PT Garam Targetkan Produksi 400 Ribu Ton Garam di 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Oktober 2017 - 14:39 WIB

PT Garam (Persero)
PT Garam (Persero)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam (Persero) menargetkan produksi 400 ribu ton garam pada tahun 2018.

"Target itu dengan asumsi cuaca normal. Artinya tidak ada anomali cuaca seperti yang terjadi di dua tahun kemarin secara berturut-turut," kata Direktur Utama (Dirut) PT Garam, Budi Sasongko, Senin (23/10/2017).

Menurut Budi, ada tiga skenario musim yang mempengaruhi target produksi garam, yakni cuaca tidak normal, cuaca setengah normal, dan cuaca normal.

"Angka 400 ribu ton itu merupakan proyeksi apabila tidak ada hujan selama masa produksi garam, baik untuk kebutuhan konsumsi maupun industri," terang Budi.

Budi mengatakan, saat ini luas lahan yang dikelola PT Garam sekitar 5.600 hektar. Lahan tersebut berada di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Tapi untuk lahan basah yang kami gunakan untuk produksi garam seluas 4.500 hektar. Sedangkan sisanya berupa sarana atau fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan," ujarnya.

Ia berharap akan semakin banyak lahan garam yang dikelola PT Garam. Tahun 2018, ada lahan baru yang dikerjakan yakni di Kupang.

"Kalau luas lahan semakin bertambah, harapan kami tentu saja produksi tidak hanya 400 ribu, tetapi bisa ditingkatkan agar mempercepat keinginan pemerintah untuk swasembada garam," ungkapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak…

Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Touring Manaqib ke Pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 18:00 WIB

Mengenal Wisata Religi Lewat Touring Manaqib ke Pantai Santolo, Garut

Selain wisata budaya dan alam, Indonesia juga memiliki wisata religinya. Salah satunya yaitu Touring Manaqib yang berlangung pada hari ini, Sabtu (20/1/2018) dan Kementerian Pariwisata mendukung…

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:00 WIB

Oktober 2018 Mendatang, AirAsia Pastikan Buka Penerbangan dari Manado ke Malaysia

Bulan Oktober 2018 mendatang, maskapai penerbangan AirAsia memastika membuka rute penerbangan internasional dari Manado ke Malaysia.

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:05 WIB

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)melalui PT Evoluzione Tyres bekerja sama dengan Pirelli Tyre S.p.A menghadirkan Ban Diablo Rosso Corsa II yang dirancang khusus untuk sepeda motor underbone yang…

Taman Laut Tumbak, Manado, Sulawesi Utara (Foto:traviamgz.com)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:00 WIB

Sriwijaya Air Optimis Jumlah Penumpang ke Manado Meningkat di Tahun 2018

Dengan dipermudahkannya akses menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa tahun ini jumlah penumpang dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi…