Survei Penduduk BPS Butuh Dana Rp3 Triliun

Oleh : Wiyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:01 WIB

Kepala BPS Suhariyanto (Foto Ridwan)
Kepala BPS Suhariyanto (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyelenggarakan survei jumlah penduduk pada 2020. Diperkiarakan kebutuhan dana tersebut mencapai Rp3 triliun.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan soal anggaran belum pasti sebesar Rp3 triliun karena masih dihitung. Komposisi pengeluaran terbesar tersalurkan ke tenaga pencacah di lapangan.

"Kita selenggarakan seminar sensus penduduk 10 tahunan. Sensus  penduduk terakhir pada  2010, dengan menggunakan 43 variable," ujar dia di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Ia menyebutkan variable nantinya bisa berkembang, namun yang sudah ada baru 43 variable. Tujuannya survei penduduk untuk mengetahui sejauh mana penyebaran penduduk, soal tenaga kerja, angka pengangguran bahkan mengetahui jumlah populasi usia lanjut.

"Salah satunya  bisa mengetahui penyebaran penduduk dari berbagai macam bahasa, suku, budaya dan agama. Nanti kerjasama dengan  demografer untuk proyeksi penyebaran penduduk sampai 2035, bahkan untuk proyek ini rencananya dilebarkan sampai 2045," katanya.

Rencananya, tenaga pencacah yang dibutuhkan diperkirakan 100 ribu orang. Mereka akan diseleksi sampai bisa melakukan survei. Tenaga mereka berasal dari masyarajat.

"Biaya paling besar itu mencacah, dengan tenaga 100 ribu serta kualifikasi tertentu. Mereka akan mensurvei usia, nama, NIK  dan status pekerjaan," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…