Lumajang, Puncak B-29 dan Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 November 2017 - 09:30 WIB

Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Untuk kedua kalinya, Saya bersama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkunjung ke Puncak B-29. Lokasi ini, menjadi salah satu destinasi favorit Saya, karena keindahan alamnya, cuacanya yang sejuk serta keramah-tamahan penduduk yang mayoritasnya adalah suku Tengger.

Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Puncak B-29 berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki keindahan yang tiada tara. Karena, dari B-29, para wisatawan bisa melihat fenomena alam dari ke lima gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Lemongan dan Gunung Raung.

Penampakan Gunung Semeru dari Puncak B-29, Lumajang Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Berbeda dengan perjalanan Saya sebelumnya, Kami semua berangkat dari Malang pukul 00.30 WIB dengan menaiki mobil menuju Lumajang. Sekitar lima jam perjalanan untuk menempuh ke Lumajang, dan sampai di Lumajang kira-kira pukul 04.00 WIB. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Argosari, dan sampai di sana sekiranya pukul 05.00 WIB.

Kami semuanya memang berniat untuk mengejar matahari terbit, tetapi sayang sekali Kami semua tidak mendapatkan momen tersebut di puncak. Tetapi, kami melihatnya dari perjalanan di mobil. Tapi, tidak apa karena itu tidak kalah indah. Selama diperjalanan, kami semua disuguhkan pemandangan yang serba hijau, bukit yang ditanami tanaman sayur-sayuran, dan hawanya dingin namun sejuk sekali.

Sesampai dipermukiman penduduk, ojek-ojek pun sudah siap untuk membawa kami ke B-29. Dengan mengenakan seragam dan motornya, Bapak Kar (nama pengojek yang saya tumpangi) menancap gasnya melintasi bukit-bukit, serta tanaman khas yang ditanami oleh Penduduk Tengger.

Untuk menaiki ojek ini, para wisatawan hanya membayar Rp 75 ribu saja, dan itu termasuk berangkat dan pulang, serta para ojekpun setia menunggu kalian yang sedang berada di Puncak B-29.

Untuk mencapai puncak B-29, hanya sekitar 10 menit saja. Sesampai di sana, dingin tetapi untung saja ada matahari yang bersinar, jadi tidak terlalu dingin. Selain pemandangan Gunung Bromo, di sana terlihat juga sederetan Gunung Lemongan, Gunung Batok, Gunung Argopuro, Gunung Raung dan tentu saja Gunung Semeru.

Hawanya sangat dingin, sudah pakai dua lapis jaketpun dan sarung tangan masih tembus juga, tetapi tidak apa. Karena Kami semua disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata di B-29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak B-29 ini, adapun bulan-bulan tertentu yang bagus untuk pergi ke sana, yakni pada bulan Mei hingga September karena cuaca relatif normal. Serta, jika ingin melihat bintang bertaburan di langit para wisatawan bisa berkemah dari malam hari.

Diketahui, puncak B29 ini masih termasuk dalam Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano sambangi KPK, Senin (20/11/2017) Apresiasi langkah KPK Tahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 14:37 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia Beri Dukungan Buat KPK

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.