Presiden Jokowi Dukung Industri Mamin Gerai Food Truck

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 10:53 WIB

Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)
Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Komunitas Food Truck berkumpul di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk turut merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor industri makanan minuman (Mamin) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau "foodtruck".

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden kepada awak media saat meninjau beberapa gerai "foodtruck" yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi (28/10/2017)

Menurut Presiden, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan.

Kepala Negara menilai inovasi sistem penjualan itu dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Mantan walikota Solo itu mengatakan foodtruck bisa memberikan nilai tambah bagi produk melalui peningkatan kualitas dan layanan.

"Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini," ujar Presiden.

Sebanyak 8 kendaraan yang dimodifikasi menjadi dapur berjalan parkir di sisi jalan taman yang mengarah ke Kebun Raya Bogor.

Food truck yang biasanya menjual makanan atau minuman di jalan-jalan Kota Jakarta yang turut serta yaitu burito Kai Pacifica, Filosofi Kopi, Saung Kuring Ngariung, Doner Kebab, Kaaramel Juice, Luvi Coffee, Dimsuming dan Samba.

Menurut Ketua Komunitas Foodtruck Jakarta Joko Waluyo, dirinya bangga dapat diundang masuk ke istana turut serta meramaikan Hari Sumpah Pemuda.

Dia berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

Joko berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

"Kendala yang kami sering hadapi terkadang pungutan di jalan-jalan saat jualan," jelas Joko.


Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…