Presiden Jokowi Puji Peran Jepang Atas AHA Center

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 November 2017 - 09:37 WIB

Presiden Jokowi saat mengikuti agenda KTT ke-20 ASEAN-JEPANG di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin (13/11)
Presiden Jokowi saat mengikuti agenda KTT ke-20 ASEAN-JEPANG di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin (13/11)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo menyatakan pujiannya terhadap kepada pemerintah Jepang atas sumbangan sosialnya bagi kegiatan ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Center.

"Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama ASEAN. Secara khusus saya ingin sampaikan apresiasi atas kontribusi Jepang terhadap AHA Centre," demikian Presiden dikutip dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Jakarta, Selasa (14/11/2017)

Menurut Presiden yang sedang berada di Filipina dalam rangka KTT ASEAN dan pertemuan ASAN dengan Jepang , AHA Center telah berupaya membantu pemulihan Kota Marawi di Filipina yang berantakan karena pertempuran Angkatan Bersenjata Filipina dengan kelompok militan Maute dan juga membantu mengatasi krisis kemanusiaan Rohingya di Rakhine State.

Presiden mendorong agar organisasi tersebut terus diperkuat, termasuk ketersediaan sumber dayanya dan berharap Jepang tetap akan memberikan dukungan bagi AHA Centre.

Kepala Negara juga menyampaikan harapan agar Jepang tetap menjadi mitra utama ASEAN dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan.

"Negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) harus segera diselesaikan," ujarnya.

Kemudian terkait stabilitas politik dan situasi keamanan di kawasan Semenanjung Korea, Jokowi juga menyampaikan Jepang memiliki peran yang sangat penting untuk menghindari terjadinya perang terbuka.

"Untuk itu, saya harap peran Jepang dalam mengupayakan terus dibukanya jendela bagi penyelesaian secara damai," ucap Presiden Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.