Kadin Dorong Revitalisasi Perdagangan dan Investasi Dengan Nigeria

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 Oktober 2017 - 14:15 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menerima kunjungan Wakil Presiden Nigeria, Yemi Osinbajo dalam pertemuan bisnis Indonesia-Nigeria.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan pertemuan tersebut adalah untuk membahas upaya strategis dalam meningkatkan kerjasama ekonomi diantara kedua negara.

Seperti diketahui, perdagangan Indonesia dan Nigeria sempat mengalami penurunan beberapa tahun belakangan ini. Total perdagangan Indonesia-Nigeria mencapai 1,73 milyar Dollar AS pada 2015, kemudian menurun menjadi 1,59 milyar Dollar AS pada 2016.

"Kita akan upayakan langkah revitalisasi perdagangan bilateral antara Indonesia dan Nigeria," ungkap Rosan di Jakarta (24/10/2017).

Menurutnya, selain memiliki pasar yang cukup besar, Nigeria juga memiliki akses yang luas ke negara-negara Afrika Barat lainnya sehingga dapat menjadi pintu gerbang produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar Afrika.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu adanya kesepakatan dari kedua negara mengenai Free Trade Agreement, termasuk dengan negara yang tergabung dalam Economy Community of Western African States (ECOWAS) serta skema perdagangan langsung dan menjajaki kemungkinan kerjasama di sektor migas diantara kedua negara.

"Dari kami juga ingin mengetahui lebih detail bagaimana berinvestasi dan melakukan bisnis di sana. Kita perlu mengetahui insentif seperti apa yang diberlakukan bagi investor," ungkap Rosan.

Menurut Rosan, selain skema kerjasama yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui G to G (government to government) pihaknya juga akan menindaklanjuti dari lingkup B to B (busines to business).

Sementara itu, Wapres Nigeria menyampaikan dukungannya terhadap upaya peningkatan perdagangan bilateral kedua negara. Ia juga menyampaikan komitmen untuk memberikan kebijakan-kebijakan yang mempermudah perdagangan dan investasi Indonesia di Nigeria, salah satunya dengan penurunan hambatan perdagangan tarif dan non-tarif hingga penerapan tax holiday untuk para investor.

Wapres Nigeria juga menyampaikan bahwa terdapat peluang besar bagi Indonesia untuk investasi seperti di sektor pertanian, pertambangan mineral, migas dan industri pengolahan.

Selain dihadiri jajaran pengusaha swasta nasional dari industri pengolahan makanan, tekstil hingga konstruksi, pertemuan bisnis Indonesia-Nigeria turut dihadiri perusahaan BUMN, antara lain Eximbank, WIKA, PT INKA, PT DI, Pindad, PT PAL dan Pertamina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…