Pengelola Wisata Mangunan Bantul Targetkan Tersedia 105 Homestay

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 12 November 2017 - 11:25 WIB

Homestay - foto IST
Homestay - foto IST

INDUSTRY.co.id - Bantul- Pengelola Desa Wisata Mangunan Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan mempunyai 105 "homestay" atau tempat menginap bagi tamu wisatawan guna memajukan wisata perdesaan itu.

"Paling tidak saya target separuh dari jumlah KK (kepala keluarga) di Pedukuhan Mangunan akan mempunyai `homestay`. Kalau setengah dari pendudukan Mangunan itu, berarti sekitar 105 `homestay`," kata pengelola Desa Wisata Mangunan Purwo Harsono di Bantul, Sabtu (11/11/2017)

Menurut dia, "homestay" atau rumah milik warga di tengah-tengah perdesaan penting guna menampung wisatawan yang lebih lama tinggal di desa wisata, sementara saat ini di desa wisata Mangunan Dlingo baru mempunyai 25 "homestay".

"Artinya, `kan jumlahnya masih jauh dari yang kita harapkan, apalagi dari jumlah itu yang benar-benar siap baru sekitar 16 `homestay`. Makanya, target ke depan seperti itu setidaknya terus bertambah jumlahnya," katanya.

"Homestay" yang dikembangkan masyarakat Mangunan tidak harus berupa rumah besar dengan konsep modern seperti hotel, tetapi bisa rumah kecil yang mempunyai fasilitas standar dan nyaman ditinggali.

"Jadi, ketika `homestay` dari rumah kecil saya minta standar, bukan rumah bagus, melainkan rumah yang bersih lingkungan, tertata, rapi, toiletnya nyaman, kalau model toilet `kan sebenarnya tidak begitu mahal," katanya seperti dilansir Antara.

Selain bersih, lanjut dia, juga penataan lingkungan kawasan "homestay". Hal ini akan menjadi daya tarik wisatawan menginap atau tinggal lebih lama, bahkan yang sangat ditekankan adalan nuansa perdesaan tidak dihilangkan.

"Ini yang kami coba terus mengubah pola pikir masyarakat ke sana. Ini belum selesai karena masih susah, apalagi dia selalu bilang `la, rumahku jelek, kok` yang seperti itu susah diubah," katanya.

Ia menyebut total destinasi di Desa Mangunan yang sudah berkembang sejak 2 tahun lalu itu saat ini ada belasan titik yang menawarkan potensi wisata berupa hutan pinus, pemandangan alam, puncak, serta spot-spot untuk swafoto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.