Menteri PPN: Membangun Infrastruktur Bukan Pilihan Melainkan Keharusan

Oleh : Ridwan | Rabu, 08 November 2017 - 12:35 WIB

Kepala Bappenas, Ketum KADIN, Dirjen Bina Kontruksi Kemen PUPR di acara Indonesia Investment Week 2017 di Jakarta (dok-INDUSTY.co.id)
Kepala Bappenas, Ketum KADIN, Dirjen Bina Kontruksi Kemen PUPR di acara Indonesia Investment Week 2017 di Jakarta (dok-INDUSTY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, saat ini Indonesia masih belum menjadi negara dengan tahapan maju dari sisi emarging economi. Menurutnya, untuk menjadi negara maju salah satu kriterianya adalah masuk dalam kategori High Income Country.

"Kondisi ini bukan berlaku untuk selamanya. Kita lihat pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun rata-rata sebesar 5 persen. Kalau pertumbuhan ini bisa terus dijaga, tahun 2045 tepat 100 tahun kemerdekaan, Indonesia akan menjadi negara High Income Country atau negara maju," ujar Bambang dalam acara Indonesia Infrastructure Week 2017 di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Ia menambahkan, kondisi global maupun di Indonesia saat ini penuh tantangan untuk menjaga pertumbuhan minimal 5 persen. Ditambah lagi potensi PDB Indonesia ada gejala menurun menuju 5 persen. "Harus ada upaya dan terobosan lebih untuk dapat meningkatkan kualitas SDM. teknologi yang lebih tinggi dalam pembangunan, dab banyak hal lainnya. Yang terpenting kita harus membangun infrastruktur yang menjadi aspek reformasi struktural, dan itu harus dilakukan," terangnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, kalau kita lihat stocks infrastructure Indonesia terhadap PDB di tahun 2012 hanya 38 persen. Angka ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan India (58%), China (76%), Polandia (78%), Afrika Selatan (87%).

"Kriteria negara maju ialah stocks infrastructure-nya besar dan membangun infrastruktur bukan pilihan melainkan keharusan," tambah Bambang.

Menurutnya, tidak semua proyek infrastruktur yang sedang dibangun bisa dinikmati oleh pemerintahan yang sekarang menjabat, bisa saja di pemerintahan yang selanjutnya. "Harus punya keikhlasan dari pemerintah untuk membangun infrastruktur demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik," ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan, investasi di industri konstruksi saat ini sudah mulai meningkat yaitu di sektor properti dan infrastruktur. "Sektor properti geliat perumahan menengah kebawah masih tinggi, dari situlah kita bisa melihat sektor konsumsi menjadi pertumbuhan yang paling pesat diantara yang lain di triwulan III-2017," ucapnya.

Bambang berharap dengan percepatan proyek pembangunan yang digencarkan oleh pemerintah saat ini dapat meningkatkan gairah investasi sektor infrastruktur di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…