Gerbang Betawi Lestarikan Budaya dan Kesenian Asli Jakarta

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Oktober 2017 - 19:42 WIB

Palang pintu di acara Gerbang Betawi. (Foto: Anto?Industry.co.id)
Palang pintu di acara Gerbang Betawi. (Foto: Anto?Industry.co.id)

INDUSTRY co.id -Jakarta-Kebudayaan betawi mulai banyak dilestarikan oleh para stake holder. Pelestarian kebudayaan betawi salah satunya muncul dengan kehadiran Gerakan Kebangkitan (Gerbang) Betawi.

Menurut Ketua Panitia Prof. Sylviana Murni Gerbang Betawi bukan gerakan politik dan tidak akan menjadi gerakan politik. Ini murni melestarikan budaya Betawi.  Dalam event ini, berbagai literatur karya orang Betawi dan varian kuliner dan berbagai kesenian asli Betawi turut meramaikan event Gerbang Betawi sejak 25-29 Oktober 2017.

&ldquo Gerbang Betawi dibangun atas dasar kemandirian. Gerbang Betawi merupakan gerakan Intelektual dan profesional," kata dia di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Mantan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan dalam rangkain acara ini, selain berbagai kesenian Betawi, akan ada video pemetaaan sejarah Betawi. Adapun  peluncuran resmi Gerbang Betawi dilaksanakan 29 Oktober 2017.

" Gerakan ini diharapkan berfungsi sebagai agen perubahan atas pola pikir, perilamu dan pola rasa masyarakat Betawu menuju ke arah yang lebih baik," kata Sylviana.

Sebagai catatan Gerbang Betawi adalah lanjutan dari perjuangan KMB (Keluarga Mahasiswa Betawi) yang didirikan tahun 1978.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.