Kuartal III 2017, Produksi Karet Kirana Megantara Naik 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 November 2017 - 12:25 WIB

Kebun Karet Ilustrasi (ist)
Kebun Karet Ilustrasi (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) mencatatkan kenaikan volume produksi karet pada kuartal III tahun 2017. Produksi karet periode Januari hingga September 2017 naik lebih dari 10%.

Direktur Kirana Megatara, Daniel Tirta Kristiadi mengatakan, produksi karet KMTR tercatat sekitar 400.000 ton. Angka tersebut dinilai Daniel masih sesuai dengan target yang dipasang oleh KMTR.

Kenaikan produksi dinilai akibat perbaikan harga karet. Perbaikan harga tersebut berdampak kepada ketertarikan petani karet untuk melakukan produksi. " Pada tahun sebelumnya, saat kuartal I harga rendah sehingga produksi ikut turun," kata Daniel.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, saat ini harga karet sudah lebih baik. "Harga saat ini lebih baik dari tahun lalu walaupun masih belum mencapai harga yang remunerative bagi petani kita," terang Daniel.

Saat ini harga karet masih berada pada kisaran US$ 1,5 per kilogram (kg). Sementara tahun 2016, harga karet hanya sebesar US$ 1 per kg. Namun, hargaremunerative menurut Daniel berkisar pada angka US$ 1,7 per kg.

Harga tinggi akan berdampak pada pendapatan petani karet. Pendapatan tersebut akan meningkatkan minat menanam petani karet sehingga keberlangsungan bahan baku dapat terjaga.

Meski begitu diperlukan bantuan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan industri karet. Hal itu bisa dilakukan dengan intensifikasi program peremajaan karet. Selain itu juga dapat dilakukan bantuan kredit kepada petani karet.

KMTR menargetkan produksi karet hingga akhir tahun 2017 sebesar 500.000 ton. Angka tersebut tidak banyak bertambah dari pencapaian kuartal III.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Airlangga Hartarto ( Dok Menperin )

Rabu, 22 November 2017 - 20:07 WIB

Pemerintah Akan Cetak 1 Juta Tenaga Kerja Terampil Hingga 2019

Kementerian Perindustrian menargetkan sebanyak 1.142.752 tenaga kerja yang tersertifikasi pada tahun 2017-2019.

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat…