14 Kerjasama Sektor Infrastruktur RI-Korsel Capai US$ 1,9 Miliar

Oleh : Ridwan | Senin, 13 November 2017 - 05:46 WIB

Presiden Jokowi-Presiden Moon menyaksikan penandatanganan MoU di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (9/1. (Foto: Humas/Oji)
Presiden Jokowi-Presiden Moon menyaksikan penandatanganan MoU di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (9/1. (Foto: Humas/Oji)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia dan Korea Selatan bersepakat untuk menandatangani kesepakatan bisnis yang meliputi sektor infrastruktur, energi dan teknologi. Penandatanganan ini dilakukan bersamaan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Korsel, Moon Jae-in ke Indonesia pada 8-10 November 2017.

Adapun kerjasama yang ditandatangani meliputi 10 memorandum of understanding (MoU), 1 minutes of agreement (MoA), dan 3 kesepakatan dengan nilai mencapai US$ 1,9 Miliar. 

Usai penandatanganan sejumlah kesepakatan bisnis, Presiden Korsel, Jae-in mengatakan bahwa Indonesia adalah mitra strategis bagi Korsel di sektor ekonomi di Asia. "Hal itu membuat kami ingin menjadi negara yang paling depan dalam menjalin kerjasama strategis dengan Indonesia," ungkap Jae-in di Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia pun berjanji akan menjadikan Indonesia sebagai poros diplomasi dan kerja sama baru di Asia selain dengan China dan Jepang.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan, Korsel merupakan mitra dagang utama bagi Indonesia. Pemerintah Indonesia, menurutnya, juga tengah memacu kerja sama di sejumlah sektor baru dengan Negeri Gingseng, seperti ekonomi kreatif dan pariwisata.

Korsel melihat Indonesia sebagai negara dengan potensi kerja sama yang dapat terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Ini akan menjadi opportunity tersendiri bagi kita," ujar Rosan.

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan Korsel telah memiliki ataupun merencanakan investasi besar di Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan baja raksasa asal Negeri Gingseng yakni POSCO yang memiliki bisnis patungan dengan Krakatau Steel Indonesia. Selain itu ada pula Hyundai Motor  yang mendirikan pabrik mobil dan Samsung Elwctronics.co yang merakit produk smartphone di Indonesia. 

Disisi lain, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, pihaknya tua mendorong realisasi investasi para pelaku industri Korsel yang berkomitmen ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Misalnya, Lotte Chemical Titan yang akan berinvestasi sebesar US$ 3,5 miliar di Cilegon, Banten.

Saat ini, lanjut Airlangga, Kementerian Perindustrian memfokuskan industri Petrokimia sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan pembangunannya di dalam negeri karena berperan penting sebagai pemasok bahan baku bagi banyak manufaktur hilir seperti industri plastik, tekstil, cat, kosmetika, hingga farmasi. 

Sementara di sektor industri baja, pengusaha kedua negara akan bermitra dengan Jepang untuk membangun pabrik penghasil cold rolling Mill atau baja cabai dingin. "Jadi kerjasamanya antara Krakatau Posco dan Nippon Steel, karena end user-nya dibawah Jepang untuk sektor otomotif. Targetnya 2019 sudah dimulai," tutur Airlangga.

Sementara itu, berdasarkan catatan BKPM sepanjang Januari-Sepember 2017, nilai perdagangan Indonesia dengan. Korsel mencapai US$ 10 miliar. Pada periode yang sama, nilai investasi langsung asing (FDI) Korsel ke Indonesia berhasil naik menjadi US$ 137 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano sambangi KPK, Senin (20/11/2017) Apresiasi langkah KPK Tahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 14:37 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia Beri Dukungan Buat KPK

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.