Bergaul Lintas Mazhab Harmoniskan Umat Islam

Oleh : Wiyanto | Minggu, 22 Oktober 2017 - 22:19 WIB

Tabliq Akbar Jelang Setahun Aksi 212.
Tabliq Akbar Jelang Setahun Aksi 212.

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Banten  - Buku "Diary 212" tiba-tiba menjadi perhatian publik pasca penangkapan salah satu pegiat media sosial Jonru, atas tuduhan kasus ujaran kebencian. Pasalnya buku tersebut turut disita dari rumah Jonru di kawasan Kampung Malaka, Jakarta Timur dan dijadikan sebagai barang bukti. 

"Padahal di rumah Jonru itu juga banyak buku. Ada Alquran juga. Kenapa yang diambil bukan Alquran ya, kenapa buku ini," kata wartawan senior Herry Mohammad dalam Tabligh Akbar dan Bedah Buku "Diary 212" di Masjid Al-Ukhuwah, Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (22/10/2017). 

Terkait buku "Diary 212" yang ada di rumah Jonru, Hery menyebutkan jika Jonru hanya menjual buku tersebut. Sebab Jonru diketahui memiliki toko online, yang bukan hanya menjual buku "Diary 212" tetapi juga buku-buku yang lainnya. 

Bicara tentang isi buku, mantan wartawan senior majalah GATRA ini bercerita bahwa buku ini sejatinya adalah kumpulan pengalaman atau kisah-kisah sebagian kecil peserta Aksi 212 pada 2 Desember 2016 lalu. Buku ini merekam semua peristiwa yang terjadi dalam aksi fenomenal tersebut. Salah satu yang menarik dari Aksi 212 adalah keputusan para santri Ciamis untuk menuju Jakarta dengan berjalan kaki. 

"Aksi jalan kaki oleh para santri dari Ciamis yang kemudian memantik aksi yang sama oleh umat Islam di Bandung, kemudian di Bogor dan Depok. Mereka yang tinggal di Pasar Minggu dan arah ke Monas pun akhirnya tidak mau kalah ikut jalan kaki," kata Herry. 

Herry menegaskan, salah satu pelajaran yang didapat dari Aksi 212 adalah bahwa umat Islam ternyata bisa bersatu. Mereka tidak mempersoalkan perbedaan mazhab, perbedaan fiqh dan perbedaan-perbedaan  lainnya. Mereka bersatu tanpa pandang bulu, dari berbagai organisasi dan gerakan Islam. "Tidak ada yang berbeda, kemudian membuat shalat Jumat sendiri di pojok," guraunya. 

Hal lain selain persatuan umat adalah kesadaran umat Islam untuk mengonsumsi produk sendiri. Hal ini ditandai dengan munculnya minimarket-minimarket yang didirikan oleh umat Islam. Namun demikian, Herry berharap agar spirit Aksi 212 tidak hanya berhenti sebatas itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…