Pemerintahan Presiden Jokowi-JK Berhasil Bangun Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:18 WIB

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)
Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

INDUSTRY.co.id - Purwokerto- Selama tiga tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berhasil membangun industri pariwisata, kata Pengamat Pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, Chusmeru.

"Selama tiga tahun memimpin, Jokowi-JK boleh disebut berhasil dalam pembangunan sektor kepariwisataan," kata Chusmeru di Purwokerto, Sabtu (21/10/2017)

Berbagai pembangunan infrastuktur menuju destinasi prioritas, kata dia, telah dilakukan sehingga menggairahkan iklim investasi di sektor pariwisata.

"Organisasi Pariwisata Dunia dari PBB (UNWTO) juga telah mengakui peningkatan industri pariwisata Indonesia selama 2016," katanya.

Dia menambahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui bahwa kunjungan wisatawan mancanegara secara kumulatif, pada periode Januari - April 2017 mencapai 4,20 juta kunjungan.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 19,34 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sebanyak 3,52 juta kunjungan.

"Berarti ada peningkatan pesat untuk kunjungan wisatawan mancanegara," katanya.

Untuk itu, dia mendorong Pemerintah Pusat untuk terus mengembangkan sektor pariwisata.

Salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur.

"Terus tingkatkan pembangunan infrastruktur agar mengacu pada interkoneksi di seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya pada destinasi prioritas semata," katanya kepada awak media.

Tujuannya, kata dia, agar tidak terjadi ketimpangan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah agar iklim investasi juga dapat berkembang di luar destinasi prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.