Penerbangan Langsung Jakarta-London Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:31 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku optimistis penerbangan langsung Jakarta-London yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia akan mendongkrak pariwisata.

Menurut Pitana dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017)  penerbangan langsung adalah salah satu kunci sukses pengembangan pariwisata di suatu negara karena sebagian besar wisatawan mancanegara dibawa dengan menggunakan angkutan udara.

"Kalau ditanya siapa yang berbahagia dengan adanya penerbangan langsung ini, kami lah yang paling berbahagia karena salah satu kunci sukses pariwisata itu adanya penerbangan langsung," ujarnya kepada awak media.

Dia menuturkan Inggris merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang paling utama dengan peningkatan jumlah wisatawan hingga 17 persen pada 2016, yaitu 328.000 wisatawan dibanding dengan 2015.

Hingga akhir tahun ini, Pitana mematok bisa mendatangkan 384.000 wisatawan dari Inggris, sementara hingga Agustus 2017, pihaknya sudah berhasil mendatangkan sebanyak 224.668 wisatawan.

"Tahun lalu orang Inggris ke Thailand itu 1,1 juta orang, tahun yang sama ke Singapura 500.000 orang, kenapa ke Indonesia baru 300.000. Ternyata setelah kita kaji ada penerbangan langsung ke tiga negara itu," tuturnya.

Untuk itu, Ia mengaku optimistis target mendatangkan 384.000 wisman Inggris tahun ini bisa tercapai.

"Apa yang bisa kita lakukan setelah peluncuran ini, saya tantang Dirut Garuda untuk mempromosikan ini, kami siap menangani pasar Eropa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang menilai dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-London bisa membuka peluang wisatawan yang sebelumnya hanya ke Thailand, kali ini akan beralih ke Indonesia.

"Akan ada banyak potensi untuk menarik wisatawan ke Indonesia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya "Kangaroo Route" yang menghubungkan Inggris-Indonesia-Australia akan semakin menambah potensi wisatawan ke Indonesia.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per pekan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi "first class", 38 kursi "business class", dan 268 kursi "economy class".

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelindo II dan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia Investama

Senin, 10 Desember 2018 - 16:27 WIB

Peran PII Sebagai Mitra Pengembangan

Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II mengadakan acara stakeholder gathering pada hari ini untuk merayakan ulang tahun pertamanya pada 17 November…

Ilustrasi Foto Pembangunan Program Sejuta Unit Rumah

Senin, 10 Desember 2018 - 15:35 WIB

PUPR Klaim Program 1 Juta Rumah Sudah Capai 100 Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim hingga 26 November 2018 program sejuta rumah telah teralisasi 100%. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul…

 Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:26 WIB

Bekraf: 2020 Transaksi E-commerce Capai US$ 130 Milyar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2020 akan capai US$ 130 miliar, atau setara dengan Rp 1.924 Triliun. Hal tersebut diungkapkan…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…