Menperin: Saya Senang Dengan Perkembangan Mobil Pedesaan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 04 November 2017 - 08:05 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat mencoba Mobil Pedesaan Mahesa
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat mencoba Mobil Pedesaan Mahesa

INDUSTRY.co.id - Klaten, Dalam kunjungan kerjanya di Klaten, Jawa Tengah, Jum'at (3/11/2017), Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyempatkan diri melihat pabrik 'Kiat Motor' yang memproduksi mobil pedesaan buatan lokal Indonesia.

Bengkel motor milik Sukiyat ini telah merampungkan tiga prototipe yaitu mobil double cabin, mobil pick up, dan mobil peralatan pertanian yang diberi nama moda angkutan hemat pedesaan (Mahesa).

"Mobil yang di produksi dalam tiga tipe ini dirancang secara khusus untuk kebutuhan masyarakat desa yang bisa dikombinasikan dengan berbagai peralatan pengolahan hasil tani sehingga dapat membantu produktifitas petani," ujar Menperin.

Kiat Mahesa Nusantara adalah mobil yang hemat dan bermesin diesel 650cc. Mobil pedesaan buatannya ini akan dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau untuk para petani, masing-masing Rp50 juta, Rp60 juta, dan Rp70 juta.

"Harapan saya mobil ini dapat membantu kegiatan industri masyarakat di Yogyakarta, Solo, Klaten dan sekitarnya," tambah Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan, saya senang dengan perkembangan mobil pedesaan kiat motor ini. Sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo, produk ini akan diuji pasar terlebih dulu untuk selanjutnya dikembangkan secara bertahap selama 10 bulan kedepan di wilayah-wilayah pedesaan yang membutuhkan.

Sebelumnya, pada September 2017, Presiden Joko Widodo sempat meninjau bengkel kiat motor. Menurut Presiden, pemerintah mendukung kendaraan pedesaan Mahesa bisa diproduksi massal dengan harga kompetitif dan kualitas produksi yang baik.

"Pemerintah akan bantu dorong dari regulasinya, uji emisi, sertifikasi, dan mungkin dari pajaknya. Tetapi, pengembangannya tergantung pada pelaku industri. Pemerintah ingin industri nasional berkembang," ungkap Jokowi beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian saat ini terus memacu pengembangan kendaraan pedesaan agar segera diproduksi oleh industri dalam negeri.

Selain untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi multiguna di sektor pertanian dan perkebunan, upaya ini juga guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat serta mewujudkan kemandirian penguasaan teknologi oleh anak bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…