Daya Beli Turun Biang Keladinya Bukan Penjualan Online

Oleh : Wiyanto | Selasa, 14 November 2017 - 11:11 WIB

Nielsen Research Company
Nielsen Research Company

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Nielsen membantah penjualan online sebagai biang keladi penurunan daya beli. Padahal pertumbuhan penjualan online hanya sebesar 1% dari total penjualan offline.

Memang penjualan online belum masuk survei Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga sempat dituding penyebab penurunan daya beli.

"Perlambatan pertumbuhan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) atau barang konsumsi di tahun ini bukan semata-mata dipengaruhi
langsung oleh bertumbuhnya e-commerce di Indonesia. Untuk core products FMCG E- commerce hanya mencapai kurang lebih 1% dibandingkan dengan penjualan offline secara total," ujar Ernawati Associate Director The Nielsen Company Indonesia di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Sehingga wajar saja tahun ini FMCG hingga September mengalami perlambatan pertumbuhan dimana growth hanya mencapai 2.7% sedangkan rata-rata pertumbuhan normal tahunan mencapai 11%.

Lagi pula kalangan mid low class sebagai pemegang porsi yang besar mengalami perlambatan karena menurunnya THP, kenaikan harga utility sehingga berdampak pada pengurangan konsumsi, menahan pembelian impulsife produk dan downsizing

"Sedangkan upper class masih menunggu situasi dimana mereka hanya bertindak wait and see, namun ada indikasi dimana pengeluaran di lifestyle cenderung terus bertumbuh," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Panitia HPN 2018. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:50 WIB

HPN 2018 Bersama Artha Graha Gelar Bakti Sosial Di Mentawai

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 terus mematangkan persiapan pelaksanaan acara tahunan yang kali ini akan berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…