Industri Suku Cadang Otomotif Nasional Diminati Pebisnis Pakistan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 November 2017 - 08:20 WIB

Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)
Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Posisi Indonesia sebagai salah satu pusat perkembangan industri otomotif di Asia Tenggara cukup terkenal di kalangan pebisnis otomotif Pakistan dan Kadin Lahore melihat prospek bagus untuk memasarkan suku cadang asal Indonesia.

Dalam kunjungan Dubes RI untuk Pakistan, Iwan Suyudhie Amri, untuk memenuhi undangan Ketua KADIN Lahore baru-baru ini, pembicaraan mengenai peluang impor suku cadang asal Indonesia mengemuka, demikian keterangan KBRI Islamabad yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (31/10/2017)

Presiden KADIN Lahore, Malik Tahir Javaid, mengatakan perusahaannya mengimpor suku cadang asal Indonesia senilai 1,1 juta dolar AS per tahun.

Potensi impor juga tampak dari kontrak bisnis senilai 800 ribu dolar AS oleh pengusaha Pakistan dalam kunjungan ke Trade Expo Indonesia pertengahan Oktober lalu. Suku cadang truk juga banyak didatangkan dari Indonesia dengan nilai lebih dari 500 ribu dolar.

"Daya saing kualitas sparepart asal Indonesia menjadi salah satu pendorong lebih lanjut penguatan hubungan perdagangan bilateral," kata Dubes Iwan.

Saat ini beberapa komponen otomotif Indonesia masih dikenakan tarif impor yang relatif tinggi dibandingkan komponen serupa asal China. Dalam kerja sama dagang kedua negara, berkomitmen kuat untuk meningkatkan efektivitas PTA dan melangkah maju menuju FTA.

Menurut Dubes RI, dari hasil review ke-3 PTA pada Agustus 2017, untuk tahun 2018 buah mangga asal Punjab dapat masuk ke Indonesia. Selain itu, jeruk kino, yang juga banyak dihasilkan dari Provinsi Punjab, dapat masuk ke pasar lokal sejak Desember hingga April.

"Kesepakatan yang dicapai tersebut memerlukan sikap proaktif dari para pebisnis kedua negara utk mewujudkannya melalui saling kunjung antar-KADIN," ujar Dubes RI.

Ketua KADIN Lahore menyambutnya dengan rencana kunjungan delegasi KADIN Lahore ke Indonesia pada Februari 2018. Pihaknya mengharapkan KBRI Islamabad dapat memfasilitasi pertemuan B to B dengan mitra-mitra Indonesia pada kunjungan itu.

Industri otomotif Pakistan terus tumbuh positif, didorong dengan berkembangnya kelas menengah di Pakistan yang mencapai 80 juta. Selain itu, pesatnya aktivitas embangunan dan logistik proyek China Pakistan Economic Corridor (CPEC) berkontribusi pada terciptanya permintaan komponen truk di Pakistan.

Pembukaan jalan baru di berbagai provinsi Pakistan juga turut mendorong tingginya pertumbuhan penjualan mobil yang berimplikasi pada munculnya permintaan komponen mobil di Pakistan. Selama periode Juli-September 2017 data Pakistan Automotive Manufacturers Association (PAMA) menunjukan penjualan mobil meningkat mencapai 60.470 unit, meningkat 27 persen dibandingkan periode sama tahun 2016.

Untuk memenuhi kebutuhan suku cadang otomotif, Pakistan mengimpor dari Cina, Thailand, Turki, dan Indonesia. Total nilai impor suku cadang mencapai 29,2 miliar dolar. China berada di posisi teratas sebagai pengekspor suku cadang dengan nilai sebesar 4,79 miliar dolar AS, disusul Thailand (814,4 juta dolar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…