PT Garam Targetkan Produksi 400 Ribu Ton Garam di 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Oktober 2017 - 14:39 WIB

PT Garam (Persero)
PT Garam (Persero)

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam (Persero) menargetkan produksi 400 ribu ton garam pada tahun 2018.

"Target itu dengan asumsi cuaca normal. Artinya tidak ada anomali cuaca seperti yang terjadi di dua tahun kemarin secara berturut-turut," kata Direktur Utama (Dirut) PT Garam, Budi Sasongko, Senin (23/10/2017).

Menurut Budi, ada tiga skenario musim yang mempengaruhi target produksi garam, yakni cuaca tidak normal, cuaca setengah normal, dan cuaca normal.

"Angka 400 ribu ton itu merupakan proyeksi apabila tidak ada hujan selama masa produksi garam, baik untuk kebutuhan konsumsi maupun industri," terang Budi.

Budi mengatakan, saat ini luas lahan yang dikelola PT Garam sekitar 5.600 hektar. Lahan tersebut berada di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Tapi untuk lahan basah yang kami gunakan untuk produksi garam seluas 4.500 hektar. Sedangkan sisanya berupa sarana atau fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan," ujarnya.

Ia berharap akan semakin banyak lahan garam yang dikelola PT Garam. Tahun 2018, ada lahan baru yang dikerjakan yakni di Kupang.

"Kalau luas lahan semakin bertambah, harapan kami tentu saja produksi tidak hanya 400 ribu, tetapi bisa ditingkatkan agar mempercepat keinginan pemerintah untuk swasembada garam," ungkapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

fot tren mikro

Selasa, 23 Oktober 2018 - 22:27 WIB

Guna Perluas Pasar, Trend Micro Tunjuk ECS sebagai Distributornya di Indonesia

Trend Micro, penyedia solusi keamanan terkemuka untuk perlindungan gaya hidup digital, serta keamanan internet, memperluas jangkauan bisnisnya di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Di Era Pemerintahan Jokowi-JK, Investasi Sektor Industri Terus Meningkat

Sepanjang empat tahun kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK), investasi sektor industri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat membuka sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:43 WIB

Kadin Dorong Peningkatan Peranan G2G Serta Interaksi B2B untuk Majukan Kemitraan Ekonomi Negara-negara Anggota ICCIA

Sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA) diselenggarakan 22 23 Oktober 2018 di Ritz Carlton Hotel, Jakarta.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:37 WIB

Dilaporkan ke Mapolda, Ketua DPRD Kota Bengkulu: Itu Hak Masing-masing, Saya Tidak Bisa Mencegah

Dilaporkannya Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi oleh Pimpinan Redaksi media siber Garuda Daily Doni Supardi di Mapolda Bengkulu terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Pers Nomor…

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK, Sektor Pariwisata Indonesia Tumbuh Lampaui Negara Jiran

Sektor pariwisata diharapkan menjadi motor pembangunan nasional di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan dan penerimaan devisa yang terus…