Kepulauan Aru Cocok Sebagai Lokasi Pengembangan Peternakan Sapi

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Oktober 2017 - 09:41 WIB

Menteri Pernanian Amran Sulaiman (Foto Ist)
Menteri Pernanian Amran Sulaiman (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kepulauan Aru - Mentan Amran Sulaiman rencana gandeng investor lokal untuk pengembangan  peternakan Sapi di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

“APBD daerah terbatas, oleh karena itu ada dua cara lain yang bisa ditempuh, pertama dengan  menggandeng investor, kedua, tidak ada lagi impor (daging)” ungkap Mentan Amran saat pertemuan bersama masyarakat Kepulauan Aru, Maluku akhir pekan lalu.

Mentan Amran meminta pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Aru untuk mendukung investasi bidang peternakan sapi yang akan berjalan dalam waktu dekat ini.

“Seperti bertamu ke rumah orang, jika penghuni rumahnya berkelahi, maka tamu akan segan untuk datang ke rumah itu. Begitu juga dengan para investor ini, mereka adalah tamu yang  akan berinvestasi, makanya harus kita terima dengan baik (investor), karena dengan adanya investor tentu akan membangun perekonomian masyarakat ke depannya”, terang Amran.

Amran juga menjelaskan mengenai alasan pemilihan lokasi di Kepulauan Aru ini, “Karena iklim antara Australia dengan perbatasan Kepulauan Aru relatif sama, juga di sini ditemukan Kangguru, ini sangat berpotensi untuk pengembangan ternak sapi” ungkap Amran.

Ditambahkannya, “Sebagai stimulan, kami berikan 200 sapi, selanjutnya memberikan inti plasma pada masyarakat. Masyarakat dikasih indukan, anaknya diambil masyarakat lalu setelah anaknya besar dijual kepada investor”.

“Jika sapi-sapi ini tidak sampai ke sini, bapak ke Jakarta temui saya, saya bayar (sapi nya) dan saat bapak datang, Direktur Peternakan nya sudah saya ganti”, tegas Amran menjawab pertanyaan Luther, salah satu tokoh masyarakat Kepulauan Aru yang mempertanyakan komitmen Mentan Amran terhadap janjinya.

Selain memberikan 200 sapi, Amran juga menyerahkan 5000 ekor ayam untuk dipelihara oleh masyarakat Kepulauan Aru.

Dan untuk mendukung percepatan rencana pengembangan peternakan sapi, Amran dengan lugas menyatakan akan memberikan bantuan alat mekanis peternakan sapi.

“Dan kami akan berikan 10 traktor untuk masyarakat yang nantinya akan digunakan bersama-sama” tegasnya dihadapan masyarakat Kepulauan Aru, yang turut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.SH, Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga dan Wakil Bupati Muin Sugalrey, Kapolda Maluku Deden Juana, Dirlantas Maluku Kombes Heru, Direskrim Maluku Kombes Gupukh dan Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolok Bormasa.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua SH, disela pertemuan mengatakan, “Kami sangat menyambut baik rencana pengembangan peternakan sapi ini, memang lokasi dan iklim di sini sangat menguntungkan bagi peternakan sapi” ungkapnya.

Hal senada pula disampaikan oleh Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga, “Dengan adanya investor, pastinya akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, lahan yang tadinya tidak produktif dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pendapatan daerah. Kami sangat mendukung rencana ini” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, Mentan Amran juga melakukan dialog bersama petani jagung di Kelurahan Siwalima, Kabupaten Kepulauan Aru. Amran menargetkan kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Aru agar areal penanaman jagung yang saat ini hanya seluas 1000Ha, ditambah menjadi 5000Ha.

Untuk mendukung hal itu, melalui Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Amran memberikan bantuan sebanyak 10 traktor, “Bupati urus langsung, dalam waktu dekat sudah harus di sini” tegas Amran.

Kehadiran Mentan Amran di Kepulauan Aru selama dua hari telah menghasilkan beberapa kebijakan kongkrit, “Ini cara kerja kami, kami tidak akan datang berjanji jika tidak jelas hasilnya” pungkas Amran.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…