Wisatawan ke Sukabumi Mencapai 3,7 Juta Jiwa

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 13:46 WIB

Pantai Pangandaran Sukabumi (Foto Ist)
Pantai Pangandaran Sukabumi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi - Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat total kunjungan wisatawan dari Januari hingga Oktober 2017 mencapai 3.780.577 jiwa yang datang dari berbagai negara dan daerah.

"Untuk wisatawan mancanegara yang datang pada tahun ini sudah mencapai 122.810 jiwa dan sisanya dari nusantara," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Yudi Panca Yoga di Sukabumi, Selasa (14/11/2017)

Menurutnya, jumlah tersebut hanya yang terdata pihaknya karena tidak berbanding lurus dengan nilai restribusi. Selain itu, tidak seluruh objek wisata di Kabupaten Sukabumi dikelola pemerintah, ada juga yang dikelola oleh masyarakat dan pihak swasta.

Kemungkinan, jika data jumlah wisatawan yang datang dari seluruh pengelola objek wisata dilaporkan ke dinas pariwisata maka jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari data yang dimiliki kantornya.

Namun demikian, pihaknya tetap berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Apalagi saat ini Kabupaten Sukabumi tengah gencar melakukan promosi keberadaan objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Walaupun objek wisata tidak dikelola sepenuhnya oleh pemerintah, tetapi tujuan pengembangan lokasi wisata itu selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Yudi mengatakan sektor pariwisata saat ini merupakan salah satu penyumbang terbesar PAD, apalagi jika industri pariwisata semakin maju yang didukung oleh ketersediaan insfrastruktur transportasi.

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah pusat yang sangat memperhatikan kondisi dan potensi selatan Kabupaten Sukabumi dengan membangun jalan tol yang saat ini sudah tahap pengerjaan dan rencana pembangunan jalur ganda kereta api dan bandar udara (bandara). (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di Payakumbuh

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:47 WIB

Pemerintah Komitmen Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Kementerian Pertanian berkomitmen untuk merebut kembali pasar rempah dunia dari tangan Vietnam dengan mengembalikan kejayaan rempah Indonesia seperti sedia kala.

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) (Foto ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:36 WIB

Vale Refisi Target Produksi Menjadi 75.000 Metrik Ton

PT Vale Indonesia Tbk perusahaan tambang nikel merevisi target produksi selama tahun 2018 menjadi 75.000 metrik ton dari rencana sebelumnya yaitu 77.000 metrik ton.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam upaya membantu rakyat Palestina

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

BAZNAS dan UNRWA Tandatangani Kerja Sama Bantu Rakyat Palestina

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menandatangani perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dalam upaya memberikan bantuan…

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Astra International Yakin Ekspor Bisa Lebih Besar

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, meyakini bahwa potensi jumlah ekspor yang dimiliki Indonesia masih bisa jauh lebih besar dari realisasi jumlah ekspor Indonesia…

Peluncuran Sandimas Home Center

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:29 WIB

Jawab Kebutuhan Pelanggan, Sandimas Hadirkan Sandimas Home Center di Jakarta Utara

Dengan distribusi yang luas dan telah merambah seluruh kota besar di indonesia, Sandimas selalu berusaha untuk menjaga ketersediaan stock produk serta memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.…