Penerbangan Langsung Jakarta-London Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:31 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku optimistis penerbangan langsung Jakarta-London yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia akan mendongkrak pariwisata.

Menurut Pitana dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017)  penerbangan langsung adalah salah satu kunci sukses pengembangan pariwisata di suatu negara karena sebagian besar wisatawan mancanegara dibawa dengan menggunakan angkutan udara.

"Kalau ditanya siapa yang berbahagia dengan adanya penerbangan langsung ini, kami lah yang paling berbahagia karena salah satu kunci sukses pariwisata itu adanya penerbangan langsung," ujarnya kepada awak media.

Dia menuturkan Inggris merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang paling utama dengan peningkatan jumlah wisatawan hingga 17 persen pada 2016, yaitu 328.000 wisatawan dibanding dengan 2015.

Hingga akhir tahun ini, Pitana mematok bisa mendatangkan 384.000 wisatawan dari Inggris, sementara hingga Agustus 2017, pihaknya sudah berhasil mendatangkan sebanyak 224.668 wisatawan.

"Tahun lalu orang Inggris ke Thailand itu 1,1 juta orang, tahun yang sama ke Singapura 500.000 orang, kenapa ke Indonesia baru 300.000. Ternyata setelah kita kaji ada penerbangan langsung ke tiga negara itu," tuturnya.

Untuk itu, Ia mengaku optimistis target mendatangkan 384.000 wisman Inggris tahun ini bisa tercapai.

"Apa yang bisa kita lakukan setelah peluncuran ini, saya tantang Dirut Garuda untuk mempromosikan ini, kami siap menangani pasar Eropa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang menilai dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-London bisa membuka peluang wisatawan yang sebelumnya hanya ke Thailand, kali ini akan beralih ke Indonesia.

"Akan ada banyak potensi untuk menarik wisatawan ke Indonesia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya "Kangaroo Route" yang menghubungkan Inggris-Indonesia-Australia akan semakin menambah potensi wisatawan ke Indonesia.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per pekan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi "first class", 38 kursi "business class", dan 268 kursi "economy class".

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…