Lumajang, Puncak B-29 dan Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 November 2017 - 09:30 WIB

Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Untuk kedua kalinya, Saya bersama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkunjung ke Puncak B-29. Lokasi ini, menjadi salah satu destinasi favorit Saya, karena keindahan alamnya, cuacanya yang sejuk serta keramah-tamahan penduduk yang mayoritasnya adalah suku Tengger.

Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Puncak B-29 berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki keindahan yang tiada tara. Karena, dari B-29, para wisatawan bisa melihat fenomena alam dari ke lima gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Lemongan dan Gunung Raung.

Penampakan Gunung Semeru dari Puncak B-29, Lumajang Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Berbeda dengan perjalanan Saya sebelumnya, Kami semua berangkat dari Malang pukul 00.30 WIB dengan menaiki mobil menuju Lumajang. Sekitar lima jam perjalanan untuk menempuh ke Lumajang, dan sampai di Lumajang kira-kira pukul 04.00 WIB. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Argosari, dan sampai di sana sekiranya pukul 05.00 WIB.

Kami semuanya memang berniat untuk mengejar matahari terbit, tetapi sayang sekali Kami semua tidak mendapatkan momen tersebut di puncak. Tetapi, kami melihatnya dari perjalanan di mobil. Tapi, tidak apa karena itu tidak kalah indah. Selama diperjalanan, kami semua disuguhkan pemandangan yang serba hijau, bukit yang ditanami tanaman sayur-sayuran, dan hawanya dingin namun sejuk sekali.

Sesampai dipermukiman penduduk, ojek-ojek pun sudah siap untuk membawa kami ke B-29. Dengan mengenakan seragam dan motornya, Bapak Kar (nama pengojek yang saya tumpangi) menancap gasnya melintasi bukit-bukit, serta tanaman khas yang ditanami oleh Penduduk Tengger.

Untuk menaiki ojek ini, para wisatawan hanya membayar Rp 75 ribu saja, dan itu termasuk berangkat dan pulang, serta para ojekpun setia menunggu kalian yang sedang berada di Puncak B-29.

Untuk mencapai puncak B-29, hanya sekitar 10 menit saja. Sesampai di sana, dingin tetapi untung saja ada matahari yang bersinar, jadi tidak terlalu dingin. Selain pemandangan Gunung Bromo, di sana terlihat juga sederetan Gunung Lemongan, Gunung Batok, Gunung Argopuro, Gunung Raung dan tentu saja Gunung Semeru.

Hawanya sangat dingin, sudah pakai dua lapis jaketpun dan sarung tangan masih tembus juga, tetapi tidak apa. Karena Kami semua disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata di B-29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak B-29 ini, adapun bulan-bulan tertentu yang bagus untuk pergi ke sana, yakni pada bulan Mei hingga September karena cuaca relatif normal. Serta, jika ingin melihat bintang bertaburan di langit para wisatawan bisa berkemah dari malam hari.

Diketahui, puncak B29 ini masih termasuk dalam Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.