Triwulan III, Pelindo 1 Pastikan Laba Lampaui Rp 1 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 30 Oktober 2017 - 10:15 WIB

Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang
Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Utama PT Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana memastikan laba usaha perseroan tembus di atas target Rp1 triliun tahun 2017 dari hasil kontribusi pengembangan (ekspansi bisnis) yang dilaksanakan induk dan anak usaha sampai dengan triwulan III 2017.

"Kami punya program rintisan layanan peti kemas di pelabuhan-pelabuhan utama terutama pelabuhan ibu kota provinsi. Sampai triwulan III sudah mencapai 17.000 peti kemas, dibandingkan sebelumnya hanya mencapai 7.000 lebih," kata Bambang di Jakarta, Senin (30/10/2017)

Dalam bincang-bincang dengan awak media, Bambang mengatakan, layanan peti kemas internasional di Pelabuhan Belawan tumbuh 12, sedangkan untuk layanan antarpulau (domestik) tumbuh 20 persen.

Tidak itu saja, jelas Bambang, perusahaan juga memiliki layanan penundaan dan pemanduan untuk kapal-kapal swasta di Terminal Khusus yang juga tumbuh masing-masing 17 persen dan 13 persen, sedangkan untuk di wilayah Pelindo 1 sendiri tumbuh 7 persen.

"Atas berbagai upaya tersebut pendapatan operasi sampai dengan triwulan 3 berhasl bertumbuh 12 persen mencapai Rp1,12 triliun, sedangkan laba usaha tumbuh 12 persen mencapai Rp787 miiar. Dengan demikian kalau akhir tahun 2016 laba usaha tembus hampir Rp1 triliun, estimasi kami tahun 2017 bisa di atas target Rp1 triliun," kata Bambang menjelaskan.

Bambang mengatakan, semua prestasi yang dicapai itu bukan karena adanya kenaikan tarif karena sudah tiga tahun belum ada kenaikan tarif layanan peti kemas. Perusahaan justru membangun terminal rintisan dengan tujuan menumbuhkan ekonomi daerah yang akhirnya berkontribusi kepada peningkatan layanan pelabuhan.

Dia memberikan contoh Pelabuhan Tanjung Pinang dan Pulau Bintan kalau awalnya layanan berkisar 100 sampai 500 peti kemas per bulan, maka sampai dengan triwulan III ini sudah mencapai 2.000 peti kemas. Capaian itu berkat investasi perusahaan untuk pengadaan lapangan penumpukan dan investasi alat.

Investasi juga dilaksanakan di pelabuhan peti kemas Belawan untuk mempercepat layanan bongkar muat sehinga kapasitas meningkat tembus 1,1 juta twenty-foot equivalent (TEUs), seharusnya bisa 1,2 juta TEUs , namun sulit direalisasikan mengingat keterbatasan kapasitas pelabuhan penampungan, kata Bambang.

Di pelabuhan yang sama saat ini tengah dilakukan pembangunan dermaga sepanjang 700 meter mengarah ke laut lepas dibagi dalam dua paket pekerjaan yang dikerjakan konsorsium PT Pelindo 1, PT Wijaya Karya, dan PT Hutama Karya. Paket pertama dibiayai konsorsium bank BUMN, sedangkan paket kedua dibiayai IDB.

Perkembangan pekerjaannya saat ini sudah 53 persen diharapkan sampai dengan akhir 2018 sudah dapat beroperasi, sebenarnya pertengahan 2018 sudah dapat beroperasi akan tetapi masih menunggu alat angkut (crane) Super Post Panamax berkapasitas 1,1 juta TEUs, dengan ekpansi ini maka kapasitas di terminal peti kemas internasional Belawan akan bertambah menjadi 2 juta TEUs nantinya..

Penambahan peralatan juga terus dilaksanakan di cabang-cabang terminal peti kemas Pelindo 1 seperti Tanjung Pinang, Sibolga, Kijang, dan Perawang. Tingginya pengiriman barang menggunakan layanan peti kemas sebagai cara yang paling murah dan aman harus diantisipasi melalui peningkatan pelayanan, kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan untuk pelayanan penundaan dan pemanduan sejak 2016 perusahaan telah mulai pengadaan kapal tunda sehingga sampai saat ini sudah berjumlah 12 semuanya baru untuk melayani terminal khusus, terutama di Dumai dan Karimun.
 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…