Digantikan Pabrik Baru, PTPN Akan Tutup 11 Pabrik Gula Secara Bertahap

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:09 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perkebunan Nusantara (Persero) berencana menutup 11 pabrik gula (PG) secara bertahap atau sampai 3 hingga 4 tahun mendatang.  Ke-11 pabrik gula tersebut terdiri dari tiga PTPN, yakni PT Perkebunan Nusantara IX yaitu ada tiga PG, PTPN X ada tiga PG, serta PTPN ada lima PG.

"Kami pastikan tidak ada kerugian perusahaan, kekurangan kapasitas, serta lainnya," ujar Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III , Dasuki Amsir di sela jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/11/2017). 

Dasuki mengatakan, 11 PG tersebut akan ditutup jika pabrik gula baru serta revitalisasi pabrik gula telah direalisasikan. Saat ini, pabrik gula baru yang telah selesai pembangunannya adalah PG Glenmore dan pabrik gula dalam tahap pembangunan adalah PG Comal. Sementara, pabrik gula yang tengah dilakukan revitalisasi adalah PG Mojo Sragen, PG Rendeng, PG Jatiluhur, PG Asembagus, PG Bungamayang, PG Gempolkerep, PG Cinta Manis. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Operasiona dan Pengembangan Erwan Pelawi mengatakan, beberapa syarat PG yang akan ditutup antara lain waktu giling lama, produktivitas rendah, serta tidak efisiensi. 

"Kalau ada penutupan satu PG, maka harus ada pabrik baru yang sudah selesai dibangun serta revitalisasi pabrik gula juga telah selesai," tutur Erwan. 

Erwan memperkirakan, PG Glenmorel dan Comal memiliki kapasitas sebanyak 6.000 ton per hari.  Pada 2018, PTPN III memproyeksikan produksi gula sebanyak 1,1 juta ton. Sampai dengan Oktober 2017, produksi gula sekitar 870.000 ton atau 35% dari produksi gula nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Senin, 20 November 2017 - 13:59 WIB

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Perusahaan pengelola tambang emas Martabe PT Agincourt Resources meresmikan gedung baru gelanggang pertunjukan terbuka(amphitheatre) Sopo Daganak berkapasitas 500 penonton di Jalan 2 Desa Napa,…