PT Garam Targetkan Produksi 400 Ribu Ton Garam di 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Oktober 2017 - 14:39 WIB

PT Garam (Persero)
PT Garam (Persero)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam (Persero) menargetkan produksi 400 ribu ton garam pada tahun 2018.

"Target itu dengan asumsi cuaca normal. Artinya tidak ada anomali cuaca seperti yang terjadi di dua tahun kemarin secara berturut-turut," kata Direktur Utama (Dirut) PT Garam, Budi Sasongko, Senin (23/10/2017).

Menurut Budi, ada tiga skenario musim yang mempengaruhi target produksi garam, yakni cuaca tidak normal, cuaca setengah normal, dan cuaca normal.

"Angka 400 ribu ton itu merupakan proyeksi apabila tidak ada hujan selama masa produksi garam, baik untuk kebutuhan konsumsi maupun industri," terang Budi.

Budi mengatakan, saat ini luas lahan yang dikelola PT Garam sekitar 5.600 hektar. Lahan tersebut berada di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Tapi untuk lahan basah yang kami gunakan untuk produksi garam seluas 4.500 hektar. Sedangkan sisanya berupa sarana atau fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan," ujarnya.

Ia berharap akan semakin banyak lahan garam yang dikelola PT Garam. Tahun 2018, ada lahan baru yang dikerjakan yakni di Kupang.

"Kalau luas lahan semakin bertambah, harapan kami tentu saja produksi tidak hanya 400 ribu, tetapi bisa ditingkatkan agar mempercepat keinginan pemerintah untuk swasembada garam," ungkapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)