Konser Tribute To Rio Grime Buktikan Papua Punya Segudang Musisi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 01 November 2017 - 16:11 WIB

Judhi Kristianto (Baju Kotak-kotak) bersama Musisi Papua sebelum Konser Tribute To Rio Grime di GBB, TIM, Jakarta
Judhi Kristianto (Baju Kotak-kotak) bersama Musisi Papua sebelum Konser Tribute To Rio Grime di GBB, TIM, Jakarta

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Konser Papua Dalam Cinta Tribute to Rio Grime yang berlangsung Selasa, (31/10) malam di Graha Bhkati Budaya( GBB) TIM, Jakarta membuktikan bahwa Papua memiliki segudang musisi yang mumpuni. Lebih dari 100 orang musisi, termasuk penari, tampil memukau di hadapan ratusan penonton yang membludak hingga banyak yang berdiri tak kebagian kursi.

Dari deretan bangku VVIP nampak Menpora Imam Nahrawi, Mempupera Basuki Hadi Mulyono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, serta tokoh–tokoh masyarakat Papua seperti Yorris Raweyai. Hadir pula  Judhi Kristianto dari JK record yang menjadi produser dua album  kelompok Rio Grime.

Memang jika dibandingkan dengan nama kelompok legendaris Black Brothers, nama Rio Grime kurang dikenal dikancah musik tanah air. Tapi bagi masyarakat Papua, Rio Grime adalah kelompok musik idola mereka. Terutama sekali karena Rio Grime membawakan lagu lagu berbahasa daerah Papua. Itu sebabnya Rio Grime memiliki penggemar hampir di seluruh Papua.

Dan bagi musisi-musisi asal Papua, Rio Grime juga menjadi panutan. Seperti yang nampak pada pertunjukan di GBB semalam. Puluhan musisi dengan gayanya masing-masing membawakan lagu-lagu yang pernah dipoulerkan oleh Rio Grime.

Dengan warna musik yang dekat ke hip hop dan reggae, lagu-lagu Rio Grime tentu saja juga mengajak penonton untuk bergoyang. Beberapa kali penonton ikut juga menyanyikan lagu-lagu yang sudah mereka kenal dengan akrab seperti Wayawai Windawe, Irsinggit atau Kawarine. Di tambah dengan beberapa nomor lagu diiringi dengan tarian yang mengambil dasar dari tari perang Papua, membuat pertunjukan semakin meriah.

Tidak kurang dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi memuji penampilan para pengisi acara “ Bagus, bagus sekali. Budaya Papua ini harus dikembangkan dan dilestarikan. Jangan sampai hilang sebagai kekakayan budaya Indonesia,” kata Nahrawi.

Rio Grime dikenal oleh masyarakat Papua sebagai group legendaris yang telah malang melintang selama 30 tahun dan pernah hits dengan lagunya yang berjudul Wayawai Windawe. Grup ini di gawangi oleh 5 orang personil yakni Mechu Imbiri, Agus Bonay, Jack Demetouw, William Sawaki dan Bob Kalba.

Pagelaran musik yang merupakan sebuah konser pengabdian anak negeri Papua kepada sang legenda itu, diprakarsai oleh Etho Papua Original dengan sejumlah musisi seperti  Papua Original, Abreso, Frans Sisir, Sandy Betay, Anafre Singer’s, Steve Waramori, Koba Womsiwor, Lala Suwages dan lainnya.

Sementara itu Judhi Kristianto selaku produser album Rio Grime, mengatakan bahwa sejak awal ia yakin bahwa kelompok Rio Grime memiliki kemamuan musik yang hebat. “Awalnya saya merekam  dengan sistim analog 24 track pake mixer 32 channel dan pita 2 inchi. Bener-bener jaman dulu. Tapi Hasilnya hebat,” kata Judhi mengisahkan.

Judhi juga mengakui bahwa sebagai produser dia tidak terpaku pada musisi di ibukota saja melainkan juga di pelosok-pelosok Indonesia. “Papua boleh dibilang gudangnya musisi bagus selain Maluku dan Nusa Tenggara untuk wilayah timur Indonesia. Saya ingin musik kita juga beragam seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika,” katanya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.