Banyuwangi Ethno Carnival Dilaksanakan Bergotong Royong

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 12 November 2017 - 05:14 WIB

Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC
Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan perhelatan "Banyuwangi Ethno Carnival" yang sudah digelar sejak 2011 tidak menggunakan "event organizer" melainkan dengan bergotong-royong.

"Acara ini dibuat bersama-sama oleh pemerintah daerah, masayrakat, seniman, budayawan dan juga sanggar seni," kata Anas saat pergelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017)

Dia mengatakan hal itu yang membedakan perhelatan karnaval busana di Jember dan di Banyuwangi.

Dengan bekerja sama maka banyak hal positif yang diterima oleh masyarakat Banyuwangi, salah satunya peningkatan pendapatan per kapita.

Saat ini Banyuwangi dapat melaksanakan 72 acara dalam setahun dan telah meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

"Kalau dulu kunjungan wisatawan ke Banyuwangi hanya 500 ribu orang per tahun, sekarang sudah mencapai 4,3 juta per tahun, begitu juga pendapatan per kapita. Kalau dulu 14 juta per orang per tahun, sekarang mencapai 41 juta per orang per tahun," kata dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, gelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" dapat meningkatkan ekonomi rakyat Banyuwangi, Jawa Timur.

"Festival seperti ini diharapkan memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat dan usaha kecil menengah di Kabupaten Banyuwangi," kata Puan.

"Banyuwangi Ethno Carnival 2017" ini mengusung tema "Majestic Ijen" yang memperlihatkan keagungan Gunung Ijen yang dibanggakan oleh masyarakat Banyuwangi.

Eksplorasi Gunung Ijen disuguhkan melalui peragaan kostum bertema penambang belerang, api biru dan panorama Kawah Ijen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…