Wow Mahasiswa President University ini Eksis di Kancah Internasional

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 09:18 WIB

Mahasiswa President University, Rizki Nugraha ditunjuk oleh Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) sebagai wakil Indonesia.
Mahasiswa President University, Rizki Nugraha ditunjuk oleh Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) sebagai wakil Indonesia.

INDUSTRY co.id -Jakarta - Satu lagi mahasiswa President University Jurusan Hubungan Internasional ditunjuk oleh Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) sebagai wakil Indonesia untuk kegiatan AYIMUN di Kuala Lumpur, Malaysia.

Mahasiswa tersebut adalah Muhamad Rizki Nugraha Darma Nagara yang menjadi Co-Chair of IMF Council di kegiatan yang berlangsung  pada tanggal 2 - 7 November 2017. Event tahunan yang diselenggarakan Indonesia Global Network ini bertemakan “Enhancing Global Power Through Diplomacy and Regional Integration”.

Pria kelahiran Bandung 20 tahun yang lalu, anak bungsu dari 5 bersaudara ini yang biasa disapa Iki sudah langganan mengikuti Model United Nations.

Tercatat alumni SMAN 2 Ciamis tahun 2015 ini pernah menjadi Best Delegate GGA UI Model United Nations-UNHCR 2015, Most Outstanding Delegate ALSA UNPAD Model United Nations - UNHCR 2016, Most Outstanding Delegate International Bandung Model United Nations - UNHCR 2016, Best Delegate ASEAN YOUTH GENERAL FORUM- ASEAN ECONOMY COMMUNITY UMY 2016, Best Delegate ASEAN Youth General Forum - General Assembly - South China Sea 2016 dan Verbal Commendations - SE UI MUN 2017.

“Belum lama ini saya terpilih menjadi 500 peserta terbaik dari 5.330 pendaftar untuk mengikuti Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) di Kuala Lumpur. MUN itu semacam lomba simulasi Sidang PBB, dimana setiap orang akan mewakili satu negara untuk menangani suatu kasus. Di sidang tersebut berlangsung debat, lobbying, diplomasi, analisis, research, leadership, dan kita layaknya presiden atau diplomat negaranya,” ungkap Iki yang aktif di President University Model United Nations Club dan memiliki IPK rata-rata 3,8.

Sebanyak 18 negara di Asia mengikuti 7 jenis sidang antara lain: ARF (ASEAN Regional Forum), UNHRC (United Nations Human Rights Council), UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organizations), UNHCR (United Nations High Commissioner For Refugees), IMF (International Monetary Fund), WHO (World Health Organizations) and OIC (Organizations of Islamic Coorperation). Iki sebagai juri di sidang IMF (International Monetary Fund)yang diikuti 170 delegasi yang mengangkat topik “Addressing Resettlement Planning of The Global Financial Assistance”.

Pada saat awarding session atau malam penganugrahan yang bertemakan cultural night, ada yang tampak berbeda dan menjadi pusat perhatian delegasi lainnya.

“Saat itu saya sebagai juri akan mengumumkan siapa pemenangnya. Berhubung saya asli Sunda, dan sekaligus Jajaka Jawa Barat 2015, maka saya ingin sekalian melakukan cultural diplomacy dengan menggunakan pakaian adat Sunda, jadi semua bisa tahu kalau saya asli Sunda Indonesia sehingga masyarakat internasional mengenal budaya Sunda,” ungkap Iki yang mendapat banyak pengalaman saat menjadi juri internasional, seperti networking dan persahabatan dengan delegasi dari Singapore, India, Malaysia dan Pakistan. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…