Kominfo Luncurkan Uang Elektronik Sukseskan Non Tunai di Tol

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 30 Oktober 2017 - 10:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Luncurkan Uang Elektronik
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Luncurkan Uang Elektronik

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika turut menyukseskan program uang elektronik, yaitu dengan meluncurkan uang elektronik Kominfo.

Pada tahap pertama telah disiapkan  500 uang elektronik Kominfo yang dibagikan kepada seluruh peserta upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 di Lingkungan Kementerian Kominfo. Uang Elektronik Kominfo edisi Perdana ini bertajuk Palapa Ring. 

Peluncuran uang elektronik ini sebagai sinergitas program antarkementerian/lembaga di pemerintah yang harus saling mendukung. Kementerian Kominfo sangat mendukung pengguaan uang elektronik baik untuk jalan tol maupun pelayanan publik lainnya.  

“Saat ini dibagikan 500 kartu uang elektronik dalam rangka mendukung pemakaian uang elektronik untuk bayar toll, KRL dan berbagai pelayanan kepada publik. Ini menunjukkan kita semua mendukung program di kementerian/lembaga secara bersama. Kita mendukung program pemerintah tanpa ego sektoral. Peluncuran uang elekrronik Kementerian kominfo edisi perdana ini bertajuk Palapa Ring. Hendaknya kita semua saling mendukung, juga hal ini perlu diterapkan di Internal Kominfo di antara Satker harus saling mendukung dan bersinergi” kata Menteri Kominfo Rudiantara, dalam apel upacara, Senin (30/10/2017).

Untuk menyambut kebutuhan masa depan tentu juga dibarengi dengan kemampuan SDM.

“Dari sisi pengembangan SDM juga jangan hanya untuk memenuhi admisnistrasi saja. akan tetapi perlu pengembangan SDM yang dibutuhkan untuk kini dan ke depan” Papar Rudiantara. 

Untuk diketahui pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mewajibkan pembayaran secara elektronik bagi setiap kendaraan yang menggunakan seluruh ruas tol di Indonesia. 

Berdasarkan data BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga 25 Oktober 2017, penerapan transaksi non tunai di gerbang jalan tol sudah mencapai 91 persen. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perayaan ulangtahun Bukalapak di hadiri Presiden Jokowi

Sabtu, 16 Februari 2019 - 17:15 WIB

Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Setop 'Uninstall' Bukalapak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa semua harus mendorong anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.

BRI Syariah Raih Top Brand Award

Sabtu, 16 Februari 2019 - 16:44 WIB

Tabungan Faedah BRISyariah Jadi Favorit Milenial

Jakarta - Bank BRIsyariah Tbk atau yang lebih dikenal dengan BRIsyariah kembali menerima penghargaan di acara Top Brand Award 2019 kategori Tabungan Syariah yang diselenggarakan oleh Majalah…

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…