Lumajang, Puncak B-29 dan Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 November 2017 - 09:30 WIB

Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Untuk kedua kalinya, Saya bersama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkunjung ke Puncak B-29. Lokasi ini, menjadi salah satu destinasi favorit Saya, karena keindahan alamnya, cuacanya yang sejuk serta keramah-tamahan penduduk yang mayoritasnya adalah suku Tengger.

Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Puncak B-29 berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki keindahan yang tiada tara. Karena, dari B-29, para wisatawan bisa melihat fenomena alam dari ke lima gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Lemongan dan Gunung Raung.

Penampakan Gunung Semeru dari Puncak B-29, Lumajang Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Berbeda dengan perjalanan Saya sebelumnya, Kami semua berangkat dari Malang pukul 00.30 WIB dengan menaiki mobil menuju Lumajang. Sekitar lima jam perjalanan untuk menempuh ke Lumajang, dan sampai di Lumajang kira-kira pukul 04.00 WIB. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Argosari, dan sampai di sana sekiranya pukul 05.00 WIB.

Kami semuanya memang berniat untuk mengejar matahari terbit, tetapi sayang sekali Kami semua tidak mendapatkan momen tersebut di puncak. Tetapi, kami melihatnya dari perjalanan di mobil. Tapi, tidak apa karena itu tidak kalah indah. Selama diperjalanan, kami semua disuguhkan pemandangan yang serba hijau, bukit yang ditanami tanaman sayur-sayuran, dan hawanya dingin namun sejuk sekali.

Sesampai dipermukiman penduduk, ojek-ojek pun sudah siap untuk membawa kami ke B-29. Dengan mengenakan seragam dan motornya, Bapak Kar (nama pengojek yang saya tumpangi) menancap gasnya melintasi bukit-bukit, serta tanaman khas yang ditanami oleh Penduduk Tengger.

Untuk menaiki ojek ini, para wisatawan hanya membayar Rp 75 ribu saja, dan itu termasuk berangkat dan pulang, serta para ojekpun setia menunggu kalian yang sedang berada di Puncak B-29.

Untuk mencapai puncak B-29, hanya sekitar 10 menit saja. Sesampai di sana, dingin tetapi untung saja ada matahari yang bersinar, jadi tidak terlalu dingin. Selain pemandangan Gunung Bromo, di sana terlihat juga sederetan Gunung Lemongan, Gunung Batok, Gunung Argopuro, Gunung Raung dan tentu saja Gunung Semeru.

Hawanya sangat dingin, sudah pakai dua lapis jaketpun dan sarung tangan masih tembus juga, tetapi tidak apa. Karena Kami semua disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata di B-29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak B-29 ini, adapun bulan-bulan tertentu yang bagus untuk pergi ke sana, yakni pada bulan Mei hingga September karena cuaca relatif normal. Serta, jika ingin melihat bintang bertaburan di langit para wisatawan bisa berkemah dari malam hari.

Diketahui, puncak B29 ini masih termasuk dalam Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:46 WIB

Portal Perlindungan Ditujukan untuk Pemberdayaan Konsumen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meluncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen www.konsumenindonesia.go.id yang menandai puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), dan ditujukan…

Iluastrasi Investasi-images IST

Rabu, 25 April 2018 - 11:41 WIB

China Akan Terus Tingkatkan Investasi di Indonesia

Keyakinan tumbuhnya investasi China ke Indonesia berdasarkan upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi.

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) (Foto Abe)

Rabu, 25 April 2018 - 11:39 WIB

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen Interim pada 15 Mei 2018

Setelah tertunda beberapa waktu lalu, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akhirnya akan membagikan dividen interim untuk tahun buku 2018 periode Januari-Maret sebesar Rp2,5 per saham kepada…

JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:33 WIB

Pengelola Kawasan Industri JIIPE Dukung Aturan Tax Holiday

Pengelola kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mendukung aturan baru mengenai fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau "tax holiday".

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.