Energi Baru dan Terbarukan Memiliki Potensi Melimpah, Harus Dikembangkan

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Oktober 2017 - 06:29 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengharapkan pemerintah lebih mengembangkan lagi sumber daya energi baru dan terbarukan (EBT) yang memiliki potensi melimpah.

"Hidup di negara yang beriklim tropis dengan energi matahari yang cukup berlimpah dapat dimanfaatkan untuk pengembangan energi terbarukan, begitu juga dengan mengedepankan energi dari tenaga angin dan energi biodesel," katanya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti di Jakarta, Sabtu (28/10/2017) seperti disampaikan dalam rilis di Jakarta, Minggu (29/10/2017)

Dalam seminar dengan tema "Optimalisasi Pengelolaan Energi Fosil dan Nonfosil di Indonesia" itu Purnomo menegaskan pentingnya pemanfataan EBT di Tanah Air.

Menteri ESDM periode 2000-2009 tersebut mengidentifikasi energi fosil, nonfosil, dan EBT dengan menggunakan analisa "strength, weakness, opportunities, and threat" (SWOT) yang bermanfaat dalam merumuskan strategi kebijakan energi di Indonesia.

Di sisi lain, Purnomo juga mengatakan hingga saat ini masyarakat masih belum bisa menerima keberadaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), yang juga merupakan sumber EBT.

"Selalu terjadi perdebatan pada nuklir karena menyangkut keamanan. Orang bilang, 'aku mau nuklir, tapi aku tidak mau dibangun di pekarangan rumahku'," katanya.

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, PLTN merupakan alternatif terakhir dari sumber energi dengan mengedepankan terlebih dahulu pemanfaatan energi terbarukan lainnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:05 WIB

Terkait BP Batam, Menperin: Keputusannya Single Otoriti di Pemda

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto turut mengomentari perihal pembubaran BP Batam.

Deputi Gubernur BI kiri dan Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:51 WIB

BNI Syariah Hadir Dalam Perhelatan International ISEF Surabaya

Surabaya - BNI Syariah kembali mendukung Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 yang digagas oleh Bank Indonesia untuk kelima kalinya.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Franciscus Welirang (Foto: Kadin Indonesia)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:50 WIB

Kadin Nilai Tapioka dan Mocaf Bisa Dukung Ketahanan Pangan

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franciscus Welirang mengatakan, Indonesia adalah negara yang telah dikarunia dengan kekayaan umbi-umbian,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menyerahkan oenghargaan kepada pemenang di acara 'Semarak Festival IKM 2018' (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:15 WIB

Gelar Semarak Festival IKM 2018, Kemenperin Dongkrak Semangat IKM Songsong Era Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menyelenggarakan 'Semarak Festival IKM 2018'. Acara ini dilaksanakan dalam rangka tugas dan…

Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Kamis, 13 Desember 2018 - 12:46 WIB

Usung Sembilan Konsep, Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Sunarso mengusung sembilan konsep pembangunan pertanian visioner dan integratif di era industri pertanian 4.0 dan mengimbau kalangan…