BEI Tambah 100 Persen Galeri Investasi Syariah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 November 2017 - 05:00 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan pada tahun 2018 akan menambah dua kali lipat jumlah galeri investasi syariah guna meningkatkan literasi pasar modal syariah di kalangan masyarakat.

"Tahun ini, sekarang yang diresmikan ini, yang ke-40. Tahun depan, dua kali lipat jadi 80 galeri, bahkan kalau mungkin lebih," kata Kepala Divisi Pengembangan Wilayah BEI Harry Prasetyo di sela peresmian Galeri Investasi Syariah BEI di Institut Agama Islam Negeri Pontianak di Pontianak, Kamis (2/11/2017)

Menurut dia, BEI mempunyai komitmen yang kuat dalam mendukung pengembangan industri keuangan syariah di Indonesia. Tahun ini, BEI mendapat penghargaan dari Global Islamic Finance Award (GIFA).

"Dan sudah dua kali BEI mendapatkan penghargaan ini secara berturut-turut. Ini menunjukkan bahwa komitmen untuk mengembangkan industri syariah tetap konsisten," kata Harry.

Ia melanjutkan, dengan menambah galeri investasi syariah di berbagai kota dan lokasi, diharapkan pula akan meningkatkan literasi tentang pasar modal syariah.

Saat ini, ungkap dia, di Kalbar misalnya, angka literasi pasar modal syariah hanya 3,5 persen. "Artinya dalam 100 orang, hanya empat orang saja yang paham tentang pasar modal syariah," ujar dia.

Sedangkan secara nasional, indeks literasi terhadap pasar modal syariah hanya mencapai 0,02 persen atau dari 10 ribu orang di Indonesia hanya dua saja yang paham.

"Jauh dibanding literasi tentang perbankan yang sudah mencapai 75 persen," kata Harry.

Pembukaan galeri investasi syariah di kalangan perguruan tinggi juga dimaksudkan untuk meningkatkan literasi dan inklusi di sektor tersebut.

"Karena harus diakui, perguruan tinggi menjadi salah satu faktor berkembangnya industri pasar modal di Indonesia. Salah satunya mereka mempunyai tingkat edukasi yang bagus," ujar dia.

Sementara itu, Head of Equity Retail MNC Securitas Afen Tjhong menambahkan, MNC Securitas mempunyai komitmen yang sama dalam mengembangkan pasar modal syariah di Indonesia.

Bagi MNC Securitas, Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Pontianak yang digandeng mereka sekaligus menjadi galeri investasi ke-60.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Hannover - CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi memaparkan sejumlah strategi dan kesiapan perusahaan untuk dekarbonisasi di Indonesia, salah satunya dengan mendukung implementasi…

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

Rabu, 24 April 2024 - 17:30 WIB

Asaki Ucapakan Selamat & Sukses untuk Prabowo - Gibran, Yakin Kebijakan Harga Gas Murah Dilanjutkan

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengucapkan selamat dan sukses kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.