PGN Berkeinginan Untuk Tetap Terlibat Pada Eksplorasi Migas di Blok Sanga-sanga

Oleh : Hariyanto | Senin, 13 November 2017 - 10:41 WIB

Migas Ilustrasi
Migas Ilustrasi

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Bersikeras untuk tetap melanjutkan kontrak Blok Sanga-sanga di Kalimantan Timur setelah kontrak berakhir pada 7 Agustus 2018 mendatang.

PGN melalui anak usahanya yang bergerak di bidang hulu migas, Saka Energy, berdalih bahwa eksplorasi minyak dan gas bumi di Sanga-sanga tidak boleh turun menjelang masa berakhirnya kontrak operator.

"Kita itu sebenarnya ingin menyelamatkan sumur-sumur yang sudah mulai mau ditinggal pergi oleh operatornya," kata Dilo Seno Widagdo, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, di Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Ia menjelaaskan, PGN sebenarnya sudah efektif menjadi mitra dari operator Blok Sanga-sanga dengan mengempit saham 26,25% hasil akuisisi saham BP East Kalimantan sejak November 2016 lalu.

Namun, pemerintah akan memberikan blok Sanga-sanga ke Pertamina dengan hak partisipasi 100% usai berakhirnya kontrak irginia Indonesia Co LLC (VICO) tahun depan.

"Kita minta pertimbangan ke pemerintah ini mau dikembalikan ke Pertamina atau kita diberi kesempatan untuk meneruskan," terangnya.

Dia menuturkan, pihaknya akan melobi pemerintah untuk mempertimbangkan keinginan PGN supaya tetap terlibat di Blok Sanga-sanga.

"Yang punya hak pemerintah, kita hanya bilang untuk pertimbangkan, kan kita juga BUMN, harusnyakita juga bisa diberikan pertimbangan," terangnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.