Ambisi Yohanes Sejahterakan Petani Melalui Platform Digital

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 08 November 2017 - 07:25 WIB

Crowde Platform Finansial Digital Bersama Khusus Agrikultur
Crowde Platform Finansial Digital Bersama Khusus Agrikultur

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Perkembangan industri finansial teknologi atau Fintech di tanah air kian melesat. Peran fintech akan semakin besar dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Indonesia, khususnya dalam penggalakan transaksi  uang elektronik berbasis mobile. Hal ini juga sejalan dengan ajakan pemerintah dalam gerakan nasional non tunai (GNNT) yang bergulir sejak 2014 lalu.

Peranan fintech akan semakin luas diberbagai lini ekonomi dan akan terus diperlukan. Kedepannya, tidak salah jika industri Fintech ini menjadi salah satu tulang punggung utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan finansial tanah air.

Bagi Anda yang berminat investasi di finansial digital, kini hadir Crowde aplikasi digital yang mempertemukan antara investor dengan para petani dan peternak.

Berikut ini wawancara Majalah INDUSTRY dengan CEO Crowde.co, Yohanes Sugihtononugroho dalam ketertarikannya menggeluti bisnis Fintech sektor agrikultur.

Apa yang membuat Anda Tertarik Terjun di Fintech Agrikultur?

Sektor pertanian, perikanan dan peternakan tergolong masih sangat besar namun belum dioptimalkan secara maksimal. Selain itu, nasib para petani dan peternak pun benar-benar mengkhawatirkan. Selain harga jual produk yang seringkali rendah karena dimonopoli oleh para tengkulak, petani dan peternak pun tidak jarang terjebak pada skema rentenir dan lintah darat.

Bisa Ceritakan Trend Fintech yang Anda Kelola dan Bagaimana Kinerjanya?

Platform ini merupakan salah satu cara mencegah petani meminjam uang dari rentenir. Di portal Crowde.co ditampilkan deretan proyek pertanian yang layak di danai. Dalam tampilannya, Crowde.co mencantumkan beberapa informasi penting tanpa ekspketasi profit, resiko profil petani, skema bisnis dan lokasi proyek.

 Berapa Banyak yang Menggunakan Fintech di Agrikultur ini?

Hingga saat ini para petani yang bekerjasama dengan Crowde berjumlah 5.000 petani yang tersebar dimana-mana dan Crowde memiliki 500 project, serta 10.000 investor.

Bagaimana cara Fintech Anda dalam Mengelola Resiko?

Pada prinsipnya, Crowde memberikan penilaian berupa estimasi bagi hasil, tingkat resiko usaha, modal yang dibutuhkan dan jangka waktu investasi, agar para investor dapat mengambil keputusan investasi lebih baik dan sesuai dengan profil investor. Apakah ingin yang aman, sedang atau yang high risk return. Mulai dari 10.000 rupiah saja, para investor dapat memilih sendiri pada proyek mana saja ia akan berinvestasi.

Untuk profil Crowde.co selengkapnya akan dipublikasikan di majalah INDUSTRY.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.