Harga Kamar Hotel Murah, Tak Jamin Datangkan Turis ke Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 November 2017 - 17:05 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perkembangan bisnis hotel di Indonesia mulai menjamur. Tetapi, dengan pertumbuhan hotel yang banyak dan saat ini, banyak hotel yang berbudget, mengapa jumlah wisatawan yang datang tidak sebanding dengan negara lain. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Destinasi Johnnie Sugiarto.

Menurutnya, harga hotel sebenarnya relatif sama dengan negara tetangga. Tetapi, mengapa jumlah turis tidak sebanding dengan negara lain. Dari PHRI melihat, bukan hotel aja yang menjadi masalah, tetapi ada juga elemen-elemen hotel yang masih banyak masalahnya.

"Ada investor yang ingin membangun kamar atau hotel dengan jumlah kamar sekian. Tetapi, masih terkendala oleh jumlah wisatawan yang bertamabah tetapi hotel dan kamarnya tidak ada. Dan dalam dalam hal ini banyak hal yang saling terikat yang tidak bisa diselesaikan sendiri dari pihak perhotelan," katanya dalam seminar Indonesia Tourism Outlook 2018 di Hotel Double Tree by Hilton, Jakarta, Rabu (1/11/2017)

Johnnie juga menyebutkan banyak sekali masalah yang dihadapi oleh pihak perhotelan. "Pada tahun 2012, harga kamar hotel dua kali lipat dari harga pada tahun 2017 ini. Harga kamar dijual masih sangat murah, dan di Indonesia memiliki 300 ribu kamar sampai akhir tahun ini," tambahnya.

Ia menyebutkan, bahwa yang sedang dan telah dibangun mulai total dari bintan satu hingga bintang lima sebanayak 8 ribu yang akan selesai.

"Tahun 2018, hotel yang akan selesai di bangun sedang dalam konstruksi 16.300 kamar yang akan di bangun dan sedang invest sedang dalam konstruksi. Bisa dibayangkan harga jual dengan kondisi sekarang ini dengan kondisi ariport yang belum bisa mengakomodasilebih banyak ke daerah-daerah destinasi," tuturnya, Johnnie Sugiarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:36 WIB

Industri Daur Ulang Jadi Jalan Keluar Atasi Masalah Sampah Plastik

Ketua Umum Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, mengungkapkan, daur ulang adalah solusi jitu dalam mengatasi sampah botol plastik.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:34 WIB

2018, Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9 Persen

Jakarta - Menutup tahun 2018, kinerja keuangan Bank DKI menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi sebesar 27,9%, dari semula sebesar…

Peresmian Kerjasama Proyek KPBU

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:24 WIB

Pemerintah Dorong Skema KPBU Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

MoU BNI Syariah dengan Universitas Juanda Bogor

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:45 WIB

BNI Syariah Gandeng Unida Terkait Produk dan Jasa Perbankan

Jakarta - BNI Syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Juanda Bogor (Unida). Nota kesepahaman ini terkait dengan pemanfaatan…

Pengurus KTNA

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:23 WIB

KTNA: Bertani Kini Lebih Mudah dan Menguntungkan

Jakarta - Menjalani aktifitas pertanian kini lebih mudah dan menguntungkan. Kementerian Pertanian sudah tepat sasaran dalam membantu petani.