1.000 Wisman Diharapkan Menghadiri Festival Danau Sentarum Betung

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 Oktober 2017 - 15:34 WIB

Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)
Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kuching- Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menargetkan 1.000 wisatawan mancanegara akan menghadiri Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) pada 25-28 Oktober 2017.

"Dalam Festival Danau Sentarum Betung Kerihun, kami menargetkan 1.000 wisman. Pada even sebelumnya, wisatawan mancanegara yang hadir sebanyak 532 orang yang kebanyakan dari Malaysia," ujar Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Muhammad Sukri Sulaiman usai mengikuti rapat koordinasi dalam rangka optimalisasi event-event perbatasan di Kuching, Senin (23/10/2017)

Ia mengaku optimis target tersebut akan tercapai karena festival ini juga didukung Kementerian Pariwisata.

"Festival yang berlangsung selama empat hari diharapkan mampu mengajak agen-agen perjalanan di Sarawak untuk membuat paket wisata dari Kuching ke Batangai lalu berkunjung ke Danau Sentarum," kata dia.

Dengan adanya paket-paket wisata tersebut, maka jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui beberapa pintu masuk baik dari Pontianak maupun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau akan meningkat.

Konsep festival kali ini menekankan pada isu pariwisata melalui beberapa pagelaran dan perlombaan produk masyarakat baik kerajinan maupun kuliner lokal, serta pengenalan Kawasan Danau Sentarum melalui penyusuran danau.

"Acara ini sangat efektif untuk mengaet wisman dengan daya tarik ekowisata. Mencermati kondisi dan status Kapuas Hulu sebagai kabupaten konservasi," kata dia.

Kapuas Hulu dideklarasikan sebagai kawasan konservasi mengingat 51,56 persen wilayahnya kawasan konservasi termasuk 800 ribu hektar kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan 132 ribu hektar kawasan Taman Nasional Danau Sentarum dan beberapa hutan lindung.

Ia mengatakan keberadaan 2 taman nasional di Kapuas Hulu merupakan nilai lebih buat daerahnya.

Namun, masih banyak yang perlu diperhatikan seperti infrastruktur jalan yang harus diperbaiki dari PLBN Badau ke Putusibau.

Ia menegaskan bahwa Kapuas Hulu sangat aman dan nyaman untuk berwisata.

Selain itu ia terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah Sarawak Malaysia terkait penyelenggaraan festival budaya.

"Kami meminta saudara kami Malaysia untuk memberikan kemudahan bagi warganya dalam melintas di Pos Lintas Batas Negara. Wisman itu ingin bersenang-senang dan tidak mau ada rasa khawatir," kata dia.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan FDSBK akan berlangsung menarik karena sejak tiba peserta akan disuguhkan pameran produk kreatif masyarakat dan pameran kuliner tradisional.

Berbagai perlombaan juga siap digelar seperti perlombaan Sumpit Internasional, Perlombaan Gasing, Sampan, masak makanan tradisional hingga minum madu dengan peserta 2.000 orang.

Selain itu peserta akan diajak untuk menyusuri beberapa titik daya tarik di dalam kawasan Danau Sentarum menggunakan kapal bandong.

Acara puncak akan digelar pada 28 Oktober dan dimeriahkan beberapa artis ibu kota seperti Zaskia Gotik dan Nugie.

"Venuenya sendiri berada berdekatan dengan Danau Sentarum. Festival Danau Sentarum akan menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu," pungkas dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…