Gerbang Betawi Lestarikan Budaya dan Kesenian Asli Jakarta

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Oktober 2017 - 19:42 WIB

Palang pintu di acara Gerbang Betawi. (Foto: Anto?Industry.co.id)
Palang pintu di acara Gerbang Betawi. (Foto: Anto?Industry.co.id)

INDUSTRY co.id -Jakarta-Kebudayaan betawi mulai banyak dilestarikan oleh para stake holder. Pelestarian kebudayaan betawi salah satunya muncul dengan kehadiran Gerakan Kebangkitan (Gerbang) Betawi.

Menurut Ketua Panitia Prof. Sylviana Murni Gerbang Betawi bukan gerakan politik dan tidak akan menjadi gerakan politik. Ini murni melestarikan budaya Betawi.  Dalam event ini, berbagai literatur karya orang Betawi dan varian kuliner dan berbagai kesenian asli Betawi turut meramaikan event Gerbang Betawi sejak 25-29 Oktober 2017.

&ldquo Gerbang Betawi dibangun atas dasar kemandirian. Gerbang Betawi merupakan gerakan Intelektual dan profesional," kata dia di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Mantan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan dalam rangkain acara ini, selain berbagai kesenian Betawi, akan ada video pemetaaan sejarah Betawi. Adapun  peluncuran resmi Gerbang Betawi dilaksanakan 29 Oktober 2017.

" Gerakan ini diharapkan berfungsi sebagai agen perubahan atas pola pikir, perilamu dan pola rasa masyarakat Betawu menuju ke arah yang lebih baik," kata Sylviana.

Sebagai catatan Gerbang Betawi adalah lanjutan dari perjuangan KMB (Keluarga Mahasiswa Betawi) yang didirikan tahun 1978.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.