Para Pencipta Lagu Adakan Lokakarya Bentuk Serikat Pekerja Musik

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 14 November 2017 - 17:40 WIB

Once Mekel mendukung lahirnya Persatuan Musisi yang Mendunia
Once Mekel mendukung lahirnya Persatuan Musisi yang Mendunia

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Indonesia (PAPPRI) yang saat ini diketuai oleh Prof. Dr. A.M. Hendropriyono, tanggal 14 dan 15 Nopember ini mengadakan lokakarya untuk membentuk Serikat Pekerja Musik Indonesia (SPMI) atau IMU (Indonesia Music Union). Kegiatan ini diinisiasi oleh  Federation of International Musicians (FIM) yang diwakili oleh dua pembicara dari Paris, Perancis,  yakni Benoit Machuel dan Simon Collins.

Lokakarya juga  diisi oleh paparan dari Diaz Hendropriyono, sebagai wakil dari staf ahli kantor Kepresidenan RI, Rahayu Kertawiguna (Wakil Ketua PAPPRI), dan Ricky Pesik (BEKRAF) serta sejumlah tokoh musik nasional seperti Enteng Tanamal, Januar Ishak, Dharma Oratmangun, Tika Bisono, Boni Rollies, Titiek Van Houten, Buncky Wikagoe, dan masoh banyak lainnya.

Benoit Machuel, dalam pemaparannya mengatakan bahwa bersatunya para musisi dalam satu wadah internasional akan memudahkan dalam melakukan kontrak dengan para pengguna atau provider seperti Youtube, Facebook dan lain-lain. “Selama ini para provider dapat disebut sesuka hati dalam melakukan kontrak yang sesungguhnya merugikan para musisi. Namun dengan bersatunya musisi seluruh dunia diharapkan terjadi perubahan paradigma dalam hal kesejahteraan para musisi pencipta lagu,” katanya.

Ia menambahkan, justru dengan semakin majunya tehnologi yang bisa membat masing-masing pribadi bisa berhubungan langsung dengan provider, adanya organisasi kelas dunia, akan membuat mereka terlindung.

Sementara itu, Enteng Tanamal, selaku pendiri PAPPRI dan KCI mengatakan bahwa perjuangan untuk membentuk persatuan artis atau union artis sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. “Bahkan banyak teman –teman yang sudah meninggal dunia, belum terwujud. Semoga di kepengurusan PAPPRI yang sekarang hal ini bisa terwujud. Terbukti bisa mendatangkan wakil dari Federasi Musik Internasional untuk memberi tambahan pengetahuan bagaimana membentuk persatuan musisi Indonesia yang beragam ini,” ujar Enteng.

Sementara itu Once Mekel yang dianggap mewakili musisi muda mengatakan ia menyambut gembira jika akhirnya Union Artis di Indonesia bisa terbentuk. “Selama ini kita tidak punya patokan yang jelas tentang cara berkontrak dengan provider atau user atau pengguna lagu. Kita merasa dirugikan tapi kadang tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Once.

Federation International Music (FIM) merupakan organisasi ketenagakerjaan dibidang musik yang berkedudukan di Paris Perancis.  Organisasi ini didirikan sejak tahun 1948 oleh 67 organisasi musik dari 60 negara. Saat ini FIM sedang melakukan negosiasi dengan negara-negara Eropa yang tergabung dalam UNI Eropa, negara Amerika serta Jepang dalam hal melindungi dan mempromosikan hak ekonomi, sosial, dan Hak Cipta.  (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.