Lumajang, Puncak B-29 dan Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 November 2017 - 09:30 WIB

Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Untuk kedua kalinya, Saya bersama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkunjung ke Puncak B-29. Lokasi ini, menjadi salah satu destinasi favorit Saya, karena keindahan alamnya, cuacanya yang sejuk serta keramah-tamahan penduduk yang mayoritasnya adalah suku Tengger.

Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Puncak B-29 berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki keindahan yang tiada tara. Karena, dari B-29, para wisatawan bisa melihat fenomena alam dari ke lima gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Lemongan dan Gunung Raung.

Penampakan Gunung Semeru dari Puncak B-29, Lumajang Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Berbeda dengan perjalanan Saya sebelumnya, Kami semua berangkat dari Malang pukul 00.30 WIB dengan menaiki mobil menuju Lumajang. Sekitar lima jam perjalanan untuk menempuh ke Lumajang, dan sampai di Lumajang kira-kira pukul 04.00 WIB. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Argosari, dan sampai di sana sekiranya pukul 05.00 WIB.

Kami semuanya memang berniat untuk mengejar matahari terbit, tetapi sayang sekali Kami semua tidak mendapatkan momen tersebut di puncak. Tetapi, kami melihatnya dari perjalanan di mobil. Tapi, tidak apa karena itu tidak kalah indah. Selama diperjalanan, kami semua disuguhkan pemandangan yang serba hijau, bukit yang ditanami tanaman sayur-sayuran, dan hawanya dingin namun sejuk sekali.

Sesampai dipermukiman penduduk, ojek-ojek pun sudah siap untuk membawa kami ke B-29. Dengan mengenakan seragam dan motornya, Bapak Kar (nama pengojek yang saya tumpangi) menancap gasnya melintasi bukit-bukit, serta tanaman khas yang ditanami oleh Penduduk Tengger.

Untuk menaiki ojek ini, para wisatawan hanya membayar Rp 75 ribu saja, dan itu termasuk berangkat dan pulang, serta para ojekpun setia menunggu kalian yang sedang berada di Puncak B-29.

Untuk mencapai puncak B-29, hanya sekitar 10 menit saja. Sesampai di sana, dingin tetapi untung saja ada matahari yang bersinar, jadi tidak terlalu dingin. Selain pemandangan Gunung Bromo, di sana terlihat juga sederetan Gunung Lemongan, Gunung Batok, Gunung Argopuro, Gunung Raung dan tentu saja Gunung Semeru.

Hawanya sangat dingin, sudah pakai dua lapis jaketpun dan sarung tangan masih tembus juga, tetapi tidak apa. Karena Kami semua disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata di B-29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak B-29 ini, adapun bulan-bulan tertentu yang bagus untuk pergi ke sana, yakni pada bulan Mei hingga September karena cuaca relatif normal. Serta, jika ingin melihat bintang bertaburan di langit para wisatawan bisa berkemah dari malam hari.

Diketahui, puncak B29 ini masih termasuk dalam Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) (Foto ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:36 WIB

Vale Refisi Target Produksi Menjadi 75.000 Metrik Ton

PT Vale Indonesia Tbk perusahaan tambang nikel merevisi target produksi selama tahun 2018 menjadi 75.000 metrik ton dari rencana sebelumnya yaitu 77.000 metrik ton.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam upaya membantu rakyat Palestina

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

BAZNAS dan UNRWA Tandatangani Kerja Sama Bantu Rakyat Palestina

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menandatangani perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dalam upaya memberikan bantuan…

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Astra International Yakin Ekspor Bisa Lebih Besar

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, meyakini bahwa potensi jumlah ekspor yang dimiliki Indonesia masih bisa jauh lebih besar dari realisasi jumlah ekspor Indonesia…

Peluncuran Sandimas Home Center

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:29 WIB

Jawab Kebutuhan Pelanggan, Sandimas Hadirkan Sandimas Home Center di Jakarta Utara

Dengan distribusi yang luas dan telah merambah seluruh kota besar di indonesia, Sandimas selalu berusaha untuk menjaga ketersediaan stock produk serta memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.…

Mentan Amran Sulaiman

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:24 WIB

Cek Kesiapan HPS 38, Mentan Amran: Lahan Rawa Obat Paceklik

Jakarta - Kementerian Pertanian optimis kesiapan peringatan Hari Pangan Sedunia ke 38 tahun 2018 yang digelar tanggal 18 hingga 21 Oktober di Kalimantan Selatan mampu memberikan terobosan…