Pertumbuhan Ritel Melambat, Kadin Minta Pengusaha Lakukan Penyesuaian Model Usaha

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 November 2017 - 16:10 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan, saat ini pengusaha ritel sedang melakukan adjustment (penyesuaian) model usaha. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi transaksi online yang makin marak.

Menurutnya,  jika sekarang banyak ritel yang menutup outletnya, hal tersebut tidak mesti dilihat sebagai indikasi bahwa daya beli menurun dan usaha retail merugi. Dia menilai itu bukan karena terjadi perlambatan semata.

"Yang mau saya sampaikan juga ini ritel banyak yang tutup bukan semata karena perlambatan tapi juga karena mereka mereposisi bisnis model mereka," ujar Rosan di Jakarta (7/11/2017).

Lebih lanjut, Rosan mengatakan, para pelaku retail mulai melakukan upaya antisipasi terhadap porsi online yang akan semakin membesar, walaupun sekarang masih kecil sekitar 2 persen.

"Jadi, untuk outlet yang biasa saja mereka reposisi bisnis modelnya, buka buka outlet lain yang sifatnya lebih terintegrasi kepada online mereka karena itu dianggap sebagai warehousenya," kata dia.

Menurutnya, dengan melakukan penyesuaian model bisnis, tentunya pengusaha ritel diharapkan dapat lebih siap menghadapi persaingan di era digital.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga pada kuartal III-2017 tumbuh melambat menjadi 4,93% dibandingkan kuartal II-2017 sebesar 4,95% (q to q). Perlambatan terlihat pada konsumsi di sektor makanan minuman, alas kaki, dan perumahan.

Menanggapi hal tersebut, menurut Rosan walaupun melambat dibandingkan kuartal II-2017, tetapi konsumsi kuartal III lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2016. Menurutnya,  pertumbuhan konsumsi memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Pastinya pertumbuhan kita akan berdampak karena konsumsi kita kontribusinya paling gede 50% lebih. Otomatis itu pasti turun," jelasnya.

Namun, kondisi di atas, kata Rosan akan terbantu oleh ekspor seiring terjadinya perbaikan harga-harga komoditas. Kata dia juga, pada kuartal IV ada kemungkinan terjadi perbaikan dibandingkan capaian kuartal III.

"Walaupun enggak ideal, saya melihatnya nih kuarter depan akan baik karena kontrak-kontrak yang terutama batu bara kan mereka 6 bulan ke depan jadi jatuhnya di quarter ini. Jadi mestinya kuartal ini lebih baik karena dibantu naiknya harga komoditas," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…