Presiden Jokowi Dukung Industri Mamin Gerai Food Truck

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 10:53 WIB

Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)
Presiden Jokowi di Istana Bogor Sabtu (28/10/2017) (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Komunitas Food Truck berkumpul di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk turut merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor industri makanan minuman (Mamin) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau "foodtruck".

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden kepada awak media saat meninjau beberapa gerai "foodtruck" yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi (28/10/2017)

Menurut Presiden, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan.

Kepala Negara menilai inovasi sistem penjualan itu dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Mantan walikota Solo itu mengatakan foodtruck bisa memberikan nilai tambah bagi produk melalui peningkatan kualitas dan layanan.

"Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini," ujar Presiden.

Sebanyak 8 kendaraan yang dimodifikasi menjadi dapur berjalan parkir di sisi jalan taman yang mengarah ke Kebun Raya Bogor.

Food truck yang biasanya menjual makanan atau minuman di jalan-jalan Kota Jakarta yang turut serta yaitu burito Kai Pacifica, Filosofi Kopi, Saung Kuring Ngariung, Doner Kebab, Kaaramel Juice, Luvi Coffee, Dimsuming dan Samba.

Menurut Ketua Komunitas Foodtruck Jakarta Joko Waluyo, dirinya bangga dapat diundang masuk ke istana turut serta meramaikan Hari Sumpah Pemuda.

Dia berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

Joko berharap pemerintah pusat dan daerah dapat lebih mendukung UMKM yang mengembangkan food truck sebagai jajanan kaki lima yang modern, bersih dan sehat.

"Kendala yang kami sering hadapi terkadang pungutan di jalan-jalan saat jualan," jelas Joko.


Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Panitia HPN 2018. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:50 WIB

HPN 2018 Bersama Artha Graha Gelar Bakti Sosial Di Mentawai

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 terus mematangkan persiapan pelaksanaan acara tahunan yang kali ini akan berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…