Anak Usaha Intiland Development Siap Kembangkan 40 Hotel Baru

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 November 2017 - 09:42 WIB

PT Intiland Development Tbk (DILD) (Foto:beritasatu)
PT Intiland Development Tbk (DILD) (Foto:beritasatu)

INDUSTRY.co.id - Malang – PT Intiland Development Tbk (DILD), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang properti, akan mengembangkan 40 hotel baru di Indonesia. Itu dilakukan melalui anak usahanya, yakni PT Intiwhiz International.

“Untuk jangka panjang, kami berencana menambah jumlah hotel yang dioperasikan sendiri di bawah bendera Intiwhiz Hospital Management hingga 200 unit,” tulis Moedjianto S. Tjahjono, Direktur Utama Intiwhiz International, dalam siaran pers, Senin (13/11/2017).

Moedjianto mengemukakan, Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang yang secara resmi beroperasi sejak akhir pekan lalu tersebut merupakan hotel ke-22 yang dioperasikan oleh PT Intiwhiz International.

“Hingga kini, kami sudah mengoperasikan 22 unit hotel. Kami akan mengembangkan 40 hotel lagi. Kendati demikian, saya belum dapat memastikan waktu pengoperasian keempat puluh hotel tersebut. Sebagian lagi diurus perizinannya,” tukas Moedjianto.

PT Intiwhiz International mengembangkan hotel bintang 2, 3, dan 4, serta segmen baru hotel kapsul. Umumnya, investasi untuk hotel bintang 2 berkisar Rp38-40 miliar, bintang 3 sekitar Rp45 miliar dan bintang 4 antara Rp65-70 miliar.

Moedjianto mengatakan, pihaknya tidak khawatir dengan ketatnya persaingan di bisnis perhotelan saat ini. Kunci keberhasilan bisnis hotel adalah penentuan lokasi hotel tersebut.

Sekitar 90% dari semua hotel milik perseroan berada di lokasi strategis. Karena itu, perseroan dapat mempertahankan tingkat okupansi seluruh hotel hingga lebih dari 70%.

Bahkan, Whiz Prime Malang yang baru soft launching di awal bulan ini, tingkat okupansinya sudah mencapai 75%, atau lebih tinggi dibanding dengan rata-rata tingkat okupansi hotel di Malang yang sebesar 71%.

Tahun depan, demikian Moedjianto, PT Intiwhiz International akan kembali mengoperasikan 4 hotel baru. Keempatnya berlokasi di Bekasi, Karawang, Bandung dan Manado. Hingga akhir tahun ini, perseroan akan mengoperasian 6 unit hotel dengan total kamar sebanyak 600-700 unit.

Hingga pertengahan November 2017 ini, manajemen PT Intiwhiz International telah mengoperaasikan empat hotel. Rencananya dua hotel akan dioperasikan kembali di Padang dan Bromo pada akhir tahun ini. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…