Kepulauan Aru Cocok Sebagai Lokasi Pengembangan Peternakan Sapi

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Oktober 2017 - 09:41 WIB

Menteri Pernanian Amran Sulaiman (Foto Ist)
Menteri Pernanian Amran Sulaiman (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kepulauan Aru - Mentan Amran Sulaiman rencana gandeng investor lokal untuk pengembangan  peternakan Sapi di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

“APBD daerah terbatas, oleh karena itu ada dua cara lain yang bisa ditempuh, pertama dengan  menggandeng investor, kedua, tidak ada lagi impor (daging)” ungkap Mentan Amran saat pertemuan bersama masyarakat Kepulauan Aru, Maluku akhir pekan lalu.

Mentan Amran meminta pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Aru untuk mendukung investasi bidang peternakan sapi yang akan berjalan dalam waktu dekat ini.

“Seperti bertamu ke rumah orang, jika penghuni rumahnya berkelahi, maka tamu akan segan untuk datang ke rumah itu. Begitu juga dengan para investor ini, mereka adalah tamu yang  akan berinvestasi, makanya harus kita terima dengan baik (investor), karena dengan adanya investor tentu akan membangun perekonomian masyarakat ke depannya”, terang Amran.

Amran juga menjelaskan mengenai alasan pemilihan lokasi di Kepulauan Aru ini, “Karena iklim antara Australia dengan perbatasan Kepulauan Aru relatif sama, juga di sini ditemukan Kangguru, ini sangat berpotensi untuk pengembangan ternak sapi” ungkap Amran.

Ditambahkannya, “Sebagai stimulan, kami berikan 200 sapi, selanjutnya memberikan inti plasma pada masyarakat. Masyarakat dikasih indukan, anaknya diambil masyarakat lalu setelah anaknya besar dijual kepada investor”.

“Jika sapi-sapi ini tidak sampai ke sini, bapak ke Jakarta temui saya, saya bayar (sapi nya) dan saat bapak datang, Direktur Peternakan nya sudah saya ganti”, tegas Amran menjawab pertanyaan Luther, salah satu tokoh masyarakat Kepulauan Aru yang mempertanyakan komitmen Mentan Amran terhadap janjinya.

Selain memberikan 200 sapi, Amran juga menyerahkan 5000 ekor ayam untuk dipelihara oleh masyarakat Kepulauan Aru.

Dan untuk mendukung percepatan rencana pengembangan peternakan sapi, Amran dengan lugas menyatakan akan memberikan bantuan alat mekanis peternakan sapi.

“Dan kami akan berikan 10 traktor untuk masyarakat yang nantinya akan digunakan bersama-sama” tegasnya dihadapan masyarakat Kepulauan Aru, yang turut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.SH, Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga dan Wakil Bupati Muin Sugalrey, Kapolda Maluku Deden Juana, Dirlantas Maluku Kombes Heru, Direskrim Maluku Kombes Gupukh dan Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolok Bormasa.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua SH, disela pertemuan mengatakan, “Kami sangat menyambut baik rencana pengembangan peternakan sapi ini, memang lokasi dan iklim di sini sangat menguntungkan bagi peternakan sapi” ungkapnya.

Hal senada pula disampaikan oleh Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga, “Dengan adanya investor, pastinya akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, lahan yang tadinya tidak produktif dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pendapatan daerah. Kami sangat mendukung rencana ini” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, Mentan Amran juga melakukan dialog bersama petani jagung di Kelurahan Siwalima, Kabupaten Kepulauan Aru. Amran menargetkan kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Aru agar areal penanaman jagung yang saat ini hanya seluas 1000Ha, ditambah menjadi 5000Ha.

Untuk mendukung hal itu, melalui Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Amran memberikan bantuan sebanyak 10 traktor, “Bupati urus langsung, dalam waktu dekat sudah harus di sini” tegas Amran.

Kehadiran Mentan Amran di Kepulauan Aru selama dua hari telah menghasilkan beberapa kebijakan kongkrit, “Ini cara kerja kami, kami tidak akan datang berjanji jika tidak jelas hasilnya” pungkas Amran.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:18 WIB

Pemerintah Segera Bangun Lapangan Bola Setiap Zonasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan mulai tahun depan pihaknya akan membangun lapangan sepak bola di setiap zonasi.

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:11 WIB

Sutopo: Pemulihan Dampak Bencana Sulteng Diintensifkan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penanganan darurat dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi…

Gunung Anak Krakatau (Foto banten)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:06 WIB

Gunung Anak Krakatau Alami 63 Kegempaan Letusan

BMKG menyatakan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 63 kegempaan letusan sepanjang Jumat (19/10) sampai dengan Sabtu dini hari, namun visual…

Presiden Jokowi hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo (Foto Okezone)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 03:59 WIB

Presidem Jokowi Minta Ukhuwah Islamiyah Terus Dijaga

Puncak hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan peserta di Apel Akbar Hari Santri Nusantara yang digelar di Benteng Vastenburg…

Bambang Tribaroto Corporate Secretary Bank BRI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:00 WIB

BRI-Pemprov Perkuat Sistem Informasi Pertanian di Jawa Tengah.

Bank BRI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara puncak perayaan Hari Tani 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah Sabtu (20/10/2018).…