Penaikan Cukai Tembakau Pengaruhi Inflasi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Oktober 2017 - 07:00 WIB

Ilustrasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau
Ilustrasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo, menilai penaikan cukai tembakau rata-rata 10,04 persen mulai 1 Januari 2018 akan memengaruhi laju inflasi.

Ditemui awak media di kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10/2017) , Yustinus memperkirakan peningkatan cukai tembakau tersebut dapat berdampak menambah laju inflasi sebesar 0,1-0,2 persen.

Menurut dia, hal tersebut dikarenakan rokok menjadi salah satu penyumbang terbesar pada laju inflasi setelah sembako.

"Ada pengaruh pada inflasi tapi pasti dikelola semua itu. Saya belum bisa hitung, namun kalau 10 persen kenaikan cukai berarti ini 0,1-0,2 persen untuk inflasi karena komponennya besar," kata Yustinus.

Sebelumnya, pemerintah akan menaikkan cukai tembakau rata-rata 10,04 persen yang berlaku pada 1 Januari 2018. Keputusan menaikkan cukai tembakau itu ditetapkan dalam rapat internal yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Kamis (19/10).

Saat ini, tarif cukai tembakau di Indonesia berada pada kisaran 35 persen, atau masih di bawah anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan tarif cukai tembakau sebaiknya minimal 66 persen dari harga jual eceran.

Yustinus menilai angka peningkatan tersebut tergolong masih moderat dan bisa ditolerir menjadi batas yang tidak memberatkan.

"Yang penting tidak berdiri sendiri atau sekadar menaikkan karena akan menimbulkan distorsi. Tetapi kalau diiringi perbaikan, seperti pengawasan untuk yang ilegal, itu masih 'fair'," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…