PLN Serap Gas Proyek Jembaran Tiung Biru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 07:45 WIB

Sektor Migas (Foto Ist)
Sektor Migas (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Listrik Negara resmi membeli gas dari proyek Jambaran Tiung Biru di Blok Cepu, Jawa Timur, dengan ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara PT Pertamina dan PT PLN.

Penandatanganan PJBG tersebut disaksikan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar yang mengapresiasi sinergi BUMN tersebut dari kesepakatan harga gas yang dicapai Pertamina dan PLN.

"Harga gasnya sudah disepakati dan itu 'fixed' 30 tahun, 7,6 dolar AS per MMBTU flat selama 30 tahun," kata Wamen ESDM Arcandra di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Senin (13/11/2017)

Selain penandatanganan PJBG, Wamen ESDM Arcandra juga menyaksikan penyerahan dokumen pengalihan pengelolaan lapangan Jambaran Tiung Biru ke Pertamina EP Cepu. Sebelumnya, lapangan tersebut dikelola oleh ExxonMobil.

Adapun PT Pertamina EP Cepu (PEPC) telah menggelontorkan dana investasi senilai 1,547 miliar dolar AS untuk Proyek Unitisasi Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB).

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menyebutkan proyek JTB yang kapasitas produksinya mencapai 330 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) itu diproyeksikan menghasilkan penerimaan negara mencapai 3,61 miliar dolar AS atau lebih dari Rp48 triliun.

Seluruh produksi gas ini akan dipasok untuk kebutuhan dalam negeri. Adapun alokasi sebesar 100 MMSCFD diperuntukkan ke Pertamina, yang kemudian dialirkan ke PLN untuk kebutuhan listrik di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sementara itu, sebesar 72 MMSCFD akan dipasok untuk kebutuhan industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga gas di kepala sumur sebesar 6,7 dolar per juta british thermal unit (MMBTU), tetap (flat) selama 30 tahun. Dengan biaya toll fee sebesar 0,9 dolar per MMBTU, harga di pembangkit listrik PLN menjadi sebesar 7,6 dolar per MMBTU.

Pertamina melalui anak perusahaan, PT Pertamina Gas (Pertagas) juga tengah menyelesaikan pembangunan pipa Gresik-Semarang sepanjang 267 km dengan nilai investasi sekitar 515,7 juta dolar AS.

Dengan dukungan semua pihak, diharapkan proyek ini dapat mulai berproduksi (on stream) pada awal 2021

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…