Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang Ramai Dikunjungi Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 08:58 WIB

Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura Tertua di Lumajang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura Tertua di Lumajang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Malang- Pura tertua yang terletak di kaki Gunung Semeru tepatnya di Jalan Serma Dohir, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang merupakan tempat ibadah para umat Hindu yang bermukim di Lumajang.

Pura tertua di Indonesia yang terletak di Lumajang, Jawa Timur yakni Pura Mandhara Giri Semeru Agung.


Menurut Astono, selaku staf humas dari Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Pura ini terdiri dari tiga kawasan. "Yang pertama itu saat pintu masuk namanya Wisma Mandala, lalu yang ke dua saat naik menuju tempat utama namanya Madya Mandala. Lalu yang paling atas Utama Mandala yang merupakan tempat sembahyangnya umat Hindu," ujarnya kepada Industry.co.id, yang saat itu berkesempatan melihat isi dalam Pura, Sabtu (11/11/2017).

Secara umum, Pura ini merupakan kiblat Umat Hindu untuk sembahyang di sini. "Misalnya saat pemujaan, atau tiap Purnama Kasa pada bulan Juli atau disebut juga Ulang Tahun yang dirayakan selama 11 hari," sambungnya.

Dikisahkan oleh Astono, jika dikaitkan dengan Gunung Semeru dengan Bali tidak dapat dipisahkan. Karena, bermula dari Gunung Semeru, yang merupakan gunung tertinggi dan disucikan sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Siwa Pasupati.

"Sebelum berkembang di Bali, umat Hindu berkembang di Kutai Kertanegara, setelah itu di Tarumanega, Jawa Barat. Lalu Majapahit setelah itu di Bali. Untuk itu, jika umat Hindu di Bali yang ke sini, mereka yang ingin mengingat kembali perjalanan leluhur mereka (napak tilas)," jelasnya.

"Artinya ini adalah tempat persembahyangan umat Hindu ibadah murni, tidak ada situs, peninggalan dan lain-lainnya," tambahnya.

Selain sebagai tempat beribadah umat Hindu juga dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan. Bahkan banyak turis asing yang berkunjung ke Pura tersebut.

"Kalau dijadikan tempat wisata, ya wisata religi. Biasanya wisatawan asing yang ke sini juga banyak seperti dari Australia, Swiss, Jerman. Bahkan ada yang datang dari Cina. Mereka biasanya datang dari Bali, lalu rutenya sebelum naik ke puncak B-29, datang ke pura ini dulu. Nah nanti pas turunnya baru lanjut lihat danau Ranu Pane, biasanya sih jalur destinasinya begitu,"  Katanya.

Walaupun pemerintah daerah sangat mendukung, dalam tiap kegiatan. Dimana para pejabat daerah selalu datang saling bersilaturahmi, tetapi Astono juga berharap dalam dukungan pemeliharaan Pura.

"Kami juga memohon, agar pemerintah daerah bisa bersinergilebih baik. Untuk pemeliharaan dan lain-lain karena, misalnya memberikan finasial untuk pemeliharaan Pura ini. Karena biasanya pemeliharaan ini murni dari dana umat yang sukarela memberikannya," tandasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:46 WIB

Portal Perlindungan Ditujukan untuk Pemberdayaan Konsumen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meluncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen www.konsumenindonesia.go.id yang menandai puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), dan ditujukan…

Iluastrasi Investasi-images IST

Rabu, 25 April 2018 - 11:41 WIB

China Akan Terus Tingkatkan Investasi di Indonesia

Keyakinan tumbuhnya investasi China ke Indonesia berdasarkan upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi.

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) (Foto Abe)

Rabu, 25 April 2018 - 11:39 WIB

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen Interim pada 15 Mei 2018

Setelah tertunda beberapa waktu lalu, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akhirnya akan membagikan dividen interim untuk tahun buku 2018 periode Januari-Maret sebesar Rp2,5 per saham kepada…

JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:33 WIB

Pengelola Kawasan Industri JIIPE Dukung Aturan Tax Holiday

Pengelola kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mendukung aturan baru mengenai fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau "tax holiday".

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.