Sinergi Swasta Nasional- Pelayaran BUMN Wujudkan Program Tol Laut

Oleh : Ridwan | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 14:30 WIB

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto (Foto Setkab)
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan adanya sinergi antara operator pelayaran BUMN dan swasta nasional dalam pelaksanaan program tol laut.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto mengungkapkan, sinergi yang dibangun itu dengan cara pemanfaatan ruang muat pelayaran swasta nasional.

Menurutnya, kapal-kapal tol laut milik BUMN tidak perlu mengambil muatan bahan pokok dari pelabuhan origin seperti Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

"Dengan begitu akan terjadi penghematan anggaran subsidi tol laut bisa lebih dari 20 persen atau sekitar Rp 70 miliar. Program tol laut nantinya juga akan berjalan lebih optimal dan sukses," kata Carmelita dalam keterangan resmi, Jumat (27/10/2017).

Menurut Carmelita, usulan itu sudah disampaikan langsung dalam pertemuan antara Kadin dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, baru-baru ini.

“Dengan peran swasta yang lebih besar, kami mendukung Pak Jokowi agar program tol laut benar-benar berhasil," lanjut Carmelita.

Kadin juga mencatat beberapa rute dan pelabuhan tol laut yang yang bersinggungan dengan trayek yang telah dilayani pelayaran swasta nasional yant melewati Pelabuhan Bau Bau, Manokwari, Dobo , Merauke, Nabire, Serui, Biak, Fak Fak, Kaimana, dan Timika.

Selain itu, Carmelita menyampaikan, persoalan yang menyangkut angkutan kapal roll on roll off (roro). Dia meminta, agar kapal yang melayani pelayaran jarak pendek (short sea shipping) mendapatkan perlakuan khusus di pelabuhan dengan diberikan tarif kepelabuhanan yang kompetitif, misalnya pada komponen biaya tambat kapal.

“Untuk meningkatkan daya saing kapal roro dan sukseskan program pelayaran jarak pendek, maka perlakuan khusus pada angkutan roro dibutuhkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Carmelita mengapresiasi, penerbitan revisi Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No 26/2017 tentang Penyelenggaraan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Kadin meminta agar Presiden mendukung aturan tersebut, mengingat para sopir angkutan online juga menginginkan adanya pengaturan tarif dan kuota angkutan untuk menjamin pendapatan mereka.

“Pada intinya harapan sopir online adalah bahwa peraturan mengenai kuota angkutan dan tarif ini dapat dijalankan karena bisa membantu menjamin pendapatan mereka untuk bisa membayar cicilan kendaraan yang dibeli dan pendapatan yang bisa dibawa pulang,” terangnya

Pada sektor perhubungan udara, Kadin menginginkan harmonisasi prosedur kepabeanan dalam melakukan impor komponen pesawat udara dengan mengadopsi praktik yang biasa dilakukan secara internasional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.