (Shireen Sungkar), Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy (Dude Herlino), Premio (Baim Wong), dan Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur),  Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti), Palembang Lamonde (Irwansyah), Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi), sedangkan bidang fashion antara lain brand Mandjha ivangunawan (Ivan Gunawan), Urban Lips (Cathy Sharon), dan Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:14 WIB

Panglima Akui Alutsista TNI AU Belum Sesuai

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan, kondisi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Udara belum sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung operasi TNI berdasarkan…

Press Conference Jakarta International BNI Java Jazz 2018, di Kemang, Jakarta Selatan. (Foto/Dina Astria)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:10 WIB

Khusus Pecinta Jazz, BNI Tawarkan Transaksi Kekinian

Jakarta International BNI Java Jazz 2018 akan diselenggarakan pada Maret mendatang. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali hadir sebagai pendukung utama berlangsungnya festival…

Peresmian Pusat Inovasi Asia Tenggara di Bintaro, Tangerang Selatan (ist)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:08 WIB

Kemenperin Apresiasi Pusat Inovasi Asia Tenggara Yang Dibangun Henkel Adhesive Technologies di Bintaro

Kementerian Perindustrian mengapresiasi Pusat Inovasi Asia Tenggara yang dibangun Henkel Adhesive Technologies di Bintaro, Tangerang Selatan untuk menggabungkan kemampuan teknis dan inovasi…

Bupati Kutai Kartanegara non aktif Rita Widyasari (Foto Ist)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:07 WIB

KPK Telusuri Perolehan Aset Rita Widyasari

Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan Firdaus meminta Kementerian Pertanian jujur soal data pangan terkait ketidaksinkronan fenomena harga beras yang meningkat di tengah klaim surplus dari kementerian…

Ilustrasi Gula Impor

Jumat, 19 Januari 2018 - 13:38 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri Mamin, Kemendag Izinkan Impor Raw Sugar Sebanyak 1,8 Juta Ton

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, izin impor tersebut diberikan kepada 11 perusahaan rafinasi dalam negeri, dan akan diproses untuk memenuhi…