Digantikan Pabrik Baru, PTPN Akan Tutup 11 Pabrik Gula Secara Bertahap

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:09 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perkebunan Nusantara (Persero) berencana menutup 11 pabrik gula (PG) secara bertahap atau sampai 3 hingga 4 tahun mendatang.  Ke-11 pabrik gula tersebut terdiri dari tiga PTPN, yakni PT Perkebunan Nusantara IX yaitu ada tiga PG, PTPN X ada tiga PG, serta PTPN ada lima PG.

"Kami pastikan tidak ada kerugian perusahaan, kekurangan kapasitas, serta lainnya," ujar Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III , Dasuki Amsir di sela jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/11/2017). 

Dasuki mengatakan, 11 PG tersebut akan ditutup jika pabrik gula baru serta revitalisasi pabrik gula telah direalisasikan. Saat ini, pabrik gula baru yang telah selesai pembangunannya adalah PG Glenmore dan pabrik gula dalam tahap pembangunan adalah PG Comal. Sementara, pabrik gula yang tengah dilakukan revitalisasi adalah PG Mojo Sragen, PG Rendeng, PG Jatiluhur, PG Asembagus, PG Bungamayang, PG Gempolkerep, PG Cinta Manis. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Operasiona dan Pengembangan Erwan Pelawi mengatakan, beberapa syarat PG yang akan ditutup antara lain waktu giling lama, produktivitas rendah, serta tidak efisiensi. 

"Kalau ada penutupan satu PG, maka harus ada pabrik baru yang sudah selesai dibangun serta revitalisasi pabrik gula juga telah selesai," tutur Erwan. 

Erwan memperkirakan, PG Glenmorel dan Comal memiliki kapasitas sebanyak 6.000 ton per hari.  Pada 2018, PTPN III memproyeksikan produksi gula sebanyak 1,1 juta ton. Sampai dengan Oktober 2017, produksi gula sekitar 870.000 ton atau 35% dari produksi gula nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Analisis Berbasis Lokasi Esri Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 13:52 WIB

Bantu Pemulihan Bencana Pasca Gempa Tsunami Sulawesi, Esri Indonesia Kembangkan Analisis Berbasis Lokasi

Emergency Spatial Support Centre yang berada di bawah naungan Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka, telah mengembangkan portal pemetaan cerdas dengan teknologi canggih yang dirancang…

Penghargaan yang diperoleh Daffam Teraskita Jakarta pada 2018 (Foto Ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:14 WIB

Dafam Teraskita Jakarta Raih Penghargaan Traveloka Hotel Awards 2018

Hotel Dafam Teraskita Jakarta memperoleh penghargaan The Best Guest Experience in Cleanliness Premium pada acara Traveloka Hotel Awards 2018 se-Asia Tenggara.

Konferensi Pers Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:12 WIB

4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Relatif Stabil

Empat tahun kerja Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla pertumbuhan ekonomi stabil di kisaran 5 persen. Selain itu, secara makro ekonomi dalam kurun waktu empat tahun dikelola dengan baik dan…

Sari Roti

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:48 WIB

Sari Roti Bukukan Penjualan Sebesar Rp 1,98 Triliun Hingga September 2018

Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. membukukan penjualan senilai Rp1,98 triliun hingga September 2018, tumbuh 8,79% dari posisi Rp1,82 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.…

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:30 WIB

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Kredit Pintar memberikan pembekalan pengetahuan dasar dan membagikan buku-buku di Perpustakaan Komunitas Jendela di Kawasan Manggarai, Jakarta.