Banyuwangi Ethno Carnival Dilaksanakan Bergotong Royong

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 12 November 2017 - 05:14 WIB

Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC
Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan perhelatan "Banyuwangi Ethno Carnival" yang sudah digelar sejak 2011 tidak menggunakan "event organizer" melainkan dengan bergotong-royong.

"Acara ini dibuat bersama-sama oleh pemerintah daerah, masayrakat, seniman, budayawan dan juga sanggar seni," kata Anas saat pergelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017)

Dia mengatakan hal itu yang membedakan perhelatan karnaval busana di Jember dan di Banyuwangi.

Dengan bekerja sama maka banyak hal positif yang diterima oleh masyarakat Banyuwangi, salah satunya peningkatan pendapatan per kapita.

Saat ini Banyuwangi dapat melaksanakan 72 acara dalam setahun dan telah meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

"Kalau dulu kunjungan wisatawan ke Banyuwangi hanya 500 ribu orang per tahun, sekarang sudah mencapai 4,3 juta per tahun, begitu juga pendapatan per kapita. Kalau dulu 14 juta per orang per tahun, sekarang mencapai 41 juta per orang per tahun," kata dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, gelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" dapat meningkatkan ekonomi rakyat Banyuwangi, Jawa Timur.

"Festival seperti ini diharapkan memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat dan usaha kecil menengah di Kabupaten Banyuwangi," kata Puan.

"Banyuwangi Ethno Carnival 2017" ini mengusung tema "Majestic Ijen" yang memperlihatkan keagungan Gunung Ijen yang dibanggakan oleh masyarakat Banyuwangi.

Eksplorasi Gunung Ijen disuguhkan melalui peragaan kostum bertema penambang belerang, api biru dan panorama Kawah Ijen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Ampera Palembang

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:02 WIB

Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1962 dan selesai tahun 1965 tersebut memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…