Konser Tribute To Rio Grime Buktikan Papua Punya Segudang Musisi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 01 November 2017 - 16:11 WIB

Judhi Kristianto (Baju Kotak-kotak) bersama Musisi Papua sebelum Konser Tribute To Rio Grime di GBB, TIM, Jakarta
Judhi Kristianto (Baju Kotak-kotak) bersama Musisi Papua sebelum Konser Tribute To Rio Grime di GBB, TIM, Jakarta

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Konser Papua Dalam Cinta Tribute to Rio Grime yang berlangsung Selasa, (31/10) malam di Graha Bhkati Budaya( GBB) TIM, Jakarta membuktikan bahwa Papua memiliki segudang musisi yang mumpuni. Lebih dari 100 orang musisi, termasuk penari, tampil memukau di hadapan ratusan penonton yang membludak hingga banyak yang berdiri tak kebagian kursi.

Dari deretan bangku VVIP nampak Menpora Imam Nahrawi, Mempupera Basuki Hadi Mulyono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, serta tokoh–tokoh masyarakat Papua seperti Yorris Raweyai. Hadir pula  Judhi Kristianto dari JK record yang menjadi produser dua album  kelompok Rio Grime.

Memang jika dibandingkan dengan nama kelompok legendaris Black Brothers, nama Rio Grime kurang dikenal dikancah musik tanah air. Tapi bagi masyarakat Papua, Rio Grime adalah kelompok musik idola mereka. Terutama sekali karena Rio Grime membawakan lagu lagu berbahasa daerah Papua. Itu sebabnya Rio Grime memiliki penggemar hampir di seluruh Papua.

Dan bagi musisi-musisi asal Papua, Rio Grime juga menjadi panutan. Seperti yang nampak pada pertunjukan di GBB semalam. Puluhan musisi dengan gayanya masing-masing membawakan lagu-lagu yang pernah dipoulerkan oleh Rio Grime.

Dengan warna musik yang dekat ke hip hop dan reggae, lagu-lagu Rio Grime tentu saja juga mengajak penonton untuk bergoyang. Beberapa kali penonton ikut juga menyanyikan lagu-lagu yang sudah mereka kenal dengan akrab seperti Wayawai Windawe, Irsinggit atau Kawarine. Di tambah dengan beberapa nomor lagu diiringi dengan tarian yang mengambil dasar dari tari perang Papua, membuat pertunjukan semakin meriah.

Tidak kurang dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi memuji penampilan para pengisi acara “ Bagus, bagus sekali. Budaya Papua ini harus dikembangkan dan dilestarikan. Jangan sampai hilang sebagai kekakayan budaya Indonesia,” kata Nahrawi.

Rio Grime dikenal oleh masyarakat Papua sebagai group legendaris yang telah malang melintang selama 30 tahun dan pernah hits dengan lagunya yang berjudul Wayawai Windawe. Grup ini di gawangi oleh 5 orang personil yakni Mechu Imbiri, Agus Bonay, Jack Demetouw, William Sawaki dan Bob Kalba.

Pagelaran musik yang merupakan sebuah konser pengabdian anak negeri Papua kepada sang legenda itu, diprakarsai oleh Etho Papua Original dengan sejumlah musisi seperti  Papua Original, Abreso, Frans Sisir, Sandy Betay, Anafre Singer’s, Steve Waramori, Koba Womsiwor, Lala Suwages dan lainnya.

Sementara itu Judhi Kristianto selaku produser album Rio Grime, mengatakan bahwa sejak awal ia yakin bahwa kelompok Rio Grime memiliki kemamuan musik yang hebat. “Awalnya saya merekam  dengan sistim analog 24 track pake mixer 32 channel dan pita 2 inchi. Bener-bener jaman dulu. Tapi Hasilnya hebat,” kata Judhi mengisahkan.

Judhi juga mengakui bahwa sebagai produser dia tidak terpaku pada musisi di ibukota saja melainkan juga di pelosok-pelosok Indonesia. “Papua boleh dibilang gudangnya musisi bagus selain Maluku dan Nusa Tenggara untuk wilayah timur Indonesia. Saya ingin musik kita juga beragam seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika,” katanya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara.

Senin, 28 Mei 2018 - 10:15 WIB

Tingkatkan Daya Saing Industri Alas Kaki, Balai Kemenperin Ciptakan Alat Digital Uji Suhu Pengerutan Kulit Penyamakan

Sebagai unit pelayanan teknis di bawah Balai Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, BBKKPtelah berhasilmembuatalat uji suhupengerutan untukkulit penyamakan dengan…

Bandar Udara Trunojoyo (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:10 WIB

Kemenhub Kucurkan Dana Sebesar Rp 29 Miliar Bangun Terminal Penumpang Bandara Trunojoyo

Anggaran pembangunan terminal penumpang itu sekarang masuk dalam tahap lelang.

Rest Area (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:04 WIB

Hadapi Mudik Lebaran, Jasamarga Properti Resmikan Rest Area Surabaya-Mojokerto

Baru- baru ini, PT Jasamarga Properti anak usaha PT Jasamarga (Persero) Tbk yang bergerak dibidang usaha non tol meresmikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area Km 725 A arah…

PT Pelni (Persero)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:00 WIB

PT Pelni Siapkan 26 Armada Anggutan Lebaran 2018

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyiapkan 26 armada kapal secara nasional untuk melayani angkutan lebaran tahun 2018, di 91 pelabuhan.

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 09:59 WIB

Pertamina Akan Tempatkan SPBU Modular Saat Ramadhan dan Lebaran 2018

PT Pertamina akan menempatkan beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular atau bergerak di sejumlah jalur transportasi darat yang tidak terdapat SPBU permanen saat Ramadan dan…