Penerbangan Langsung Jakarta-London Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:31 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku optimistis penerbangan langsung Jakarta-London yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia akan mendongkrak pariwisata.

Menurut Pitana dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017)  penerbangan langsung adalah salah satu kunci sukses pengembangan pariwisata di suatu negara karena sebagian besar wisatawan mancanegara dibawa dengan menggunakan angkutan udara.

"Kalau ditanya siapa yang berbahagia dengan adanya penerbangan langsung ini, kami lah yang paling berbahagia karena salah satu kunci sukses pariwisata itu adanya penerbangan langsung," ujarnya kepada awak media.

Dia menuturkan Inggris merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang paling utama dengan peningkatan jumlah wisatawan hingga 17 persen pada 2016, yaitu 328.000 wisatawan dibanding dengan 2015.

Hingga akhir tahun ini, Pitana mematok bisa mendatangkan 384.000 wisatawan dari Inggris, sementara hingga Agustus 2017, pihaknya sudah berhasil mendatangkan sebanyak 224.668 wisatawan.

"Tahun lalu orang Inggris ke Thailand itu 1,1 juta orang, tahun yang sama ke Singapura 500.000 orang, kenapa ke Indonesia baru 300.000. Ternyata setelah kita kaji ada penerbangan langsung ke tiga negara itu," tuturnya.

Untuk itu, Ia mengaku optimistis target mendatangkan 384.000 wisman Inggris tahun ini bisa tercapai.

"Apa yang bisa kita lakukan setelah peluncuran ini, saya tantang Dirut Garuda untuk mempromosikan ini, kami siap menangani pasar Eropa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang menilai dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-London bisa membuka peluang wisatawan yang sebelumnya hanya ke Thailand, kali ini akan beralih ke Indonesia.

"Akan ada banyak potensi untuk menarik wisatawan ke Indonesia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya "Kangaroo Route" yang menghubungkan Inggris-Indonesia-Australia akan semakin menambah potensi wisatawan ke Indonesia.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per pekan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi "first class", 38 kursi "business class", dan 268 kursi "economy class".

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Sabang

Selasa, 26 Maret 2019 - 10:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, Sabang Aceh Segera Miliki Bandara Internasional

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengaku siap memfasilitasi dan akan mendukung pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Siti Badriah, Video Klip Lagu Lagi Syantiknya telah ditonton 482 jtua kali

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:03 WIB

Tepat Setahun Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Ditonton 482 Juta kali

epat satu tahun lalu, tepatnya 22 Maret 2018, penyanyi dangdut Siti Badriah lewat kanal youtube milik Nagaswara Music mengeluarkan single lagu Lagi Syantik lewat. Lagu itu langsung menjadi viral.…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:00 WIB

Garuda Indonesia Gunakan A330 Rute Jakarta-Nagoya Jepang

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Nagoya pp dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 330 berkapasitas 222 tempat duduk yang terdiri…

Legenda Musik, Erros Djarot luncurkan single terbaru menyambut Pemilu

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:34 WIB

Erros Djarot Gelisah Maka Lahirlah ‘1 & 2 Bukan Segalanya’

Seniman sekaliber Erros Djarot ternyata menyimpan kegelisahan yang sangat mendalam atas kondisi bangsa kita dalam menghadapi pemilu presiden yang semakin dekat. Kegelisahannya itu akhirnya ia…

Dirut Telkom Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini Soemarmo saat moment the nex IndiHome

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:29 WIB

Pelanggan IndiHome Capai 5,5 Juta Rumah

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia TBK (Telkom) menyebutkan jumlah pelanggan IndiHome mencapai 5,5 juta pelanggan. Jaringan Telkom untuk memperkuat ekspansi IndiHome, sudah tersebar dari…