Banyuwangi Ethno Carnival Dilaksanakan Bergotong Royong

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 12 November 2017 - 05:14 WIB

Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC
Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan perhelatan "Banyuwangi Ethno Carnival" yang sudah digelar sejak 2011 tidak menggunakan "event organizer" melainkan dengan bergotong-royong.

"Acara ini dibuat bersama-sama oleh pemerintah daerah, masayrakat, seniman, budayawan dan juga sanggar seni," kata Anas saat pergelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017)

Dia mengatakan hal itu yang membedakan perhelatan karnaval busana di Jember dan di Banyuwangi.

Dengan bekerja sama maka banyak hal positif yang diterima oleh masyarakat Banyuwangi, salah satunya peningkatan pendapatan per kapita.

Saat ini Banyuwangi dapat melaksanakan 72 acara dalam setahun dan telah meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

"Kalau dulu kunjungan wisatawan ke Banyuwangi hanya 500 ribu orang per tahun, sekarang sudah mencapai 4,3 juta per tahun, begitu juga pendapatan per kapita. Kalau dulu 14 juta per orang per tahun, sekarang mencapai 41 juta per orang per tahun," kata dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, gelaran "Banyuwangi Ethno Carnival" dapat meningkatkan ekonomi rakyat Banyuwangi, Jawa Timur.

"Festival seperti ini diharapkan memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat dan usaha kecil menengah di Kabupaten Banyuwangi," kata Puan.

"Banyuwangi Ethno Carnival 2017" ini mengusung tema "Majestic Ijen" yang memperlihatkan keagungan Gunung Ijen yang dibanggakan oleh masyarakat Banyuwangi.

Eksplorasi Gunung Ijen disuguhkan melalui peragaan kostum bertema penambang belerang, api biru dan panorama Kawah Ijen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:46 WIB

Portal Perlindungan Ditujukan untuk Pemberdayaan Konsumen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meluncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen www.konsumenindonesia.go.id yang menandai puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), dan ditujukan…

Iluastrasi Investasi-images IST

Rabu, 25 April 2018 - 11:41 WIB

China Akan Terus Tingkatkan Investasi di Indonesia

Keyakinan tumbuhnya investasi China ke Indonesia berdasarkan upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi.

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) (Foto Abe)

Rabu, 25 April 2018 - 11:39 WIB

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen Interim pada 15 Mei 2018

Setelah tertunda beberapa waktu lalu, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akhirnya akan membagikan dividen interim untuk tahun buku 2018 periode Januari-Maret sebesar Rp2,5 per saham kepada…

JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:33 WIB

Pengelola Kawasan Industri JIIPE Dukung Aturan Tax Holiday

Pengelola kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mendukung aturan baru mengenai fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau "tax holiday".

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.