Rokok Tingkatkan Resiko Kanker Serviks Tiga Kali

Oleh : Christianto Wibisono | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 14:59 WIB

Kanker serviks (Foto Ist)
Kanker serviks (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rokok dapat meningkatkan risiko kanker serviks tiga kali lipat dibandingkan wanita yang tidak merokok, kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dr dr Tofan Widya Utami Sp.OG (K).

"Perempuan yang merokok terdapat radikal bebas di tubuhnya, memiliki 2,7 atau tiga kali lipat risiko terkena kanker serviks," kata Tofan di Jakarta, Jumat (20/10/2017)

Tofan yang juga dokter dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN dr Cipto Mangunkusumo menjelaskan faktor risiko lain dari kanker serviks ialah memiliki perilaku seksual yang sering bergonta-ganti pasangan, atau memiliki pasangan yang melakukan kegiatan seksual lebih dari satu pasangan.

Dokter Tofan mengungkapkan penelitian yang menyebutkan perempuan yang memiliki lebih dari lima pasangan seksual menyebabkan 12 kali lipat kemungkinan virus penyebab kanker serviks (Human Papiloma Virus, HPV) menetap pada leher rahim dan bisa menimbulkan kanker.

Selain itu, perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual di bawah usia 18 tahun juga berisiko terkena kanker serviks.

Dia mengemukakan 99,7 persen kasus kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Sementara virus HPV, kata Tofan, sangat mudah berpindah dan terdapat di berbagai tempat.

Tofan menerangkan HPV bisa berada di berbagai fasilitas umum seperti kloset, atau yang menjadi pegangan tangan, dan bahkan bisa berpindah hanya dengan jabatan tangan. Oleh karena itu Tofan menekankan pentingnya biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun seperti dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Tofan juga menggarisbawahi pentingnya melakukan deteksi dini dengan metode IVA atau pap smear agar kanker serviks bisa disembuhkan sebelum stadium lebih lanjut.

"Kalau hasil IVA positif, jangan takut, harusnya bersyukur karena masih dalam status prakanker, 100 persen bisa sembuh," jelas Tofan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…