Medina Meluncurkan Houseware Halal Pertama di Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:40 WIB

Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina (Foto Nina)
Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina (Foto Nina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  lndonesia International Halal Expo (INHALEC) 2017 merupakan event internasional yang mengekspos dan membahas 10 sektor industri halal diselenggarakan oleh Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). 

Acara yang digelar mulai tanggal 19-21 Oktober 2017 ini diadakan di Balai Kartini, Jakarta. 

Acara yang dihadirkan sangat beragam mulai dari international conferences yang dihadiri oleh kementerian hingga pembicara internasional yang merupakan pemerhati industri halal dunia termasuk juga adanya stan yang menyediakan beragam produk halal. Mulai dari makanan, pakaian, hingga wadah makan dengan sertifikat halal MUI pertama di Indonesia, Medina. 

Medina meluncurkan houseware halal pertama di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. 

Menurut data Euro Monitor, kami memproyeksikan berdasarkan pertumbuhan rata-rata (CAGR) di Indonesia, pasar produk plastik rumah tangga terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 mendatang. 

Pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk food storage sebesar 12,1% dari tahun 2011-2016. Hal itu merupakan peluang besar untuk produsen kategori di atas untuk bersaing dengan pasar. Dengan mengusung konsep produk peralatan rumah tangga halal pertama di Indonesia, Medina menargetkan untuk dapat meraih 15% market share houseware dalam 5 tahun mendatang. 

Di satu sisi, Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina menambahkan, ”Mayoritas penduduk Indonesia yang Muslim, menjadikan halal sebagai gaya hidup yang terus berkembang. Gaya hidup halal yang diterapkan tidak hanya untuk konsumsi makanan dan minuman semata, namun sampai pada produk rumah tangga. Produk Medina secara resmi telah tersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan akan terus konsisten menjaga kehalalan produk dari hulu hingga hilir.” 

Berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jumlah produk yang beredar di masyarakat sebanyak 194.776. Namun, hanya setengahnya yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUl dalam masa berlaku tahun 2013-2015. Jumlah produk bersertifikat halal tersebut ada sebanyak 98.543 atau memiliki persentase sebesar 50,6%. 

“Melihat data tersebut, tentu merupakan sebuah ironi jika Indonesia, salah satu negara dengan pemeluk Muslim terbesar di dunia belum mendapatkan banyak variasi produk yang halal. Apalagi jika produk tersebut berhubungan dengan makanan yang hendak dikonsumsi," tambah Dewi di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017). 

Adapun sertifikat Halal MUI yang kita miliki pada produk Medina adalah untuk menjamin keamanan serta kenyamanan konsumen akan produk houseware. Halal dari Hulu hingga Hilir menjadi basis dalam pengembangan produk Medina, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, hingga distribusi yang tidak terkontaminasi material non halal seperti alkohol, najis dan hewan yang tidak diperbolehkan dalam memenuhi syarat halal dari MUI. Termasuk juga dalam desain aplikasi produk adalah konsen utama Medina. 

Untuk menjamin kehalalan produk, pabrik Medina sudah memiliki Sertifikat Jaminan Halal (SJH) dengan nilai A yang merujuk pada kualitas implementasi sistem pabrik (fasilitas produksi). “Pabrik kami sangat menjaga kriteria-kriteria halal yang ditetapkan MUI. Misalnya dengan selektif memilih bahan baku serta mengawasi proses manajerial dan operasional pabrik menurut berbagai syarat yang ditetapkan MUI," jelas Dewi. 

Di kesempatan yang sama, Dewi juga menambahkan bahwa selain Halal, kualitas produk Medina juga merupakan hal yang diutamakan. Oleh karena itu, produk Medina tidak hanya Halal, namun juga memiliki kualitas produk houseware premium. 

Pada tahap awal, Medina meluncurkan 19 jenis produk, Beverage Ware dan Dinner Ware sebagai produk unggulannya. 

”Selain halal, produk Medina juga dijamin dengan garansi seumur hidup (lifetime warranty) serta kualitas food grade FDA Material Approve yang aman bagi konsumen. Untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mendapatkan produk Medina, kami menunjuk Dusdusan.com sebagai sole distributor kami dimana sistem pembelian dilakukan secara online," tambahnya. 

Selain menjual produk houseware Halal, Medina juga memiliki tujuan untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan melalui forum yang dapat menginspirasi. Melalui forum "Medina lnspirative Talk", Medina telah melakukan talkshow yang bekerja sama dengan berbagai komunitas wanita di 35 kota di Indonesia menyusul hingga pada 65 titik di seluruh Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong wanita, khususnya ibu rumah tangga, untuk dapat bewirausaha serta mengaplikasikan nilai-nilai halal pada kehidupan sehari-hari. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…