Wisatawan ke Sukabumi Mencapai 3,7 Juta Jiwa

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 13:46 WIB

Pantai Pangandaran Sukabumi (Foto Ist)
Pantai Pangandaran Sukabumi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi - Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat total kunjungan wisatawan dari Januari hingga Oktober 2017 mencapai 3.780.577 jiwa yang datang dari berbagai negara dan daerah.

"Untuk wisatawan mancanegara yang datang pada tahun ini sudah mencapai 122.810 jiwa dan sisanya dari nusantara," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Yudi Panca Yoga di Sukabumi, Selasa (14/11/2017)

Menurutnya, jumlah tersebut hanya yang terdata pihaknya karena tidak berbanding lurus dengan nilai restribusi. Selain itu, tidak seluruh objek wisata di Kabupaten Sukabumi dikelola pemerintah, ada juga yang dikelola oleh masyarakat dan pihak swasta.

Kemungkinan, jika data jumlah wisatawan yang datang dari seluruh pengelola objek wisata dilaporkan ke dinas pariwisata maka jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari data yang dimiliki kantornya.

Namun demikian, pihaknya tetap berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Apalagi saat ini Kabupaten Sukabumi tengah gencar melakukan promosi keberadaan objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Walaupun objek wisata tidak dikelola sepenuhnya oleh pemerintah, tetapi tujuan pengembangan lokasi wisata itu selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Yudi mengatakan sektor pariwisata saat ini merupakan salah satu penyumbang terbesar PAD, apalagi jika industri pariwisata semakin maju yang didukung oleh ketersediaan insfrastruktur transportasi.

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah pusat yang sangat memperhatikan kondisi dan potensi selatan Kabupaten Sukabumi dengan membangun jalan tol yang saat ini sudah tahap pengerjaan dan rencana pembangunan jalur ganda kereta api dan bandar udara (bandara). (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year

Senin, 20 November 2017 - 14:41 WIB

Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year di Wild Digital Conference 2017

Setelah berhasil melakukan penawaran publik perdana (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia pada awal Oktober lalu, PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) berhasil meraih penghargaan…

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano sambangi KPK, Senin (20/11/2017) Apresiasi langkah KPK Tahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 14:37 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia Beri Dukungan Buat KPK

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…