Kuartal III 2017, Produksi Karet Kirana Megantara Naik 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 November 2017 - 12:25 WIB

Kebun Karet Ilustrasi (ist)
Kebun Karet Ilustrasi (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) mencatatkan kenaikan volume produksi karet pada kuartal III tahun 2017. Produksi karet periode Januari hingga September 2017 naik lebih dari 10%.

Direktur Kirana Megatara, Daniel Tirta Kristiadi mengatakan, produksi karet KMTR tercatat sekitar 400.000 ton. Angka tersebut dinilai Daniel masih sesuai dengan target yang dipasang oleh KMTR.

Kenaikan produksi dinilai akibat perbaikan harga karet. Perbaikan harga tersebut berdampak kepada ketertarikan petani karet untuk melakukan produksi. " Pada tahun sebelumnya, saat kuartal I harga rendah sehingga produksi ikut turun," kata Daniel.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, saat ini harga karet sudah lebih baik. "Harga saat ini lebih baik dari tahun lalu walaupun masih belum mencapai harga yang remunerative bagi petani kita," terang Daniel.

Saat ini harga karet masih berada pada kisaran US$ 1,5 per kilogram (kg). Sementara tahun 2016, harga karet hanya sebesar US$ 1 per kg. Namun, hargaremunerative menurut Daniel berkisar pada angka US$ 1,7 per kg.

Harga tinggi akan berdampak pada pendapatan petani karet. Pendapatan tersebut akan meningkatkan minat menanam petani karet sehingga keberlangsungan bahan baku dapat terjaga.

Meski begitu diperlukan bantuan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan industri karet. Hal itu bisa dilakukan dengan intensifikasi program peremajaan karet. Selain itu juga dapat dilakukan bantuan kredit kepada petani karet.

KMTR menargetkan produksi karet hingga akhir tahun 2017 sebesar 500.000 ton. Angka tersebut tidak banyak bertambah dari pencapaian kuartal III.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…