Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang Ramai Dikunjungi Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 08:58 WIB

Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura Tertua di Lumajang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura Tertua di Lumajang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Malang- Pura tertua yang terletak di kaki Gunung Semeru tepatnya di Jalan Serma Dohir, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang merupakan tempat ibadah para umat Hindu yang bermukim di Lumajang.

Pura tertua di Indonesia yang terletak di Lumajang, Jawa Timur yakni Pura Mandhara Giri Semeru Agung.


Menurut Astono, selaku staf humas dari Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura ini terdiri dari tiga kawasan. "Yang pertama itu saat pintu masuk namanya Wisma Mandala, lalu yang ke dua saat naik menuju tempat utama namanya Madya Mandala. Lalu yang paling atas Utama Mandala yang merupakan tempat sembahyangnya umat Hindu," ujarnya kepada Industry.co.id, yang saat itu berkesempatan melihat isi dalam Pura, Sabtu (11/11/2017).

Secara umum, Pura ini merupakan kiblat Umat Hindu untuk sembahyang di sini. "Misalnya saat pemujaan, atau tiap Purnama Kasa pada bulan Juli atau disebut juga Ulang Tahun yang dirayakan selama 11 hari," sambungnya.

Dikisahkan oleh Astono, jika dikaitkan dengan Gunung Semeru dengan Bali tidak dapat dipisahkan. Karena, bermula dari Gunung Semeru, yang merupakan gunung tertinggi dan disucikan sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Siwa Pasupati.

"Sebelum berkembang di Bali, umat Hindu berkembang di Kutai Kertanegara, setelah itu di Tarumanega, Jawa Barat. Lalu Majapahit setelah itu di Bali. Untuk itu, jika umat Hindu di Bali yang ke sini, mereka yang ingin mengingat kembali perjalanan leluhur mereka (napak tilas)," jelasnya.

"Artinya ini adalah tempat persembahyangan umat Hindu ibadah murni, tidak ada situs, peninggalan dan lain-lainnya," tambahnya.

Selain sebagai tempat beribadah umat Hindu juga dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan. Bahkan banyak turis asing yang berkunjung ke Pura tersebut.

"Kalau dijadikan tempat wisata, ya wisata religi. Biasanya wisatawan asing yang ke sini juga banyak seperti dari Australia, Swiss, Jerman. Bahkan ada yang datang dari Cina. Mereka biasanya datang dari Bali, lalu rutenya sebelum naik ke puncak B-29, datang ke pura ini dulu. Nah nanti pas turunnya baru lanjut lihat danau Ranu Pane, biasanya sih jalur destinasinya begitu,"  Katanya.

Walaupun pemerintah daerah sangat mendukung, dalam tiap kegiatan. Dimana para pejabat daerah selalu datang saling bersilaturahmi, tetapi Astono juga berharap dalam dukungan pemeliharaan Pura.

"Kami juga memohon, agar pemerintah daerah bisa bersinergilebih baik. Untuk pemeliharaan dan lain-lain karena, misalnya memberikan finasial untuk pemeliharaan Pura ini. Karena biasanya pemeliharaan ini murni dari dana umat yang sukarela memberikannya," tandasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano sambangi KPK, Senin (20/11/2017) Apresiasi langkah KPK Tahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 14:37 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia Beri Dukungan Buat KPK

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.