Energi Baru dan Terbarukan Memiliki Potensi Melimpah, Harus Dikembangkan

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Oktober 2017 - 06:29 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengharapkan pemerintah lebih mengembangkan lagi sumber daya energi baru dan terbarukan (EBT) yang memiliki potensi melimpah.

"Hidup di negara yang beriklim tropis dengan energi matahari yang cukup berlimpah dapat dimanfaatkan untuk pengembangan energi terbarukan, begitu juga dengan mengedepankan energi dari tenaga angin dan energi biodesel," katanya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti di Jakarta, Sabtu (28/10/2017) seperti disampaikan dalam rilis di Jakarta, Minggu (29/10/2017)

Dalam seminar dengan tema "Optimalisasi Pengelolaan Energi Fosil dan Nonfosil di Indonesia" itu Purnomo menegaskan pentingnya pemanfataan EBT di Tanah Air.

Menteri ESDM periode 2000-2009 tersebut mengidentifikasi energi fosil, nonfosil, dan EBT dengan menggunakan analisa "strength, weakness, opportunities, and threat" (SWOT) yang bermanfaat dalam merumuskan strategi kebijakan energi di Indonesia.

Di sisi lain, Purnomo juga mengatakan hingga saat ini masyarakat masih belum bisa menerima keberadaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), yang juga merupakan sumber EBT.

"Selalu terjadi perdebatan pada nuklir karena menyangkut keamanan. Orang bilang, 'aku mau nuklir, tapi aku tidak mau dibangun di pekarangan rumahku'," katanya.

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, PLTN merupakan alternatif terakhir dari sumber energi dengan mengedepankan terlebih dahulu pemanfaatan energi terbarukan lainnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:46 WIB

Telkom Dukung Implementasi Uang Elektronik BKE Pay Melalui T-Money

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Sebagai wujud nyata dukungan terhadap implementasi uang elektronik di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat interior All New Ertiga sebelummelepas ekspor perdanake ke 22 negara tujuan ekspor di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Lepas Ekspor All New Ertiga dan Nex II, Menperin Acungi Jempol Capaian Gemilang Suzuki

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Bekraf Ajak Talenta Kreatif Indonesia Siapkan Diri Ikuti SXSW 2019

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:38 WIB

Bekraf Sebut Hanya 10 Persen Startup yang Mampu Bertahan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan meski di Indonesia banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup), namun diprediksi tak akan banyak yang mampu bertahan.

Kawasan Industri Pulogadung

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:26 WIB

2019, PT JIEP Ajukan Masterplan RDTR Kembangkan Zona Halal

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung memastikan akan bertransformasi menjadi sebuah kawasan industri halal Pulogadung

Carrefour Lebak Bulus mengubah konsep ritelnya untuk jaring generasi milenial dengan menawarkan konsep gerai Carrefour Hybrid

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:11 WIB

Carrefour Ubah Konsep Ritelnya Jaring Generasi Milenial

PT Trans Ritel Indonesia selaku pengelola ritel Carrefour Lebak Bulus menyadari betul gelombang disrupsi dan e-commerce. Sebab itu, pihaknya memulai berbenah diri dengan menawarkan konsep Hybrid…