Kepercayaan dan Kepemimpinan Faktor Kesuksesan ASEAN

Oleh : Ridwan | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Ketua Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (Foto Ist)
Ketua Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan kepercayaan serta kepemimpinan menjadi faktor kesuksesan dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada umurnya yang mencapai setengah abad.

"Di usianya yang mencapai 50 tahun, Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sekarang telah jauh sangat berbeda dengan keadaan lima dekade lalu," ujar Dino Patti Djalal dalam Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP), di Jakarta, Sabtu (21/102017)

Pada saat ASEAN didirikan dan dideklarasikan di Bangkok, pada tanggal 8 Agustus 1967 ada lima negara yang merupakan anggota pertama ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Penandatanganan Deklarasi Bangkok dilakukan oleh lima menteri luar negeri negara-negara anggota yang seluruhnya berasal dari negara-negara di Asia tenggara yakni: dari Indonesia (Adam Malik), Malaysia (Tun Abdul Razak), Filiphina (Narsisco Ramor), Thailand (Thanat Koman), dan Singapura (S. Rajaratnam).

Sejak dideklarasikan pada tahun 1967 hingga saat ini ASEAN sudah memiliki 10 negara anggota. Lima negara anggota pertama sekaligus pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Tailand. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam ikut bergabung menjadi anggota Asean ke-6. Selanjutnya sembilan tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995 Vietnam juga ikut bergabung, diikuti Laos dan Myanmar tanggal 23 Juli 1997. Setahun kemudian Kamboja juga mulai bergabung tepatnya pada tanggal 16 Desember 1998) "Dulunya Konfrontasi sekarang menjadi kerjasama. Dulunya kawasan ini banyak perang dan konflik, saat ini kondisi kawasan damai," kata dia.

Ia mengatakan pencapaian ASEAN saat ini karena adanya persamaan dimana tidak ada negara di kawasan Asia Tenggara yang mendominasi.

"Pragmatisme. Meskipun negara-negara anggotanya memiliki banyak model pemerintahan seperti sistem monarki, sosialis, demokrasi itu tidak menjadi masalah. Jika kamu berada di kawasan ini kita akan membantumu menyelesaikan masalahmu. Kita akan bekerja bersama-sama sebagai satu kesatuan," kata dia.

Selain itu ada kepercayaan yang terus tumbuh dan mengikat ASEAN di tengah banyaknya tantangan.

"Kemudian ada kepemimpinan ASEAN yang diciptakan oleh pemimpin-pemimpin top nasional, yang kemudian membuat organisasi ini sebagai proritas utama," kata dia.

Para pemimpin mengembangkan visi-visi untuk memajukan organisasi ASEAN serta wilayah ini.

"Yang harus dilakukan ASEAN ke depan jangan terlalu percaya diri, ada ancaman bahwa ASEAN kehilangan arah. Itu yang tidak boleh terjadi," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…