Digantikan Pabrik Baru, PTPN Akan Tutup 11 Pabrik Gula Secara Bertahap

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:09 WIB

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)
Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perkebunan Nusantara (Persero) berencana menutup 11 pabrik gula (PG) secara bertahap atau sampai 3 hingga 4 tahun mendatang.  Ke-11 pabrik gula tersebut terdiri dari tiga PTPN, yakni PT Perkebunan Nusantara IX yaitu ada tiga PG, PTPN X ada tiga PG, serta PTPN ada lima PG.

"Kami pastikan tidak ada kerugian perusahaan, kekurangan kapasitas, serta lainnya," ujar Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III , Dasuki Amsir di sela jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/11/2017). 

Dasuki mengatakan, 11 PG tersebut akan ditutup jika pabrik gula baru serta revitalisasi pabrik gula telah direalisasikan. Saat ini, pabrik gula baru yang telah selesai pembangunannya adalah PG Glenmore dan pabrik gula dalam tahap pembangunan adalah PG Comal. Sementara, pabrik gula yang tengah dilakukan revitalisasi adalah PG Mojo Sragen, PG Rendeng, PG Jatiluhur, PG Asembagus, PG Bungamayang, PG Gempolkerep, PG Cinta Manis. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Operasiona dan Pengembangan Erwan Pelawi mengatakan, beberapa syarat PG yang akan ditutup antara lain waktu giling lama, produktivitas rendah, serta tidak efisiensi. 

"Kalau ada penutupan satu PG, maka harus ada pabrik baru yang sudah selesai dibangun serta revitalisasi pabrik gula juga telah selesai," tutur Erwan. 

Erwan memperkirakan, PG Glenmorel dan Comal memiliki kapasitas sebanyak 6.000 ton per hari.  Pada 2018, PTPN III memproyeksikan produksi gula sebanyak 1,1 juta ton. Sampai dengan Oktober 2017, produksi gula sekitar 870.000 ton atau 35% dari produksi gula nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:46 WIB

Portal Perlindungan Ditujukan untuk Pemberdayaan Konsumen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meluncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen www.konsumenindonesia.go.id yang menandai puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), dan ditujukan…

Iluastrasi Investasi-images IST

Rabu, 25 April 2018 - 11:41 WIB

China Akan Terus Tingkatkan Investasi di Indonesia

Keyakinan tumbuhnya investasi China ke Indonesia berdasarkan upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi.

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) (Foto Abe)

Rabu, 25 April 2018 - 11:39 WIB

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen Interim pada 15 Mei 2018

Setelah tertunda beberapa waktu lalu, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akhirnya akan membagikan dividen interim untuk tahun buku 2018 periode Januari-Maret sebesar Rp2,5 per saham kepada…

JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:33 WIB

Pengelola Kawasan Industri JIIPE Dukung Aturan Tax Holiday

Pengelola kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mendukung aturan baru mengenai fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau "tax holiday".

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.