Kominfo Luncurkan Uang Elektronik Sukseskan Non Tunai di Tol

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 30 Oktober 2017 - 10:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Luncurkan Uang Elektronik
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Luncurkan Uang Elektronik

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika turut menyukseskan program uang elektronik, yaitu dengan meluncurkan uang elektronik Kominfo.

Pada tahap pertama telah disiapkan  500 uang elektronik Kominfo yang dibagikan kepada seluruh peserta upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 di Lingkungan Kementerian Kominfo. Uang Elektronik Kominfo edisi Perdana ini bertajuk Palapa Ring. 

Peluncuran uang elektronik ini sebagai sinergitas program antarkementerian/lembaga di pemerintah yang harus saling mendukung. Kementerian Kominfo sangat mendukung pengguaan uang elektronik baik untuk jalan tol maupun pelayanan publik lainnya.  

“Saat ini dibagikan 500 kartu uang elektronik dalam rangka mendukung pemakaian uang elektronik untuk bayar toll, KRL dan berbagai pelayanan kepada publik. Ini menunjukkan kita semua mendukung program di kementerian/lembaga secara bersama. Kita mendukung program pemerintah tanpa ego sektoral. Peluncuran uang elekrronik Kementerian kominfo edisi perdana ini bertajuk Palapa Ring. Hendaknya kita semua saling mendukung, juga hal ini perlu diterapkan di Internal Kominfo di antara Satker harus saling mendukung dan bersinergi” kata Menteri Kominfo Rudiantara, dalam apel upacara, Senin (30/10/2017).

Untuk menyambut kebutuhan masa depan tentu juga dibarengi dengan kemampuan SDM.

“Dari sisi pengembangan SDM juga jangan hanya untuk memenuhi admisnistrasi saja. akan tetapi perlu pengembangan SDM yang dibutuhkan untuk kini dan ke depan” Papar Rudiantara. 

Untuk diketahui pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mewajibkan pembayaran secara elektronik bagi setiap kendaraan yang menggunakan seluruh ruas tol di Indonesia. 

Berdasarkan data BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga 25 Oktober 2017, penerapan transaksi non tunai di gerbang jalan tol sudah mencapai 91 persen. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Utang Luar Negeri

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:11 WIB

BI Rilis Utang Luar Negeri Indonesia Per Mei Sebesar Rp 5.155,6 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh melambat pada akhir Mei 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:04 WIB

Industri Manufaktur Dongkrak Ekspor RI ke Australia

Industri manufaktur berperan besar dalam mendongkrak peningkatan nilai ekspor Indonesia, salah satunya ke negara tujuan seperti Australia.

WK Migas

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:58 WIB

Kementerian ESDM Tandatangani 3 Kontrak Gross Split Hasil Penawaran Wilayah Kerja Migas 2018

Kementerian Energi dan Sumber dan Sumber Daya Mineral kembali melakukan penandatanganan kontrak bagi hasil Gross Split hasil penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas tahun 2018 yang dilaksanakan di…

Menhub Budi Karya Sumadi

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:40 WIB

Menhub: Biaya Perbaikan Jalan Capai Rp 43 Triliun Pertahun

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini masih banyak truk kelebihan muatan dan ukuran beroperasi di jalanan sehingga menyebabkan jalan rusak.

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:20 WIB

GazEgaz Hadir Sebagai Platform Industri Energi dan Pertambangan

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com