PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:48 WIB

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS (Foto Ist)
PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah, pengadaan sumber air bersih berupa pompa air dan juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan Jabodetabek.

Salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang minyak dan gas di Indonesia ini memercayakan dana Shedekah Operasional Untuk Umat (SHOUM) sebesar Rp 157.400.000,- disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Dana sedekah yang dikumpulkan para karyawan ini selama setahun terakhir tersebut disalurkan untuk merealisasikan pembangunan Masjid Umar bin Khatab, Mushola Albarokah, pengadaan sumber air berupa pompa air bersih untuk Dewan Dakwah Indonesia (DDI) serta membantu program UMKM yang tersebar di Jabodetabek.

Acara penyaluran dana SHOUM PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) dilaksanakan di gedung PHE Tower, Jl. TB. Simatupang Kav. 99, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin.

Direktur Koordinasi Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional BAZNAS, Mohd Nasir Tajang mengapresiasi konsistensi PT PHE-WMO yang menunaikan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) setiap tahun melalui BAZNAS.

“Langkah PT PHE-WMO ini menginspirasi perusahaan lain untuk menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Semoga bisa mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya,” ucapnya.

Nasir mengungkapkan bahwa kepercayaan korporasi membayar zakat perusahaannya dan bekerja sama dengan BAZNAS semakin baik. Apalagi BAZNAS menawarkan penyaluran zakat perusahaan dengan pendekatan pencapaian Tujuan-tujuan Pembangunan Global (SDGs) yang dirilis oleh Organisasi Pembangunan PBB (UNDP).

Lebih lanjut Nasir menambahkan, bahwa program-program penyaluran BAZNAS diukur melalui metoda SROI (Social Return On Investment) sehingga terukur dan memiliki dampak yang lebih efektif.

“Hal inilah yang menyebabkan BAZNAS mulai dipilih sebagai mitra penyaluran zakat perusahaan oleh banyak mitra korporasi mulai dua tahun ini,” ujar Nasir.

Nasir mengajak perusahaan lain untuk bersama-sama membangun masyarakat kurang mampu di Indonesia. Seperti Bank Viktoria Syariah, yang menunaikan zakat perusahaanya untuk mendukung pembangunan kampus IIQ, yang merupakan kampus khusus yang mencetak akademisi dan generasi-generasi yang mumpuni dalam bidang ilmu Al-Qur’an.

Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) PHE WMO, Heru Imam mengaku memercayakan penyaluran zakat perusahaan yang dipimpinnya melalui BAZNAS. Alasannya karena BAZNAS merupakan lembaga pemerintah yang dinilai profesional dan akuntabel dalam pengelolaannya.

“Kami menilai penyaluran zakat melalui BAZNAS ini sudah sesuai sasaran, sehingga kami sangat mendukung program-program yang dilaksanakan BAZNAS,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, selama ini PT PHE-WMO juga konsisten menjalin kerjasama dengan BAZNAS dalam berbagai kegiatan sosial, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun upaya peningkatan ekonomi masyarakat miskin. 

Heru mengajak perusahaan-perusahaan lain untuk menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS. Hal tersebut dilakukan agar tujuan penyaluran zakat untuk mengentaskan kemiskinan, dapat lebih mudah tercapai sebab zakat disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Sejak beroperasi, PT PHE-WMO mengajak nasabahnya untuk peduli dan berbagi terhadap sesama yang membutuhkan bantuan.

“Agar dana SHOUM (Sedekah Operasional Untuk Umat) karyawan PHE WMO dapat menjadi amal jariah dan semoga semakin banyak karyawan yg mengikuti program yang ditunaikan melalui BAZNAS," tuturnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Seorang karyawan sedang mendata hasil mixgas PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (Foto: Humas SBMA)

Selasa, 16 April 2024 - 06:08 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Catat Pendapatan dan Laba 2023 Kompak Naik

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) sukses menorehkan kinerja cemerlang di sepanjang tahun 2023. Emiten gas industri ini mampu mengumpulkan pendapatan hingga Rp113,36 miliar atau naik 9,38…

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Selasa, 16 April 2024 - 04:56 WIB

Siap Jelajahi Potensi Desa, BSI Explore 2025 Jadi Rebutan Mahasiswa

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengumumkan pembukaan tahap seleksi administrasi untuk BSI Explore 2025, yakni program menjelajahi dan menggali potensi 37 Desa yang akan dilaksanakan…

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Selasa, 16 April 2024 - 04:45 WIB

Teknologi QRIS Soundbox DANA Beraksi Lancarkan Transaksi Burno Coffee

Apakah kamu pernah menunggu terlalu lama untuk secangkir kopi? Zaman serba cepat saat ini ternyata tidak sepenuhnya menjamin otomatisasi memberikan layanan yang cepat dan murah, seperti halnya…