Stok Menipis, Dongkrak Harga Minyak Kelapa Sawit di Pasar Global

Oleh : Hariyanto | Senin, 13 November 2017 - 16:01 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY co.id -Jakarta – Stok minyak kelapa sawit (CPO) di Indonesia dan Malaysia yang semakin menipis membawa dampak positif bagi harga sawit dipasar global. Sepanjang September 2017, harga harian CPO global bergerak di kisaran US$ 687,5 dollar AS–US$760 per metrik ton, dengan harga rata-rata US$724,9 per metrik ton.

“Harga rata-rata ini meningkat 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 676 dollar AS per metrik ton,” kata Togar Sitanggang Sekretaris Jenderal GAPKI dalam keterangan resmi, Sabtu (11/11/2017).

Geliat pasar CPO diperkirakan masih akan terus meningkat karena produksi kedelai pada bulan Agustus masih menurun karena kondisi cuaca kering di Amerika Selatan dan curah hujan yang tinggi di Brazil. Kondisi cuaca tersebut mengganggu hasil panen kedelai.

Guna memenuhi permintaan pasar global, stok minyak dalam negeri ditekan sehingga tidak terjadi peningkatan secara signifikan. Stok pada September ini tercatat 2,92 juta ton atau naik 8,5% dibandingkan dengan bulan Agustus sebesar 2,69 juta ton. (SI)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.