Presiden Jokowi Dukung Industri Mamin Gerai Food Truck

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 10:53 WIB

Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)
Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Komunitas Food Truck berkumpul di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk turut merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor industri makanan minuman (Mamin) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau "foodtruck".

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden kepada awak media saat meninjau beberapa gerai "foodtruck" yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi (28/10/2017)

Menurut Presiden, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan.

Kepala Negara menilai inovasi sistem penjualan itu dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Mantan walikota Solo itu mengatakan foodtruck bisa memberikan nilai tambah bagi produk melalui peningkatan kualitas dan layanan.

"Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini," ujar Presiden.

Sebanyak 8 kendaraan yang dimodifikasi menjadi dapur berjalan parkir di sisi jalan taman yang mengarah ke Kebun Raya Bogor.

Food truck yang biasanya menjual makanan atau minuman di jalan-jalan Kota Jakarta yang turut serta yaitu burito Kai Pacifica, Filosofi Kopi, Saung Kuring Ngariung, Doner Kebab, Kaaramel Juice, Luvi Coffee, Dimsuming dan Samba.

Menurut Ketua Komunitas Foodtruck Jakarta Joko Waluyo, dirinya bangga dapat diundang masuk ke istana turut serta meramaikan Hari Sumpah Pemuda.

Dia berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

Joko berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

"Kendala yang kami sering hadapi terkadang pungutan di jalan-jalan saat jualan," jelas Joko.


Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Masuk Tahun Kelima Jokowi-JK, Moeldoko Ajak Kembangkan Politik Cinta Kasih

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, seandainya saja bangsa kita dikelola dengan cinta kasih, maka politik kita pun akan menjadi politik yang sejuk, jauh dari rasa kebencian dan memusuhi.…

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 18:00 WIB

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berwirausaha pada kalangan milennials, FOUNDA sebagai perusahaan rintisan atau startup hadir dengan tujuan untuk menciptakan founder muda (Founda) dengan…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat berfoto bersama 27 pelaku usaha kreatif dalam program Creative Business Incubator (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:30 WIB

Ciptakan Pengusaha Muda di Sektor Ekonomi Kreatif, Kemenperin Gelar Creative Business Incubator

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) menggelar program "Creative Business Incubator (CBI)".

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018 (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:00 WIB

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018

Herbalife Bali International Triathlon 2018 telah selesai digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Minggu (21/10/2018). Dalam kategori Olympic Distance Course Pria, Triatlit asal Amerika Serikat,…

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:30 WIB

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memiliki komitmen yang besar untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.…