Sinergi PT BIJB-Garuda Indonesia Tingkatkan Perekonomian Nasional

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 23 Oktober 2017 - 07:35 WIB

 Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury. (Foto Ist)
Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan Garuda Indonesia Group sepakat menjalin kerja sama yang akan menjadi dasar pelaksanaan pengembangan bandara di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tersebut.

Kerja sama strategis ini ditandai dengan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury dan Direktur PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Garuda Indonesia Management Building, Kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, belum lama ini.

Beberapa pihak dari asosiasi penerbangan Board of Airlines Representatif Indonesia (BAR Indo) dan stakeholder lainnya turut menyaksikan langsung MoU.

Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra dalam rilis Biro Humas Pemprov Jawa Barat, mengatakan, kerja sama strategis dengan Garuda Group selaku maskapai pelat merah dengan BIJB yang berstatus BUMD Jawa Barat akan berdampak langsung pada potensi pengembangan bandara ke depan.

BIJB sendiri nantinya bukan hanya diproyeksikan mengembangkan industri transportasi udara saja, melainkan hadirnya kawasan bisnis dan industri besar dengan beridirinya aerocity.

"Dengan kerja sama ini, kami yakin dapat membantu mempercepat proses untuk mewujudkan salah satu visi dari BIJB yaitu dapat menjadi perusahaan holding yang bertaraf internasional, pengelola bandara dan kawasan terbaik di Indonesia, dan dapat menjadi motor penggerak perekonomian khususnya di Jawa Barat," kata Virda.

Ia mengatakan dalam MoU tersebut, tertuang beberapa poin yang akan dikerja samakan yakni pengembangan rute baik domestik maupun internasional, transportasi, hotel, catering, travel and leisure, ground handling, cargo hingga cargo warehousing.

"Hadirnya kemitraan ini tentu harapannya bisa sama-sama berkontribusi untuk masyarakat langsung dan memperoleh keuntungan dari bisnis yang dijalin," lanjut Virda.

Garuda Indonesia Group yang memiliki banyak anak perusahaan seperti Aerowisata, Sabre Travel Network Indonesia, Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF, Aero Systems Indonesia, Citilink Indonesia dan Gapura Angkasa akan terus berkomitmen, serta bersinergi untuk memaksimalkan potensi BIJB yang akan menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury menyebutkan, melalui sinergi BIJB dengan Garuda Indonesia Group ini, akan dapat membantu secara maksimal menjadikan BIJB sebagai bandara yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Kehadiran BIJB diakuinya tidak menutup kemungkinan akan menjadi hub baru selain di Jakarta, Bali, Surabaya, Medan dan Makassar.

BIJB yang saat ini tengah dalam pengerjaan fisik dengan capaian 65 persen, ditargetkan bisa beroperasi pada semester satu 2018 nanti.

Bahkan pada tahun pertama beroperasi, BIJB juga sedang mempersiapkan diri menjadi embarkasi haji pada tahun depan. Rencana induk tersebut saat ini tengah dikejar di mana BIJB ingin menjadikan bandara terbaik untuk halal traveler dengan mengantongi sertifikat kiblat. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…