Lydia Angraini, Dosen Muda President University yang Kembangkan Mobil Listrik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 30 Desember 2016 - 21:17 WIB

Dr. Eng. Lydia Angraini
Dr. Eng. Lydia Angraini

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai universitas bertaraf internasional yang memiliki lembaga research & development President University turut melakukan pengembangan mobil listrik di Indonesia .

Pada pertengahan 2016 terbentuklah Tim Pengembangan Mobil Listrik President University dibawah tanggung jawab Dr. Eng. Lydia Angraini, selaku Kaprodi Mechanical Engineering President University. Lydia merupakan dosen muda President University dan satu-satunya perempuan Indonesia dari 80 orang yang mendapat beasiswa Monbukagakusho dari Jepang pada tahun 2006.

Lydia bergabung dengan President University sejak tahun 2013, setelah lulus doktor dari Ritsumeikan University, di Kyoto Jepang.

Keputusannya memilih di President University karena memiliki Fakultas Mechanical Engineering dan berada di kawasan industri sehingga memudahkan para mahasiswanya untuk praktek langsung ke lapangan.

Meski awalnya ada kekhawatiran dari orang tua yang putrinya lebih tertarik ke bidang teknik mesin, namun akhirnya mereka bangga atas raihan prestasi Lydia saat ini.

Masuk kuliah di teknik mesin karena saya tertarik mempelajari cara kerja mobil, tertarik menggambar, dan matematika adalah favorit saya. Ibu saya bilang, nanti kamu tidak feminim lagi lho, dan akhirnya saya buktikan tidak tomboy, karena teknik mesin tidak selalu identik dengan oli, kebetulan orang tua PNS jadi mungkin masih awam, ujar Lydia.

Setelah sempat kerja, kemudian Lydia mendapatkan beasiswa S2 dari Jepang pada tahun 2006 hingga 2008, dan lanjut ke S3 tahun 2008 hingga 2012. Saat S2 Lydia mendalami MEMS (Micro Electro Mecanical System), belajar tentang sensor, transporter dan transformator untuk teknologi ukuran yang mikro (nanoteknologi). Sedangkan S3-nya ke arah Advanced Materials Science and Engineering dengan riset unggulan di bidang Powder Metallurgy.

Lidya mengungkapkan, saat kuliah di Jepang, dirinya juga bergabung ke dalam Research Associate yang membina mahasiswa S1 dan Master. Ketika lulus pun mengerjakan project bersama profesor dari Ritsumeikan University dan menghasilkan paten bernama 'Manufacturing Method for Ceramics Composites' yang baru keluar pada tahun 2015.

Pengembangan mobil listrik ini menurut Lidya dilatarbelakangi dari semakin menipisnya bahan bakar fosil.

Saat S1 saya pernah mengembangkan bahan bakar alternatif seperti dari minyak jarak, minyak jelantah dan biodiesel, namun terkendala bahan bakunya. Dari hal tersebut dan ilmu yang saya peroleh dari Jepang dimana pembakaran tidak harus berasal dari minyak, sehingga kami mencoba mengembangkan kendaraan berbahan bakar listrik karena lebih murah dan ramah lingkungan, ungkap Lydia.

Tim Pengembangan Mobil listrik terbagi ke dalam warking group, ada yang mengerjakan manufacturing sasisnya, bodinya dan sistem kelistrikkannya.

Saat ini kita sedang tahap pabrikasi bodi yang dibuat sendiri disainnya. Proyek ini dikerjakan oleh 7 dosen yang terdiri dari 5 doktor dan 2 master, serta dibantu beberapa mahasiswa. Sementara pihak manajemen sangat mendukung dari penyediaan bahan material dan tempat pabrikasi, yaitu di Laboratorium Mechanical Engineering Medical City, Kota Jababeka, ujar Lydia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…