Digantikan Pabrik Baru, PTPN Akan Tutup 11 Pabrik Gula Secara Bertahap

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:09 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perkebunan Nusantara (Persero) berencana menutup 11 pabrik gula (PG) secara bertahap atau sampai 3 hingga 4 tahun mendatang.  Ke-11 pabrik gula tersebut terdiri dari tiga PTPN, yakni PT Perkebunan Nusantara IX yaitu ada tiga PG, PTPN X ada tiga PG, serta PTPN ada lima PG.

"Kami pastikan tidak ada kerugian perusahaan, kekurangan kapasitas, serta lainnya," ujar Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III , Dasuki Amsir di sela jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/11/2017). 

Dasuki mengatakan, 11 PG tersebut akan ditutup jika pabrik gula baru serta revitalisasi pabrik gula telah direalisasikan. Saat ini, pabrik gula baru yang telah selesai pembangunannya adalah PG Glenmore dan pabrik gula dalam tahap pembangunan adalah PG Comal. Sementara, pabrik gula yang tengah dilakukan revitalisasi adalah PG Mojo Sragen, PG Rendeng, PG Jatiluhur, PG Asembagus, PG Bungamayang, PG Gempolkerep, PG Cinta Manis. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Operasiona dan Pengembangan Erwan Pelawi mengatakan, beberapa syarat PG yang akan ditutup antara lain waktu giling lama, produktivitas rendah, serta tidak efisiensi. 

"Kalau ada penutupan satu PG, maka harus ada pabrik baru yang sudah selesai dibangun serta revitalisasi pabrik gula juga telah selesai," tutur Erwan. 

Erwan memperkirakan, PG Glenmorel dan Comal memiliki kapasitas sebanyak 6.000 ton per hari.  Pada 2018, PTPN III memproyeksikan produksi gula sebanyak 1,1 juta ton. Sampai dengan Oktober 2017, produksi gula sekitar 870.000 ton atau 35% dari produksi gula nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Panitia HPN 2018. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:50 WIB

HPN 2018 Bersama Artha Graha Gelar Bakti Sosial Di Mentawai

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 terus mematangkan persiapan pelaksanaan acara tahunan yang kali ini akan berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…