Penerbangan Langsung Jakarta-London Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:31 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku optimistis penerbangan langsung Jakarta-London yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia akan mendongkrak pariwisata.

Menurut Pitana dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017)  penerbangan langsung adalah salah satu kunci sukses pengembangan pariwisata di suatu negara karena sebagian besar wisatawan mancanegara dibawa dengan menggunakan angkutan udara.

"Kalau ditanya siapa yang berbahagia dengan adanya penerbangan langsung ini, kami lah yang paling berbahagia karena salah satu kunci sukses pariwisata itu adanya penerbangan langsung," ujarnya kepada awak media.

Dia menuturkan Inggris merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang paling utama dengan peningkatan jumlah wisatawan hingga 17 persen pada 2016, yaitu 328.000 wisatawan dibanding dengan 2015.

Hingga akhir tahun ini, Pitana mematok bisa mendatangkan 384.000 wisatawan dari Inggris, sementara hingga Agustus 2017, pihaknya sudah berhasil mendatangkan sebanyak 224.668 wisatawan.

"Tahun lalu orang Inggris ke Thailand itu 1,1 juta orang, tahun yang sama ke Singapura 500.000 orang, kenapa ke Indonesia baru 300.000. Ternyata setelah kita kaji ada penerbangan langsung ke tiga negara itu," tuturnya.

Untuk itu, Ia mengaku optimistis target mendatangkan 384.000 wisman Inggris tahun ini bisa tercapai.

"Apa yang bisa kita lakukan setelah peluncuran ini, saya tantang Dirut Garuda untuk mempromosikan ini, kami siap menangani pasar Eropa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang menilai dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-London bisa membuka peluang wisatawan yang sebelumnya hanya ke Thailand, kali ini akan beralih ke Indonesia.

"Akan ada banyak potensi untuk menarik wisatawan ke Indonesia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya "Kangaroo Route" yang menghubungkan Inggris-Indonesia-Australia akan semakin menambah potensi wisatawan ke Indonesia.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per pekan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi "first class", 38 kursi "business class", dan 268 kursi "economy class".

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.