Survei Penduduk BPS Butuh Dana Rp3 Triliun

Oleh : Wiyanto | Selasa, 14 November 2017 - 16:01 WIB

Kepala BPS Suhariyanto (Foto Ridwan)
Kepala BPS Suhariyanto (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyelenggarakan survei jumlah penduduk pada 2020. Diperkiarakan kebutuhan dana tersebut mencapai Rp3 triliun.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan soal anggaran belum pasti sebesar Rp3 triliun karena masih dihitung. Komposisi pengeluaran terbesar tersalurkan ke tenaga pencacah di lapangan.

"Kita selenggarakan seminar sensus penduduk 10 tahunan. Sensus  penduduk terakhir pada  2010, dengan menggunakan 43 variable," ujar dia di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Ia menyebutkan variable nantinya bisa berkembang, namun yang sudah ada baru 43 variable. Tujuannya survei penduduk untuk mengetahui sejauh mana penyebaran penduduk, soal tenaga kerja, angka pengangguran bahkan mengetahui jumlah populasi usia lanjut.

"Salah satunya  bisa mengetahui penyebaran penduduk dari berbagai macam bahasa, suku, budaya dan agama. Nanti kerjasama dengan  demografer untuk proyeksi penyebaran penduduk sampai 2035, bahkan untuk proyek ini rencananya dilebarkan sampai 2045," katanya.

Rencananya, tenaga pencacah yang dibutuhkan diperkirakan 100 ribu orang. Mereka akan diseleksi sampai bisa melakukan survei. Tenaga mereka berasal dari masyarajat.

"Biaya paling besar itu mencacah, dengan tenaga 100 ribu serta kualifikasi tertentu. Mereka akan mensurvei usia, nama, NIK  dan status pekerjaan," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Delegasi Utusan PM Jepang (Foto Setkab)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:26 WIB

Presiden Jokowi- Utusan PM Jepang Bicarakan Kerja Sama Industri Manufaktur

Presiden Joko Widodo menyambut Delegasi Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor untuk merayakan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang.

Press Conference Jakarta International BNI Java Jazz 2018, di Kemang, Jakarta Selatan. (Foto/Dina Astria)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:10 WIB

Khusus Pecinta Jazz, BNI Tawarkan Transaksi Kekinian

Jakarta International BNI Java Jazz 2018 akan diselenggarakan pada Maret mendatang. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali hadir sebagai pendukung utama berlangsungnya festival…

Peresmian Pusat Inovasi Asia Tenggara di Bintaro, Tangerang Selatan (ist)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:08 WIB

Kemenperin Apresiasi Pusat Inovasi Asia Tenggara Yang Dibangun Henkel Adhesive Technologies di Bintaro

Kementerian Perindustrian mengapresiasi Pusat Inovasi Asia Tenggara yang dibangun Henkel Adhesive Technologies di Bintaro, Tangerang Selatan untuk menggabungkan kemampuan teknis dan inovasi…

Bupati Kutai Kartanegara non aktif Rita Widyasari (Foto Ist)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:07 WIB

KPK Telusuri Perolehan Aset Rita Widyasari

Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan Firdaus meminta Kementerian Pertanian jujur soal data pangan terkait ketidaksinkronan fenomena harga beras yang meningkat di tengah klaim surplus dari kementerian…

Bo Sang Umbrella Festival 2018, di Thailand (Foto: facebook.com/kemenpar)

Jumat, 19 Januari 2018 - 14:00 WIB

Kenalkan Wisata Indonesia, Wonderful Indonesia Hadiri Bo Sang Umbrella Festival 2018

Diselenggarakan mulai 19 hingga 21 Januari 2018, Wonderful Indonesia mempromosikan pariwisatanya melalui Bo Sang Umbrella Festival 2018. Penyelenggaraan ini, merupaksan salah satu sister festival…